0
Rizal Do @afrkml
TERSEDAK? LEARN HOW TO DO & DONT --- A THREAD Jgn sepelekan tersedak. Telat menangani bhkn semenit sj, bs membuatmu / org terdekatmu mati. Kesalahan dlm memberikan pertolongan / tdk menyadari bahwa korban sdg tersedak, mningkatkan peluang kematian. Apa yg hrs kita lakukan? RT! pic.twitter.com/Cgqtdrq9i8
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Akhir2 ini banyak sekali kasus2 seseorang yg meninggal krn keselek biji rambutan, keselek cilok, keselek tulang ayam, atau mungkin kasus anak/bayi yg tersedak kelereng atau mainan2 kecil
Rizal Do @afrkml
Kenapa kok sampe meninggal sih? Kenapa gak ditolong?
Rizal Do @afrkml
Jawabannya akan bermacam2. Diantaranya krn tidak tau harus ngapain, shgg justru membiarkan saja kawannya keselek sambil melotot2 meregang nyawa. Atau mencoba memberikannya minum dg harapan ciloknya cepat ketelen, yg justru memperparah kondisi. *tepok jidat*
Rizal Do @afrkml
Kok bs sih ngasih minum kok malah bikin mati? Bukannya seharusnya cilok tsb ketelen ya? Aku loh keselek tulang ikan, aku kasih minum lgsg kelar, lgsg enakan bang pic.twitter.com/3HU5gomlSm
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Well, disinilah hal krusial yg hrs dipahami oleh setiap org. Kl tersedak itu berbeda dg keselek. kita ingat kl di leher kita ada dua saluran, yaitu Tenggorokan sbg saluran nafas dan Kerongkongan sbg saluran pencernaan. G perlu lah saya ngejelasin apa fungsi kedua saluran tsb ehe
Rizal Do @afrkml
Nah selanjutnya, dari modal tau kalau leher punya 2 saluran, kita perlu nih buat ngebedain mana tersedak dan mana bukan.
Rizal Do @afrkml
Secara definisi, tersedak artinya tersumbatnya saluran pernafasan akibat adanya benda asing yg masuk ke saluran pernafasan, shgg udara tdk bisa keluar ataupun masuk. Tersedak bs menutup penuh saluran pernafasan atau bs saja tidak. pic.twitter.com/FDJeLKLRzB
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Bahkan benda asing yg ada di gambar, bs jatuh lbh dalam dn semakin menyumbat saluran pernafasan
Rizal Do @afrkml
Nah tubuh kita nih ceritanya udah pinter banget, dia tau harus ngapain ketika tenggorokan kita kesumbat pentol misalnya.
Rizal Do @afrkml
Bayangkan selang air yg macet krn sesuatu yg nyumbat di dalamnya, apa yg kita lakukan? Betul sekali, kencengin aliran airnya shgg yg bikin macet bs keluar
Rizal Do @afrkml
Sama halnya yg dilakukan tubuh kita. Krn paru2 berisi udara, maka otak bakal nyuruh paru2 utk menembakkan sejumlah besar udara keluar saluran shgg harapannya, pentol yg nyumbat jg ikutan keluar. Mekanisme ini biasa kita kenal sbg BATUK.
Rizal Do @afrkml
Namun, pada sebagian kasus, batuk pun tdk efektif mendorong keluar pentol yg ukurannya lebih besar shgg saluran nafas tertutup seluruhnya. Akibatnya, pergantian udara pernafasan menjadi terhenti. Oksigen tdk bs keluar ataupun masuk
Rizal Do @afrkml
Keadaan ini mengakibatkan tubuh mnjd kekurangan oksigen. Kerja sel dan organ terganggu. Pada tahap yg lebih parah, otak jg akan mengalami kerusakan Pdahl pd umumnya, manusia normal hny bs bertahan 3 menit saja tanpa oksigen!
Rizal Do @afrkml
Oke, lalu gmn caranya menyelamatkan org lain yg tersedak?
Rizal Do @afrkml
Well, utk bs nyelamatkan, kita kudu yakin dulu kalo org itu memang tersedak dg mempelajari tanda gejala yg muncul. Shgg kita bs membedakan apakah org ini tersedak, pingsan, kejang, serangan jantung atau yg lainnya
Rizal Do @afrkml
1. The Universal Sign of Choking Tanda pertama yg muncul biasanya adalah tanda universal tersedak, yaitu memegangi leher. Org yg tersedak cenderung memegangi leher mereka seperti org yg tercekik. Shgg klo ada org yg begini disekitar kalian. Segera curigai jika dia mgkin tersedak pic.twitter.com/iYLtetnHsQ
Expand pic
Rizal Do @afrkml
1. Batuk tidak efektif Batuk tidak efektif atau tdk batuk sama sekali atau batuk tanpa suara. Bbrp kasus, mereka nunjukin tanda2 akan batuk namun tdk batuk sama sekali. Tekanan pada kepala meningkat menyebabkan mata mnjd melotot pic.twitter.com/6TTaDYUWDA
Expand pic
Expand pic
Rizal Do @afrkml
3. Tidak Dapat Berbicara Tidak mampu berbicara. Pada kasus sumbatan total, udara sama sekali tdk bs keluar, shgg korban tdk akan mampu berbicara. Ini adalah tanda vital yg harus kita konfirmasi apakah dialami oleh tidak oleh korban yg tersedak
Rizal Do @afrkml
4. Kebiruan Jika sudah muncul tnda kebiruan pada bibir atau ujung jari, maka kasus tersedak sudah mulai parah Segera lakukan pertolongan! pic.twitter.com/O6uWgeByP3
Expand pic
Rizal Do @afrkml
Perlu diingat! Nyangkutnya pentol pada tenggorokan dan kerongkongan, mgkin akan menunjukkan tanda yg mirip. Seperti rasa tdk nyaman pada leher dan ingin batuk. Namun, frekuensi batuk pada kasus nyangkutnya pentol pada kerongkongan, tdk separah apabila nyangkut di tenggorokan.
Rizal Do @afrkml
Krn reflek batuk yg muncul jk tersedak di tenggorokan, akan jauh lbh hebat drpd di kerongkongan. Setelah memahami tanda2 umum org tersedak, segera lakukan pertolongan dn jangan ditunda! Ingat, waktu korban hanya 3 menit!
Rizal Do @afrkml
FIVE AND FIVE Caranya sebenarnya mudah. Cukup dgn formula 5x pukulan punggung dan 5x hentakan perut atau yg dikenal dengan 5x Back Blow and 5x Abdominal Thrust. gimana caranya? Perhatikan tweet selanjutnya dg baik pic.twitter.com/wq2RuZilNK
Expand pic
Rizal Do @afrkml
1.Perhatikan tanda2 tersedak. Memegangi leher seperti tercekik, Tidak bs batuk, tdk bisa bernafas, dan tdk bs bicara
Rizal Do @afrkml
2.Utk memastikan, dekati korban, tatap matanya dan tanyakan “Kamu tersedak?” Nah pada tahap ini, biasanya org2 disekitar bakal nyolot “udah tau keselek masih ditanya, gmn sih???????” Padahal tahap ini penting sekali utk memastikan tanda2 tersedak. Jd tetap harus dilakukan
Load Remaining (25)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.