0
WowKeren @wow_keren
Petisi Tolak Film LGBT 'Kucumbu Tubuh Indahku' Ditandatangani Ribuan Orang wowkeren.com/berita/tampil/… pic.twitter.com/wHMXWj7aJN
Expand pic
ami @amoiami
DEMI APA gue dapet email ini. Film Kucumbu Tubuh Indahku dipetisi, alasannya bahkan ga ada? manusia Indonesia kenapa si, apa apa parno mulu, mata ditutup2in padahal lgbt itu REALITA pic.twitter.com/a00q7QNgqK
Expand pic
Expand pic
ami @amoiami
bahkan gue ga yakin yg bikin petisinya udah nonton filmnya apa belum.
Oh!My!Charol @ohmycharol
@amoiami 😑😑😑😑😑 kemaren gw liat twit temen di Bali hari last day on theater. Gw mikir kok Bali duluan yah dr Jakarta. Petasa petisi...hesssh ramashoook...
ami @amoiami
@ohmycharol sampai kapan si denial mulu, kaya semua yg ga sejalan sama nilai hidupnya itu ga boleh ada, ancaman untuk keluarga dan lingkungannya. darurat edukasi masyarakat kitatuuuu.
Oh!My!Charol @ohmycharol
@amoiami Susah sekali diajak toleransi dan terbuka. Heran gw, takut banget sama hal2 baru, senjatanya ekslusifitas memaksa, gw g suka ya semua orang ga boleh juga. pic.twitter.com/LCCC3rYzmv
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Pagi twips! Ini hari ke-6 Kucumbu Tubuh Indahku, film yg banyak dapat penghargaan namun tayang sangat terbatas, hanya ada di bbpa layar, kini ada yg mempetisi utk menurunkan film ini. Katanya ini film LGBT, nonton blm sdh menghakimi Begitulah mental kita! Takut sama film & buku twitter.com/lini_zq/status…
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Menutup hari pertama usai pemilu dg menonton Kucumbu Tubuh Indahku karya @garinfilm Seperti biasa mas, karya mu selalu membikin penonton terkagum2 Tadi sempat tepuk tangan kenceng, lalu diikuti oleh yg lainnya Thanks mas sdh memberi suguhan karya yg kaya PS: Must watch film! pic.twitter.com/63cXWhA3vv
Expand pic
Expand pic
Irfa Ulwan @irfaUlwan
@Lini_ZQ @Dandhy_Laksono Sayang, di Bekasi udah turun layar gara-gara Thanos menyerang. Padahal baru punya kesempatan nonton hari ini.
Hendry Pratama @HendryMitra
negara ini negara beragama bro bukan stheis walaupun berbeda agama tp tetap aja LGBT di melanggar norma agama...bukan mslah dikriminasi atau gmna...kl bikin film ky gini ĴªŇбåñ di sinilah diluar negri sana... hot.detik.com/movie/d-452441…
e-no 🧕🏼 @nagacentil
Oh larangan film Kucumbu Tubuh Indahku di Depok udah ada surat edarannya
e-no 🧕🏼 @nagacentil
@djaycoholyc Yha, dan berharap cak U @almaujudy bisa naik jadi walkot segera
Kembali Moksa @ALtheDiscreet

I retweet more than I tweet. History & science enthusiast. Gay but not out yet. I sometimes write too. You can find my thoughts on: https://t.co/u37U2gT622

Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Kucumbu Tubuh Indahku. Mengatakan film ini sebagai film bertemakan LGBT, gue rasa kurang adil. There's much more than that. Karena sepanjang perjalanan hidup Wahyu Juno yang diceritakan di film ini, ada banyak dinamika sosial yang ikut disematkan. Akan lebih tepat dikatakan... pic.twitter.com/sNluY9LF4R
Expand pic
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
... film ini adalah film yang menggunakan isu LGBT sebagai kanvas untuk menceritakan hal-hal yang sering tidak tersentuh o/ masyarakat urban. Kenapa? Karena Warok & Gemblak sendiri adalah sesuatu yang sudah ada dari jaman Majapahit. Jauh lebih tua dari istilah LGBT itu sendiri.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Dan jauh lebih tua dari konsep pernikahan Pria dan Wanita yang dipopulerkan Revolusi Industri. Di sini, banyak unsur budaya yg diangkat. Yang kalau menurut orang jaman sekarang itu "klenik" atau "mistik". Namun unsur tersebut sebenarnya sudah menjadi bagian masyarakat selama...
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
... berabad-abad lamanya. Dan semua hal yang dituangkan di atas kanvas tersebut, sebenarnya mengerucut ke dalam satu kisah besar. Yakni bagaimana tentang mencintai tubuh kita sendiri.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Dari sisi budaya, Tentu Reog Ponorogo lah yg menjadi fokus utama. Namun, seiring alur cerita tersebut berjalan kita akan diajak menemui sub-tema yg membantu kita memahami, kenapa Ponari bisa populer, kenapa masyarakat kita gemar klenik, bahkan kenapa politik kita se-SAMPAH ini.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Tidak hanya itu, beberapa sub-tema yang bisa dibilang agak modern, seperti trauma masa kecil yang dibawa sampai dewasa, toxic-masculinity, dan bahkan beberapa tindakan kriminal masa kini pun tidak luput menjadi cat yang dilukiskan di atas kanvas tersebut.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Oh, dan jangan lupa satu tema "sensitif" yang juga diangkat, dan lagi-lagi menyindir kebiasaan busuk para politikus kita :)) Amat terasa mengena, mengingat film ini dirilis di bioskop nasional tepat satu hari setelah salah satu pemilu paling beracun yang pernah kita alami.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Dan yang membuatnya semakin menarik, narasi yang berlatarkan kehidupan masyarakat rural membuat kita yang hidup di budaya urban akan semakin penasaran. Bisa dibilang, hampir tidak ada satu pun bagian cerita yang "relatable". Tapi kita tahu, hal-hal seperti ini ada di masyarakat.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Pun dengan selingan-selingan filosofis sang penari yang disajikan di antara tiap "arc" kisah Wahyu Juno, menambah nilai artistik dari film ini.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Oh satu lagi, sebelum menonton film ini, jika belum terbiasa dengan mitologi Hindu-Jawa, ada baiknya mencari tahu sedikit tentang "Penyamaran Arjuna". Ini bukan "spoiler" namun bisa membantu untuk memahami sebagian filosofi yang diceritakan di film ini.
Donal dari Kota Bebek @ALtheDiscreet
Dan jika ada kekhawatiran kalau film ini adalah bagian untuk mempromosikan LGBT ke masyarakat, bisa dibuang jauh. Sebab, film ini hanya menceritakan realita dari sebagian masyarakat kita. Kebetulan, titik beratnya lebih ke arah hubungan sejenis & pria yang menari sebagai wanita.
Load Remaining (86)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.