0
cia jualan case @plutrous
Medusa, Wanita Tercantik di Athena? —a thread— pic.twitter.com/i58gUDttKQ
Expand pic
cia jualan case @plutrous
Medusa muncul dalam mitologi Yunani sbg wanita yg berubah menjadi monster berambut ular, dan bagi siapapun yg menatapnya, akan berubah menjadi batu. Medusa adlh salah satu dr ketiga Gorgon bersaudara. Namun, Medusa berhasil dibunuh oleh seorang pahlawan Yunani bernama Perseus.
cia jualan case @plutrous
Secara harafiah, Medusa sendiri berarti “penjaga” atau “pelindung”. Sebelum dikutuk menjadi Gorgon, Medusa sebenarnya adalah wanita cantik yg tinggal bersama kedua saudaranya yg bernama Sthenno dan Euryale. Mereka adalah anak2 dari Phorcys dan Ceto.
cia jualan case @plutrous
Pada zaman itu, Medusa dikenal sebagai wanita paling cantik di Athena bahkan para dewa pun jatuh cinta dengannya, salah satunya ialah Poseidon. Namun, akibat kecantikannya, Medusa menjadi wanita yg sombong.
cia jualan case @plutrous
Suatu hari, Medusa dan Poseidon bercinta didalam kuil Suci milik Athena. Athena kemudian mengetahui perbuatan ini. Athena muncul dan mengutuk Medusa bersama kedua saudarinya. Mereka berubah menjadi wanita dengan wajah mengerikan. Rambutnya berubah menjadi ular dan soapapun-c
cia jualan case @plutrous
c-yg menatap matanya akan berubah menjadi patung batu dengan seketika. Namun, diantara ketiga Gorgon, hanya Medusa satu2nya yg bisa mati (mortal). Hal ini disebabkan krn kutukan yg dilancarkan oleh Athena.
cia jualan case @plutrous
Ada yg menyebutkan bahwa Medusa menjadi mortal krn menggunakan semacam “black magic” terlarang utk mengembalikan wujudnya. Namun ttp gagal. Saat itu, kabar mengenai ketiga Gorgon bersaudara menyebar luas di seluruh Yunani.
cia jualan case @plutrous
Berbagai orang berusaha utk memusnahkan monster tsb, akan tetapi tidak ada yg berhasil kembali dgn selamat. Seorang raja dari Seriphus yg bernama Polydectes meminta Perseus utk memenggal kepala mereka. Dalam perjalanan, Perceus dianugerahi beberapa perlengkapan dari para dewa,
cia jualan case @plutrous
antara lain tameng berkilau dari Athena, pedang dari Hephaestus, Helm Kegelapan dari Hades dan Sandal Bersayap dari Hermes. (You know it as Percy Jackson.) Ketika sampai di sarang Gorgon, Perseus mendapati bahwa Medusa sdg tertidur. Sebuah kesempatan emas yg dimanfaatkan Perseus
cia jualan case @plutrous
Dia brjln mnghmpiri Medusa hny dg mlihat pntulannya di tameng pmberian Atena tsb. Dgn sigap, Perseus brhasil memotong kepala Medusa hingga trlps dari tubuhnya. Krn saat itu, Medusa sdg mengandung anak2 Poseidon, maka terlahirlah Pegasus dan Chysaor saat Peseus memotong kepalanya.
cia jualan case @plutrous
Kematian Medusa membuat kedua saudarinya datang mendekat. Namun berkat sandal terbang dari Hermes dan Helm Kegelapan Hades, Perseus berhasil kabur dgn membawa kepala Medusa. Perseus kemudian mempersembahkan potongan kepala Medusa tsb ke hadapan Athena.
cia jualan case @plutrous
Sang dewi Athena akhirnya meletakkan kepala tsb disebuah tameng yg kemudian diberi nama Tameng Aegis. Seiring berkembangnya zaman, tokoh Medusa sangat terkenal ke seluruh penjuru dunia. Berbagai dongeng, karya seni dan film pernah memuat tentangnya.
cia jualan case @plutrous
Beberapa patung dan lukisan Medusa sangat banyak di belahan dunia. Spt lukisan mosaic di Museum Arkeologi Nasional di Roma. Sebuah bendera yg memuat gambar kepala Medusa digunakan sbg simbol desa Dohalice di Ceko.
cia jualan case @plutrous
—SEBUAH CERITA LAIN TENTANG MEDUSA DAN DEWI ATHENA— Beberapa ribu tahun yg lalu, ada seorang wanita cantik bernama Medusa. Dia tinggal di sebuah tempat bernama Athena di Yunani. Dia sangat baik dan dia memija dewa dan dewi Yunani-nya. Medusa jg dikenal sbg gadis yg sgt cantik.
cia jualan case @plutrous
Setiap hari, Medusa selalu membual ttg dirinya. Dia berkata kpd org lain bahwa dia adalah yg paling cantik dari semua org di seluruh dunia. Pada hari minggu, Medusa mengatakan pada tukang giling jika kulitnya lebih indah daripada salju putih segar.
cia jualan case @plutrous
Pada hari senin, ia mengoceh pada tukang sepatu bahwa rambutnya lebih cerah daripada matahari. Pada hari selasa, ia berkomentar pada putra pandai besi bahwa matanya lebih hijau dari laut Aegean. Pada hari rabu, ia membual kpd publik bahwa bibirnya lebih merah daripada mawar-c
cia jualan case @plutrous
c-paling merah di dunia. Ketika Medusa tidak sibuk, dia akan menyombongkan diri sambil melihat ke cermin. Dia pikir, dia adalah wanita tercantik di seluruh dunia. Medusa mengagumi dirinya sendiri.
cia jualan case @plutrous
Berulang2, Medusa mengatakan tentang kecantikannya kpd siapa saja dan semua org yg berhenti cukup lama utk mendengarnya. Hingga suatu hari, Medusa dan teman2nya pergi ke Parthenon. Itu adalah pertama kalinya Medusa pergi ke Parthenon.
cia jualan case @plutrous
Parthenon adalah kuil terbesar di Yunani. Di Parthenon, ada dewi kebijaksanaan, Athena. Ada patung2 sebagian besar dewa dan dewi dalam budaya Yunani. Semua org yg pergi ke Parthenon memathu Athena, semua kecuali Medusa.
cia jualan case @plutrous
Medusa melihat semua patung dan dia berbisik, “siapapun yg pernah membuat patung ini melakukan pekerjaannya dgn baik tp akan terlihat lebih baik lagi jika aku adalah patungnya.” Setiap gambar yg dilihatnya dikatakan jika org yg mengerjakannya melakukan pekerjaannya dgn baik-c
cia jualan case @plutrous
c-tetapi dia akan terlihat lebih baik dlm gambar itu. Ketika Medusa sampai di altar, dia menghela nafas dgn gembira dan berkata, “ini adalah kuil yg indah. syg sekali di kuasai oleh Athena padahal aku jauh lebih cantik daripada dia, mungkin suatu hari org akan membangun kuil-c
cia jualan case @plutrous
c-yg lebih megah utk kecantikanku.” Kemudian, teman Medusa menjadi pucat. Para pastor mendengar apa yg dikatakan Medusa dan mereka tersentak. Waktu itu berjalan dg sangat cepat melalui seluruh kuil dan semua org mulai pergi.
cia jualan case @plutrous
Semua org tahu jika Athena akan marah jika ada yg membandingkannya dgn org lain. Tak lama, kuil itu kosong dari semua org kecuali Medusa, yg begitu sibuk menatap dgn bangga pada bayangannya di pintu2 perunggu besar sehingga ia tdk memperhatikan kepergian semua org yg cepat.
cia jualan case @plutrous
Sementara Medusa menatap sosok yg berubah, sosok itu berubah menjadi dewi Athena. “Gadis yg sia2 dan bodoh,” Athena berteriak dgn marah, “Kamu pikir kamu gadis yg lebih cantik drpd aku. Sementara org lain bekerja, bermain atau belajar kamu hanya membanggakan diri sendiri.-c
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.