0
rine @dobbidobae
Kata temenku, adek itu bilang dia sekolah di sd master. Aku kurang tau sekolahnya, mungkin sekolah ini yang dimaksud. pic.twitter.com/plH4Avw6Ri
 Expand pic
rine @dobbidobae
Maaf banget aku belum bisa balesin mention yang masuk, aku lagi di sekolah🙏
Tjungkrink🐱🌻☕ @MMnya2ya
@dobbidobae Ya allah jam 3 pg gue msh d kasur dg enaknya dia udah bergeges keskulah Sedihhh semoga sehat trus ya nakkk jan patah semangat
empuz garong @empuzz
@dobbidobae sekolah sd rata2 masuk jam 7 / set 8. misalnya 7, brarti dia di jalan kurang lebih 4 jam. pulang sekolah jam 12 ditambah 4 jam lagi buat sampe rumah, nyampe jam 4 sore. total 13 jam dia ga makan apa apa. itu masih kira2 sih, bisa aja nyampe lebih cepet tapi tetep aja laper woi :(
pvjalin @pvjalin
@dobbidobae @RonsImawan Tiap hari bangun jam 3 pagi krn rumahnya jauh banget, ga dikasi uang jajan, yatim piatu. Semoga jadi orang sukses ya dek:’)
vinsky✨ @lrnselv
@dobbidobae apa dayaku yang berangkat sekolah jam 7 padahal masuk sekolah jam 7😭
Maryam Safitri @maryy802
@dobbidobae @AnkerTwiter sedih amat yaa, ini si adek PP naik KRL Kemayoran - Depok kalo pake THB mesti punya duit 20k tiap hari :(
Vivi @firstfleur
@dobbidobae @kiddoesnt Sekolah master emang tempat anak-anak yang punya semangat buat sekolah tapi kurang beruntung. Semoga adeknya dan teman-temanya bisa dapat bantuan.
rum @ineedwoo
@firstfleur @dobbidobae Wah mulia sekali yg buat sekolahnya, mungkin warga twitter bisa buka donasi buat sekolah mereka?
sher @fantzyr
@dobbidobae YaAllah dek,ini dia sekolah dimanaaa?gaada info lanjut ya?:(
Mahasiswi 🐢 @UviaVia
@asherdfghjkl @dobbidobae Sekolah masjid terminal di Depok kak, mungkin yang rumahnya deket bisa cari ke sekolahnya langsung.

Sekolah Master, Ruang Kelas Kontainer yang Ciptakan Siswa Berprestasi

Demi memutus mata rantai kemiskinan di sektor pendidikan, Nurokhim tergerak untuk mendirikan sekolah alternatif bagi masyarakat duafa hingga anak-anak jalanan tanpa dipungut biaya sepeser pun, alias gratis. Sekolah Masjid Terminal (Master) Indonesia, begitulah biasa orang menyebutnya.

Nurokhim selama ini sibuk berdagang bawang dan memiliki sejumlah bisnis seperti tour travel dan pengelola umrah. Sejak tahun 2000 dia mendirikan Sekolah Master tepat di belakang Terminal Depok, Jawa Barat. Bangunannya yang dahulu mengandalkan emperan masjid di terminal Depok, kini berubah jadi susunan kontainer yang dihias dengan cat warna-warni di bagian luarnya.

Dia melihat ironi pendidikan di Depok. Ada beragam kampus dengan bangunan megah di kota ini, tapi sayangnya angka putus sekolah juga tinggi, bahkan yang tidak pernah sekolah juga banyak.

Ada lima pihak yang menjadi sasaran utama Sekolah Master. Yakni anak telantar, anak jalanan, anak berkebutuhan khusus, anak yang berhadapan dengan hukum, serta anak yang cacat dari keluarga kurang mampu.

Saat ini setidaknya ada lebih dari 2.000 siswa yang belajar di dalam bangunan seluas sekitar 8.000 meter persegi tersebut. Mereka terdiri dari pelajar TK, SD, SMP, hingga SMA. Pengajarnya ada yang tetap, tidak sedikit juga yang relawan.

"Guru tetap sekitar 100, relawan pendamping tamu ada 200-an. Dari Kampus Gundar saja pengabdian dosen ada 100 orang selama setahun. Jadi ini sudah kita jadikan isu bersama bahwa pendidikan adalah tanggung jawab bersama bukan hanya pemerintah," tutur Nurokhim.

Sekolah yang berdiri di atas naungan Yayasan Bina Insan Mandiri ini memiliki dua program pembelajaran. Yaitu SMP, SMA terbuka dan sekolah paket A, B, dan C yang sudah terakreditasi B.

Mereka sekolah dalam tiga shift. Akhir pekan seperti Sabtu dan Minggu malam tetap ada kelas yang diperuntukkan bagi siswa-siswa yang sudah bekerja. Misalnya pembantu rumah tangga dan office boy.

Tidak ada seragam sekolah yang wajib dipakai para siswa. Mereka bebas mengenakan pakaian apapun yang dimiliki. Namun ada nilai-nilai keislaman yang selalu dijunjung tinggi.

"Kami mewajibkan 15 menit pertama sebelum mulai pelajaran harus membaca Alquran bersama dulu karena hal itu merupakan energi positif dan mencerdaskan," ujarnya.

Biaya Sekolah Master menggunakan dana pribadi dan bantuan dari para donatur. Mereka ada yang berasal dari perorangan, lembaga, swasta, hingga kementerian.

Pendidikan ini tak hanya berbasis masyarakat, tetapi ada pula karakter dan enterprenuer. Sehingga nantinya diharapkan mereka bisa diterima dengan baik dan dapat bersaing di dunia kerja melalui skill masing-masing.

Sekolah Master Indonesia ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa perpustakaan, ruang laboraturium, sarana bermain, hingga balai latihan kerja untuk praktik magang siswa.

Sejauh ini tak banyak bantuan dari pemerintah yang mereka terima. "Support walaupun belum maksimal. Paling tidak kami juga bermitra ujiannya di sekolah negeri dan nginduk di sekolah negeri. Jadi ada supportlah walau belum maksimal masih jauh dari kita harapkan," tuturnya.

Sederet prestasi juga sering diraih oleh pelajar Sekolah Master Indonesia ini. Baik bidang akademis maupun nonakademis. Nurokhim berharap nantinya sekolah seperti Master lainnya bisa dijadikan mitra dan didukung secara kelembagaan maupun Sumber Daya Manusia (SDM).

URL kumparan 5 Sekolah Master, Ruang Kelas Kontainer yang Ciptakan Siswa Berprestasi Demi memutus mata rantai kemiskinan di sektor pendidikan, Nurokhim tergerak untuk mendirikan sekolah alternatif bagi masyarakat duafa hingga anak-anak jalanan tanpa dipungut biaya sepeser pun, alias gratis.
p @pandapiyu
@dobbidobae @zaccty Kalo nenek nya lumpuh . Dapat uangnya dari mana dong buat kasih ongkos setiap hari ituuu ? 🥺
Akang lieur @negerilieur
@pandapiyu @dobbidobae @zaccty Mungkin bisa jadi sepulang sekolah anak itu mengemis atau mencari rongsokan,kita tdk pernah akan tau dr dia dapat uang,karna Tuhan maha adil bagi hambanya,saat ini adalah yg harus dipikirkan terketuk tdk hati kita utk membantunya
(+_+) @Pentag0n9
@dobbidobae @Ikarizkym Datengin sekolahnya aja nder terus tunjukin foto anak ini siapa tau ketemu. Terus tanya alamat nya deh Biar lebih gampang open donasi
💟nu'mommy🧕🏼 @zeeamommynuest
@dobbidobae @Ohaeyooae Pernah ada kisah yg mirip sama anak ini sekitar 1-2thn lalu. Sempat rame di media, akhirnya dia dan keluarga dpt rusun gratis di kemayoran. Aku ga tau apa ini anak yg sama atau beda lagi
Login and hide ads.