Fakta di Balik Asuransi Mobil Yang Jarang diketahui

Jenis asuransi kendaraan seperti mobil dan motor memiliki beberapa hal yang mesti diketahui
mobil asuransi kendaraan
0

Mobil atau motor kedua kendaraan tersebut memang selalu dibutuhkan oleh banyak orang, kadang tawaran Asuransi tidak begitu diperhatikan meski baru saja melakukan transaksi pembelian. Tapi tahukah kamu jika proses pembayaran kendaraan (mobil / motor) dilakukan secara kredit, maka fasilitas asuransi itu sudah termasuk dalam paket.

Perlindungan asuransi berguna, saat pemilik mengalami kecelakaan atau musibah. Mereka tidak perlu mengeluarkan banyak uang, jika hal buruk menimpa kendaraan mereka.

Tak hanya dalam kondisi baru, asuransi juga bisa diberikan pada mobil yang statusnya bekas pakai. Namun, ada satu hal yang jarang sekali diketahui orang, terkait asuransi mobil bekas.

Dilansir dari laman masaiya.biz, proses pendaftaran asuransi mobil baru dan bekas berbeda. Kondisi mobil bekas yang beragam, membuat beberapa perusahaan asuransi mengalami kesulitan memutuskan, apakah kendaraan itu dapat ditanggung klaimnya atau tidak.

Apa manfaat menggunakan asuransi mobil ?

  • Memberi perlindungan pada kendaraan kamu terhadap kejadian yang tidak pasti atau tidak terduga seperti kehilangan karena pencurian, kerusakan karena kecelakaan atau bencana alam, dan sebagainya.
  • Membantu perencanaan atau pengelolaan keuangan akibat biaya yang timbul atas kerusakan kendaraan.
  • Memberi rasa aman bagi pemilik kendaraan.
  • Memperoleh pelayanan tambahan seperti fasilitas telepon customer service 24 jam, fasilitas mobil derek, layanan mobil pengganti ketika kendaraan sedang dalam proses perbaikan di bengkel, dan lain-lain.

Biasanya, pihak asuransi memberikan syarat, bahwa mobil yang ditanggung maksimal berusia sembilan tahun. Penetapan usia maksimal itu bukan tanpa alasan.

Ada beberapa faktor, yang membuat rentang waktu ini menjadi ambang batas, sebuah mobil layak atau tidak untuk didaftarkan dalam klaim asuransi. Khususnya, jika konsumen memilih paket All Risk.

Salah satu faktornya adalah kondisi kaki-kaki yang semakin tua, atau mesin menurun kinerjanya akibat bekerja keras dalam waktu yang lama. Selain itu, ketersediaan suku cadang juga diperhitungkan.

Login and hide ads.