1
J. SURYO PRABOWO @berteman_mari
Media asing meramalkan Prabowo menang Pilpres. Mereka kan juga punya metode menghitungnya sendiri... #JagaSuara02AmankanC1 pic.twitter.com/uEiud15iAG
irma vijayanti pakaya @irmavijayanti23
@ILCtv1 @mohmahfudmd @Pak_JK @aagym @karniilyas Kami sdh cerdas & tdk bs di pengaruhi lgi. Sy sblmnya golput tp skrng mantap utk #BesokTusukPrabowoSandi setelah TV Luar Negeri sebut pak @prabowo the Next President. The great just proving the theory. 😍 InsyaAllah @prabowo is a New President for Indonesia period 2019-2024 πŸ™ pic.twitter.com/M4PG3Z7ycd
Sufi Knight @J_Mustofa
@berteman_mari Ini menarik, setidaknya mereka sudah memperhitungkan dampak politik luar negerinya jika Prabowo menang dalam pemilu.
Nurul Muchtar @nujanke
A good news. 02 will win the president election youtu.be/8Isf7P0cKv4
Expand pic
indri⚘ @MrsRachelIn
@liputan6dotcom lucu ... Video sama narasi knp beda? Hoax ya ? πŸ˜„πŸ˜›
Heny Mustikasari @HenyMustikasari
@berteman_mari Saya dengarkan beritanya, dibagian mana yg meramalkan menang ya? Ga ada tuh.
JAR. @MFAlfath
@berteman_mari @HukumDan Di video yg dibahas peluang masing2 kandidat. Ga ada disebut mengenai ramalan atau bahkan metode penghitungan. Kayaknya ini video saat awal penetapan siapa vs siapa di pertarungan pilpres.
π•·π–”π–—π–Šπ–’ π–Žπ–•π–˜π–šπ–’ @john18810241
@MFAlfath @berteman_mari @HukumDan video itu dibuat sekitar 10 bulan lalu sebelum ada penetapan calon & sedang membicarakan kandidat siapa yang kemungkinan maju. bahkan narasumbernya sebut pendukung prabowo 212 sbagai "Hardline muslim group". video yg menyudutkan. gw udh pernah tweet tentang hoax ini sebulan lalu.
Anggie Bratadinata @abratadinata
@berteman_mari Yah pak jendral ini ga paham bahasa inggris atau pura2 ga paham. Tonton sampe habis ga ada omongan meramalkan prabowo menang, apalagi metode penghitungan. Mereka ngebahas kemungkinan2 & peluang 01 & 02.
Ari Jaya Wijaya @arijaya03
@Gerindra Ada tv luar negeri yang memberitakan kemenangan @prabowo Mohon info kebenaran informasi tsb. Makasih πŸ™πŸ™πŸ‘†πŸ‘†

Penelusuran Fakta
Video yang diunggah akun Edi Ar Rayah berasal dari Bloomberg, yang mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Joko Widodo atau Jokowi.

"Feb.27 -- Bloomberg's Rosalind Mathieson reports on the upcoming 2019 Indonesian election. She speaks on "Bloomberg Markets," demikian narasi yang menyertai video berjudul Subianto May Enter Indonesian Race di laman Youtube Bloomberg Politics.

Video tersebut diunggah pada 27 Februari 2019, jauh sebelum penyelenggaraan Pilpres dan Pemilu 2019 pada 17 April 2019.

Kesimpulan
Benar bahwa video yang diunggah akun facebook Edi Ar Rayah berasal dari media asing, dalam hal ini Bloomberg. Namun narasi sama sekali tak sesuai dengan isi video.

URL liputan6.com 67585 [Cek Fakta] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan 'Prabowo Subianto The Next President'? Akun facebook Edi Ar Rayah mengunggah video dari Bloomberg. Namun, ditambahkan narasi, media asing itu mengabarkan Prabowo menang. Benarkah?

Berita video dari kanal youtube Bloomberg Politics yang diunggah akun Facebook Abdul Rahman NH dan Edi Ar Rayah dengan menambahkan narasi β€œTV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden” adalah hal yang keliru. Diketahui Video yang diupload Blommberg pada 27 Februari 2019 atau sebelum Pilpres itu, isinya mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Jokowi.

Video dari Bloomberg tersebut aslinya diunggah pada akun Youtube Bloomberg yakni Bloomberg Politics. Video yang diunggah pada 27 Februari 2019 atau sebelum Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 adalah isinya mengabarkan bahwa Prabowo Subianto akan berkontestasi dalam Pilpres 2019 melawan Joko Widodo atau Jokowi.

URL TurnBackHoax 3 [SALAH] TV Luar Negeri Sudah Memberitakan Prabowo The Next Presiden - TurnBackHoax Berita video dari kanal youtube Bloomberg Politics yang diunggah akun Facebook Abdul Rahman NH dan Edi Ar Rayah dengan menambahkan narasi β€œTV Luar Negeri Sudah [...]
Agus Supriatna @aguskrw1
#Video tersebut diunggah pada 27 Februari 2019, jauh sebelum penyelenggaraan #Pilpres dan #Pemilu2019 pada 17 April 2019. #Hoax liputan6.com/cek-fakta/read…
Dwi Heriyanto @dheriyanto
Jangan kaget ya klo ketemu kampret di dunia nyata bilang, "Media asing udah pd percaya klo Probowo jadi Presiden!" Sikap kita, cuekin aja. Njelasin ke orang gblk itu dijamin susah πŸ˜‚πŸ˜‚ bit.ly/2W1tiQO
Login and hide ads.