2
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Gunung Lawu β›°οΈπŸŒ‹ Gunung paling mistis di Indonesia dan segala mitos-mitos didalamnya. βˆ† A thread βˆ† pic.twitter.com/4fcM69Epla
 Expand pic
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
FYI, Gunung Lawu terletak di Pulau Jawa, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara tiga kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Magetan
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Gunung lawu sendiri memiliki 3 puncak, puncak hargo dumilah, hargo dumiling, dan hargo dalem. Dimana puncak tertingginya adalah puncak hargo dumilah dengan ketinggian 3265 mdpl.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Jalur pendakian gunung lawu sendiri ada 3 juga. Cemoro sewu di magetan, Cemoro kandang di magetan, dan Dan cetho di karanganyar. Dimana cemoro sewu termasuk trek paling cepet, dan cetho yg merupakan trek paling indah dan tentu paling lama jarak tempuhnya.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Dan apa kalian pernah mendengar warung mbok yem? Warung mbok yem adalah warung legenda digunung lawu, karena merupakan warung tertinggi di Indonesia, yaitu di ketinggian 3150 mdpl. Dengan 15rb kita sudah bisa makan nasi pecel+es teh diwarung mbok yem.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Dan ini potret warung mbok yem. pic.twitter.com/t5RRQAH7Vq
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Oke lanjut! Jadi sebelumnya apa kalian tau kalau gunung lawu dianggap gunung paling mistis dan horror di indonesia? Banyak mitos dan pantangan yang mesti kalian tau, sebelum kalian mau mendaki ke lawu. Namanya juga mitos, boleh percaya boleh tidak ya gaes!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Lalu kenapa gunung ini angker? Konon menurut warga sekitar, gunung ini seolah hidup dan bernyawa, dia bisa menentukan nasib orang-orang yang mendatanginya, apakah diterima dengan baik atau ditolak. Di sini pun sering terjadi kejadian aneh dan sosok yg sering menampakan diri.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Yang akan kubahas kali ini ialah : 1. Legenda gunung lawu 2. Keunikan gunung lawu 3. Mitos burung jalak penunjuk jalan 4. Kupu kupu penerima tamu 5. Pasar setan 6. Pantangan saat mendaki Jadi mungkin threadnya akan sedikit panjang ya gaes!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 1 Legenda Gunung Lawu Gunung ini adalah tempat persinggahan terakhir Prabu Brawijaya V (raja terakhir mataram). Dan dia mempunyai 2 pengikut setia yaitu, Dipa Menggala dan Wangsa Menggala.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Suatu hari Prabu Brawijaya V memutuskan untuk semedi digunung lawu. Beliau mendapatkan petunjuk bahwa kerajaannya akan meredup dan beralih ke kerajaan anaknya, yaitu kerajaan Demak! Ditemani 2 pengikut setianya, Prabu Brawijaya V bersemedi di puncak Hargo Dalem.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Sesampainya di hargo dalem, beliau mengatakan ke 2 pengikutnya bahwa Dipa Menggala akan diangkat menjadi penguasa di gunung lawu. Dan Wangsa Menggala yg diangkat menjadi patih dan dijuluki dengan Kyai Jalak. Setelah itu Prabu Brawijaya V menghilang dan tidak ditemukan jasadnya.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 2 Keunikan Gunung Lawu 1. Gunung tertinggi no.5 di pulau jawa 2. Puncak gunung lawu dahulu adalah dasar lautan (akan dijelaskan) 3. Gunung paling tua di Indonesia 4. Gunung lawu ialah gunung aktif yg sedang beristirahat, kapanpun ia bisa aktif lagi dan meletus
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 3 Mitos Burung Jalak Bagi pendaki yg pernah naik ke gunung lawu pasti tau dengan hadirnya burung satu ini. Burung jalak dipercaya adalah Kyai Jalak yg menjelma menjadi burung jalak. Apa yang unik dari burung ini?
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Dipercaya burung jalak ialah burung penunjuk jalan bagi pendaki yg tersesat ataupun tidak tau jalan. Mitosnya ini hanya berlaku bagi pendaki yg mempunyai niatan baik yaa. Jadi bagi yg mau mendaki ke gunung lawu, jika bertemu burung ini jangan ditangkap ataupun disakiti ya!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 4 Mitos kupu kupu Beberapa pendaki mungkin pernah bertemu kupu kupu dengan bulatan biru disayapnya. Konon jika pendaki bertemu dengan kupu kupu ini, berarti dia diterima baik mendaki gunung lawu, begitu juga sebaliknya ya. Dan jangan pernah disakiti ya gaes jika bertemu!!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 5 Misteri Pasar Setan Jika hendak melihat pasar ini, kalian harus mendaki melalu jalur cetho. Pasar ini terletak dilereng gunung lawu. Tempatnya luas dengan tekstur bebatuan. Konon tak jarang pendaki mendengarkan keramaian seperti dipasar saat melewatinya.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Ada tradisi tersendiri jika kita mendengarkan transaksi orang berjualan. Misalnya "Badhe tumbas nopo mas?" Jika pendaki mendengarnya, maka pendaki tsb harus melempar sejumlah uang ke tanah, dan harus memetik daun apapun yg ada disitu. Seolah olah sedang bertransaksi dipasar.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Menurut beberapa sumber, dipasar setan sendiripun memang bener bener ada segerombolan orang berjualan seperti layaknya dipasar asli. Dan kebanyakan yg dijual dipasar setan adalah ikan, ini yg berhubungan dengan gunung lawu yg memang dulunya adalah dasar lautan.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Topik 6 Terakhir Pantangan Mendaki Gunung Lawu (boleh percaya boleh tidak, namanya juga mitos) 1. Jangan Memakai Baju Warna Hijau Gunung lawu masih ada hubungannya dengan laut selatan ya, kalian pasti tau sosok Nyi Roro Kidul yg melegenda saat ada yg memakai baju warna hijau.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
2. Jangan Mendaki Dalam Jumlah Ganjil Ini juga masih berhubungan dengan Nyi Roro Kidul ya, konon jika kita mendaki ke lawu dalam jumlah ganjil, bisa jadi rombongan kita akan dilanda musibah ataupun keburukan.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
3. Lawu Bisa Mendengar Apa yg Kamu Keluhkan Namanya juga mendaki, sudah pasti capek dan pegal ya. Tapi sebaiknya tidak banyak mengeluh/sambat saat mendaki ke lawu ya. Karena konon lawu dipercaya mempunyai telinga, dan dia akan mewujudkan apa yg kalian keluhkan tsb.
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
4. Jangan Buang Sampah Sembarangan Ini WAJIB, bukan hanya di lawu aja ya gaes tapi disemua gunung. Kalian berani mendaki berarti berani membawa pulang sampahnya lagi ya! Jangan mengotori alam!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Jadi segitu aja, sorry kalo belepotan ini thread perdana yg saya buatπŸ˜‚ Jadilah pendaki yg bertanggung jawab ya gaes! Awali dengan niat baik, Insya Allah tidak ada kendala apa apa. Amin!
𝓨𝓾𝓭𝓲𝓸𝓷 @imnotdion_
Bonus buat yang mau ke lawu, semoga disegerakan yaa.. pic.twitter.com/WMunnQYUvG
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
Load Remaining (8)
Login and hide ads.