2
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
Kejadian absurd. Pantangan memetik bunga edelweis di gunung gede pangrango. -A Thread-
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
sebelum gue lanjutin, gue mau nanya satu hal. pernah ga sih kalian mimpi suatu kejadian yang absurd banget tapi di mimpi itu kalian ngerasa sadar kaya bukan mimpi. terus kalian bangun beberapa kali dari tidur kalian? pernah?
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
ini pengalaman gue waktu pertama kali naik ke gunung gede. disini gue ga banyak ceritain tentang catatan perjalanan gue ke gunung gede karena emang kejadiannya ga disana. kita sama-sama tau, disetiap gunung pasti punya yang namanya peraturan atau pantangan sendiri sendiri.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
dan di gunung manapun pasti punya satu pantangan yang sama dengan semua gunung lain yaitu, dilarang mengambil kecuali gambar, dilarang memetik kecuali pelajaran, dan dilarang membunuh kecuali waktu. karena waktu itu gue masih kecil banget, gue belum paham sama ini peraturan.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
waktu itu ceritanya gue sama 2 orang temen gue naik ke gunung gede. waktu itu kalo ga salah nebak, gue masih kelas 2 smp. namanya masih bocah yakan, gue anggap naik gunung ya sekedar naik, ga ada peraturan atau pantangan tertentu, tapi tetep safety ga asal-asalan naik.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
waktu itu di alun-alun surya kencana gunung gede, kebetulan lagi musim mekarnya bunga abadi, atau yang biasa dikenal bunga edelweis. bunga ini cakep banget, warnanya putih ada juga yang warna kuning gitu bagus banget. nah, karena baru pertama kali liat dan gatau apa2 gue petiklah
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
tujuan gue metik itu bunga waktu itu sebenernya cuma mau buktiin apa bener ini bunga ga bakal busuk selamanya? soalnya namanya aja bunga abadi, yaudah gue metik aga banyakan, satu gue taro dompet satunya lagi buat cewe gue. (sumpah pas smp gue punya pacar)
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
tapi sampe disitu gue masih aman-aman aja tuh, ga ada kejadian apapun sampe gue turun. kenapa gue ga ditangkep pas di base camp? gue pas itu ngambil ga sekarung, jadi masih muat ditaro carrier dan pas di base camp juga ga gue pamerin. akhirnya gue pulang tanpa kejadian apapun.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
gue sampe rumah itu sekitar jam 10 malem, belum ada kejadian apa-apa. nyampe rumah gue mandi, makan, langsung tiduran di kamar. nah mulai saat itu gue ngerasa mata gue ngantuk, ngantuk banget, badan rasanya juga lemes parah padahal baru makan.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
kamar gue, sebuah gubuk reyot berukuran 3X3m yang tak pernah rapih gue biasanya mengistirahatkan raga. Memandang langit-langit kamar dari atas kasur kapuk kusam tanpa sprei yang sudah koyak sisi kanannya,
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
sehingga jika terlalu bar-bar gue tidur, isi kapuknya akan keluar dan mengelus idung gue sampe bersin. Didepannya 3 cangir bekas kopi yang sudah berjamur karena entah sudah beberapa bulan ga gue cuci bersebelahan dengan asbak yang gue buat dari cangkang kerang laut
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
yang sudah penuh dengan abu namun ga pernah dibuang. Disebelah pintu triplek tua dengan engsel karatan yang jika dibuka akan berdencit ngiiiik sebuah galon yang isinya sudah mulai menguning terjungkal lunglai.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
Tembok kamar yang penuh dengan coretan vandalisme berisi kritikan dan keresahan jiwa. Lantai berdebu & becek di beberapa sudut kamar, dihiasi dengan beberapa stel baju yang terlalu kotor untuk ditaruh dilemari atau terlalu bersih untuk ditaruh di keranjang cuci berserakan dimana2
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
Meja yang penuh dengan puluhan buku tanpa rak dan beberapa botol wishkey bekas. Memang berantakan, tapi percayalah dari kamar busuk inilah hasil karya gue banyak dikagumi banyak orang. Dari kamar reyot dan bau ini, hidup gue banyak diperhitungkan oleh orang.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
Malam ini sebenarnya gue pengen membuat sebuah lakon cerpen, sebuah kisah udah gue struktur rapih dan tinggal dimediakan. Namun entah mengapa tidak seperti malam-malam sebelumnya gue ngerasa ngantuk banget padahal belom terlalu malem.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
lanjut ye... , bahkan sudah bisa dibilang sangat mengantuk sehingga membuat mata gue perih dan berair jika terlalu lama memandang layar laptop. gue yang biasanya selalu menang melawan kantuk akhirnya tumbang di angka 22.00, ya akhirnya gue menjemput mimpi gue dipulau kapuk.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
gue ngerasa tidur gue udah lama banget, kaya orang mati, kalo lo temen deket gue pasti taulah kaya gimana gue tidur. sampe tiba-tiba gue bangun karena denger suara benda berbahan kaca yang pecah karena terhantam benda keras.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
layaknya otong yang baru disunat ketendang bola, gue reflek bangun dan langsung nyari sumber suara. ternyata, botol whiskey yang gue taro diatas meja jatoh ke lantai. lama gue liatin serpihan kaca yang menghadirkan efek pelangi akibat sisa alkohol yang masih menempel kena cahaya
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
entah apa yang menarih dari sebuah beling yang menyala berkilap-kilap sehingga gue terus menerus ngeliat kearahnya. ada yang aneh, gue saat itu ga berniat langsung bersihin belingnya, cuma diem aja dan ngeliatin sambil tiduran.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
satu menit kemudian gue sadar. pusat kesalahan ada di badan gue yang mendadak kaku gabisa digerakin. gue pas itu cuma bisa ngegerakin bola mata gue doang, bahkan buat ngeluarin suara kayanya mustahil. kejadian ini normal terjadi pada tubuh yang terlalu lelah.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
sebenarnya tidak menjadi masalah apabila kalian tertidur dalam gelap dan sunyi. tapi pas itu gue lupa matiin lampun dan musik di laptop. alhasil, tubuh gue yang lagi ngeluarin hormon seperti orang tidur gabisa gerak tapi otak kita sadar dan bekerja karena terangsang sama musik
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
gue untungnya langsung sadar pas itu dan langsung berusaha rilex sambil lemesin otot. ga sampe lima menit gue udah bisa bergerak normal. langsung aja gue ngambil sapu sama pengki buat beresin itu beling. waktu lagi nyapu gue sempet lirik jam dinding, masih jam 2 pagi.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
entah masih meninggi atau sedang dalam peradaban mana, pas gue balik ke kamar gue kaya liat siluet seseorang, ya gue ngeliat ada seseorang di kasur gue lagi meluk bantal bau gue. gue kaget seada adanya. gue kucek mata buat memperjelas dan akhirnya sadar...
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
gue sadar kalo ternyata orang yang tidur di kasur itu mirip banget sama gue dari ujung kepala sampe ujung kaki. angin langsung berhembus kenceng dari pintu yang sengaja gue buka meraba bulu kuduk, kemudian si siluet itu menoleh kearah gue. kita beruda tatap-tatapan mesra.
pidi tidak baiq @yoit_sijelek
adalah amtanya yang narik perhatian gue banget pas itu, walaupun gue tau doi lagi ketakutan, matanya itu kosong banget kaya ga ada kehidupan. raut mukanya mulai membesar kaya pengen teriak dan langsung lari kearah gue. mungkin karena udah takut banget, doi kaya nabrak gue gitu
Load Remaining (23)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.