6
rizal do @afrkml
TETANUS - Penyebab Kematian paling Menyakitkan --- A THREAD tertusuk paku, bukan lg hal biasa. Tanpa pertolongan yg tepat, akan berakhir menyakitkan, sngt mnyakitkan hgg ajal dtng menyapa Kok bisa? Separah apa sih? Apa yg kudu dilakuin saat trtusuk paku agar tdk tetanus? RT! pic.twitter.com/KL93Tbm6aX
Expand pic
Expand pic
Expand pic
rizal do @afrkml
Saya akan mulai dg memberikan beberapa contoh kasus Yg bisa bahasa inggris mungkin bisa baca ini hehe. Yang kurang paham bisa lgsg skip sajaa pic.twitter.com/3ERSnp2sEy
Expand pic
Expand pic
Expand pic
rizal do @afrkml
Pernahkah kita tertusuk duri atau paku berkarat saat jalan2 di tanah atau sawah? Atau mungkin secara tdk sengaja saat melakukan sesuatu tergores kawat dan sialnya berkarat? Pernahkah?
rizal do @afrkml
Jika pernah, mgkn sbagian bsr dari kita bakal berpikir "ah sial bisa tetanus nih!" Terus keinget tetangga kmren yg meninggal krn tertusuk paku, keinget bayi baru lahir tibatiba kena tetanus karena ibunya gak mau vaksin TT saat hamil Haduh kok ngeri ya :(
rizal do @afrkml
Apakah benar tergores paku bisa menyebabkan tetanus? Apakah tetanus berbahaya? Kenapa kita bs terserang tetanus? Dan gimana cara mencegah infeksi tetanus ketika kita terlanjur tergores kawat berkarat?
rizal do @afrkml
Well, in a nutshell, you are probably gonna die. In several days after injuriy occured. Gejala awal memang demam sbg reaksi biasa karena infeksi akibat luka pada kaki. Tp perlu waspada. Demam setelah luka gores/tusuk, bs jadi infeksi tetanus tuh Wow seriously? ??
rizal do @afrkml
Tetanus merupakan penyakit yg tergolong jarang, serius, dan berprognosis rendah. Prognosis rendah artinya, peluang bagimu utk sembuh jg rendah
rizal do @afrkml
Kenapa sih kok bs separah itu? Kenapa kira2? Ada yang tau? Jawabannya, karena Clostridium Tetani (si biang kerok) penyebab tetanus, menyerang sistem saraf pusat (SSP) kita. Pusat kendali penuh seluruh kerja tubuh kita!!!
rizal do @afrkml
Bisa dibayangkan satu pasukan utuh didalam suatu kerajaan yg dikendalikan oleh pemerintahan yg otoriter. Basil Tetani ini menyerang pemerintahan tsb, menyebabkan kekacauan regulasi. Pemberontakan dimana2, sistem menjadi rusak dan amburadul tak karuan.
rizal do @afrkml
Kurang lebih, begitulah yg terjadi pada tubuh kita ketika kita diserang bakteri jahat ini. Well, what happened exactly? Utk memahami bgmn sistem saraf (SSP) dirusak, kita perlu tau dulu gmn sistem saraf bekerja
rizal do @afrkml
Well, kita buka lagi buku anatomi fisiologi kita ttg sistem saraf. 😌😌😌 Saya tdk akan menjelaskan dg bahasa ribet kaku dan formal krn ga semua org bs mencerna itu, maka sy akan gunakan bahasa yg simpel
rizal do @afrkml
Saraf kita itu sangatlah unik, ketika seseorang menginjak paku secara tdk sengaja, maka saraf nyeri pada kulit kita akan mengirimkan sinyal kelistrikan ke SSP secara kimiawi dan non kimiawi
rizal do @afrkml
Nah bahasa simpelnya tuh, sinyal ini anggap aja berbentuk kotak2 paket berisi neurotransmitter. Kotak2 ini dibawa di dalam perahu. Perahu2 ini kita analogikan sbg sel syaraf. Dari syaraf sensoris di kulit hingga ke SSP, butuh banyak perahu.
rizal do @afrkml
Nah singkatnya, kotak2 ini dioper2/disalurkan dari perahu awal ke perahu berikutnya, seterusnya perahu demi perahu sampai menuju otak/spinal cord. Setelah dari SSP, si 'Raja' akan memerintahkan untuk mengembalikan kotak2 ini ke sel saraf motorik otot, melalui perahu2 tadi
rizal do @afrkml
Kotak2 yg tadinya berisi sinyal, skrg berganti berisi perintah yg isinya jg sm, yaitu neurotransmitter. Begitu si kotak ini sampai ke perahu terakhir. Maka saraf motorik akan membacakan isi perintah dari otak tsb, yaitu menyuruh otot kaki utk terangkat.
rizal do @afrkml
Shgg ketika kakimu tertusuk paku maka dgn cepat kakimu akan tertarik. Nah, si Exotoxin (toksin yg berasal dari basil tetani) membuat segalanya menjadi rumit. Exotoxin ini bertindak sebagai bajak laut yang merampok perahu2, menyandera dgn cara memblokade kotak2 neurotransmitter.
rizal do @afrkml
Akibatnya sinyal perintah yg seharusnya disalurkan ke saraf motorik, mnjd tdk sampai seluruhnya ke motorik otot Isi perintah jd gak lengkap, dan membuat bingung otot yg berakhir dgn kejang atau dikenal sbg 'Spasme Tetanus'
rizal do @afrkml
Situasi ini berlangsung cepat dan berprogres, menyebabkan gangguan pada sistem saraf otonom. Wah kalau sdh gini bisa parah karena SSP mengontrol sebagian besar organ2 vital kita, paru, jantung, darah, liver, ginjal, otak, mata, otot dsb.
rizal do @afrkml
Lebih lanjut akan berakhir dgn kegagalan nafas atau bahkan cardiac arrest dan berujung kematian 😭😭😭 Bisa kalian bayangin bagaimana rasanya
rizal do @afrkml
Oke, setelah kita belajar bagaimana tetanus menyerang, selanjutnya kita memasuki segmen lainnya.. Seperti apasih tanda gejala dari Tetanus?
rizal do @afrkml
Tetanus memiliki gambaran klinis dengan ciri khas TRIAS TETANUS 1. rigiditas otot, 2. spasme otot, dan 3. ketidakstabilan otonom
rizal do @afrkml
Gejala awalnya meliputi kekakuan otot, toksin ini menyerang kelompok2 otot dg jalur neuronal pendek terlebih dahulu, maka dari itu trismus (kaku rahang)/jawlock, kekakuan leher, dan nyeri punggung akan tampak pada lebih dari 90% kasus pasien saat masuk rumah sakit (MRS)
rizal do @afrkml
Jawlock tentu saja sangat menyakitkan dan menyiksa Kaku pada rahang, mencegah mulut bergerak, ROM sendi rahang menurun. Hasilnya, pasien tdk bisa mengunyah, penurunan reflek menelan. Akibatnya pasien tdk bs makan, apalagi berbicara BB menurun, motivasi rendah pic.twitter.com/66sPXDhckO
Expand pic
Expand pic
rizal do @afrkml
Kekakuan ini akan berlanjut ke bawah menuju leher, yg isinya meliputi keronkongan, faring, laring, dn trakea. Dua saluran pernafasan dan pencernaan Keterlibatan spasme dari otot-otot wajah dan faringeal menimbulkan ciri khas “Rhisus Sardonicus”, sakit tenggorokan, dan disfagia. pic.twitter.com/DFMZ8fSvPP
Expand pic
Expand pic
Expand pic
rizal do @afrkml
Kakunya leher, akan mengakibatkan munculnya kaku kuduk Ketidakmampuan leher untuk menekuk. Pasien dgn tetanus akan kesulitan menundukkan kepalanya shgg dagu dengan bagian tengah collarbone tdk bisa bertemu (seharusnya bisa) Ruang gerak pasien akan terisolasi, sungguh menyiksa
Load Remaining (24)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.