2
@mirardina
Martabak Manis Teflon Anti Gagal. ala Mira ---------------------A thread------------------- pic.twitter.com/3RzDFos33q
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
Halo jadi ini pertama kalinya aku buat martabak manis pake takaran sendiri hehe, dulu pernah buat martabak manis cuma pake tepung kotak-an yang udah jadi, dan hasilnya jelek:( skrg aku buat sendiri pake takaran aku.
@mirardina
Ini aku pelajari dari gugel selama beberapa hari sama yutub gimana caranya buat martabak yang bagus lembut dan enak ini martabaknya padet gitu lembut dan gurih juga jadi aku buat takaran aku sendiri gimana biar jadi lebih enak hehe.
@mirardina
Oh iya langsung ke bahan ini bahan bahannya: 1. Margarin secukupnya 2. Tepung terigu protein tinggi(250 gr/25 sendok makan) (yang protein tinggi merk cakra kembar) 3. Tepung tapioka/kanji (40 gr/4 sendok makan) 4. Susu kental manis 5. Pewarna makanan pandan/coklat/dll(optional) pic.twitter.com/1j4sAgr2FC
 Expand pic
@mirardina
6. Vanili bubuk/cair 7. 2 butir telur 8 !aking powder(aku pake merk koepoe koepoe)(terserah pake merk apa) 9. Ragi instant (aku saranin pake merk fermipan karna kualitas raginya bagus) 10. Gula 2-3 sendok makan 11. Garam secukupnya 12.Topping sesuai selera(chacha,milo,seres dll) pic.twitter.com/nIkqoMGzYt
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
Kak mira aku mau buat banyak bisa gak? lebih dari takaran dithread kakak? Bisa dong, pokoknya takaran 10 gram setara dengan 1 sendok makan ya ntar gula garam dll ditambahin aja jadi dua kali lipat.
@mirardina
Ini berlaku untuk kalian yang gak punya timbangan ya ntar ditakar sendiri itu 1 sendok makan penuh ya.
@mirardina
Kak mira?budgetnya berapa? mahal gak? gak mahal kok sayang, 1. Margarin (7.500)(bebas merk apa aja) 2.Tepung Terigu ptotein tinggi (13.000/kg) (yang bungkusan) 3. Tepung kanji (9.000/kg) (beli secukupnya aja) 4. Susu kental manis ukuran segitu 13.500 (bisa beli yg sachet aja) pic.twitter.com/RyKCMGqcEZ
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
5. Pewarna makanan 9.500 (optional/bisa gak pake)' 6. Vanili bubuk (500 perak) 7. Telur 1100/butir 8. Baking powder (5.500) 9. Ragi instant (4000) (merk fermipan) 10. Gula (11.500/kg) (pake 2-4 sendok makan aja) 11. Garam (1500/bungkus) 12. Topping (seres 5.700 milo 2.000) pic.twitter.com/G8N58kW3NL
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
12. Chacha (6.000) chococips warna warni (5.500) keju prochiz gold (11.500).(ini sesuai selera ya mau pake atau ga sesuka kamu)
@mirardina
Pertama tama buat biangnya dulu ini bertujuan untuk menaikkan adonan hingga 2 kali lipat. 1. Ambil 1 sendok makan tepung terigu tadi,lalu tambahkan 1 sendok teh ragi dan stgh sendok makan gula lalu tambahkan sedikit air hangat jangan pake air panas ya,hangat2 kuku aja) pic.twitter.com/clDByzHOP2
@mirardina
Kenapa pake air hangat kuku?ragi bakalan mati diatas suhu 40 derajat celcius,kalau ragi mati bakalan gak mengembang hasilnya. Jadi aku saranin pake air hangat aja atau air dispenser yg hangat gapapa,pokoknya air hangat.
@mirardina
Aduk hingga rata setelah dikasih air hangat tadi,lalu tutup rapat wadah untuk menaikkan ragi dan mengaktifkannya,oh iya dikasih air gak encer banget ya sedang gitu kayak divideo. Tunggu sekitar 10-15 menit untuk membuat ragi bekerja. pic.twitter.com/EH3k4gSqM7
@mirardina
2. Bahan keringnya Ambil sisa adonan tepung terigu prot. tinggi tadi,tambahkan 4 sendok makan tepung tapioka,tambahkan gula sekitar 2-3 sendok makan (gak usah bnyk2 nnti adonan cepet gosong) garam secukupnya lalu aduk hingga rata. pic.twitter.com/XLhMoRyST2
 Expand pic
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
3. Adonan basah Mixer telur sampai berbusa putih (btw kalau mau dimixer sama sedikit gula boleh tp aku engga,soalnya gak suka manis banget) pic.twitter.com/7YBSV8PC1r
@mirardina
Kak mira aku gak punya mixer gimana nih?bisa pake sendok gak?bisa dong cuma bakalan lama sampe berbusa putih,caranya sama kok,kocok telur tadi hingga berbusa pakai sendok/apapun itu.
@mirardina
Adonan basah yang sudah di mixer ditambahkan adonan kering yang sudah tercampur tadi ya, lalu mixer/aduk pake sendok hingga tercampur rata. pic.twitter.com/gYmoqw2b0q
@mirardina
Lalu tambahkan susu cair hangat (susu kental manis tadi sekitar 3-4 sendok makan larutkan dengan 300 ml) sedikit demi sedikit lalu mixer kembali/campurkan pakai sendok hingga rata. pic.twitter.com/AnUqKCT2EP
@mirardina
Oh iya biang yang tadi dibuka dari tutupnya tandanya ragi sudah bekerja ada gelembung2 di biang berarti ragi sudah aktif dan siap dipakai(adonan raginya jadi naik hingga 2 kali lipat). pic.twitter.com/9m8w5twBgG
 Expand pic
 Expand pic
@mirardina
Lalu mixer/aduk hingga tercampur rata adonan tadi dengan raginya. pic.twitter.com/hL8uEIDV6d
@mirardina
Lalu tambahkan margarin cair sekitar 1 1/2 sendok makan(btw margarin yang tadi di lelehkan di teflon terlebih dahulu). pic.twitter.com/3rOiI2h0Wx
@mirardina
Maaf gais tadi aku lupa bilang tambahkan vanili bubuk di adonan kering ini, ini agar adonannya wangi aja gak usah banyak2 sekitar segini aja,kalau banyak2 nanti adonan jadi pahit pic.twitter.com/TUdoElV54H
 Expand pic
@mirardina
Adonan yang sudah dicampur semua ntar jadinya gini ya, sedang gitu gak cair,dan gak kental juga. pic.twitter.com/dJL1eYNusx
@mirardina
Lalu tutup adonan pakai lap basah/cling wrap/plastik dsbnya(aku saranin diikat pakai karet lagi biar adonan bener2 kedap udara) dan diamkan sekitar 1 1/2-2 jam hingga adonan menjadi 2 kali lipat. pic.twitter.com/SCBj4C0wP6
 Expand pic
Load Remaining (23)
Login and hide ads.