0
April Hamsa @april_hamsa
Sore, selamat wiken teman2, wiken2 gini lagi ngapain nih?Ada yg lagi piknik gak? Lewat jalur laut mungkin? Ngobrolin soal lautan, saya mau berkicau2 dikit ah ttg kemajuan pembangunan maritim Indonesia. Ada yg penasaran gak sih, kyk apa lalu lintas laut skrng? #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Kalau ttg pembangunan di laut yang lagi hits di era skrng adalah ttg tol laut. Apakah tol laut itu? #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Tol laut adalah jalur pelayaran bebas hambatan yang mengusung suatu konsep pengangkutan logistik di Indonesia utk mempermudah distribusi barang #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Jadi, bukan serta merta membuat jalan tol di atas laut gitu hehe, walaupun jalan tol di atas laut juga sdh ada seperti Suramadu di Jatim. Tapi tol lau maksudnya bukan kyk gtu :D #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Tol laut ini merupakan program yang telah dicanangkan sejak tahun 2015 #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Tujuan dari adanya tol laut ini, selain memudahkan distribusi barang, juga supaya bisa menurunkan biaya logistik. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Selain itu, harapannya dengan adanya tol laut ini, nanti bisa menekan angka disparitas harga barang. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Disparitas maksudnya ketimpangan wilayah, jd kan selama ini kita suka denger tuh barang A di Jawa murah, eh di Sulawesi, misalnya mihil. Nah, kalau udah ada jalan tol laut, disparitas bisa berkurang #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Konsep tol laut dibuat sebagai pelayaran secara rutin dan terjadwal dari Barat sampai ke Timur Indonesia untuk memperkuat jalur pelayaran dan logistik. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Dari tahun ke tahun penyelenggaraan angkutan barang di laut (tol laut) terus ditingkatkan. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya jumlah trayek, di mana pada tahun 2018 dan 2019 mencapai 18 trayek yang dilayani oleh 19 armada kapal #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Seperti ini lho gambaran tol laut itu, bisa dilihat dalam video berikut ya #LautanPrestasiBUMN pic.twitter.com/NHLCRjw966
April Hamsa @april_hamsa
Awalnya ketika tahun 2015, tol laut menjalankan enam trayek/ rute. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trus pada tahun 2016 ada juga 6 trayek tol yang digunakan dengan penambahan pada pelabuhan singgah menjadi total 31 pelabuhan. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Lalu pada 2017 ada lagi 13 trayek yang bisa menjangkau 41 pelabuhan singgah. Pokoknya dari tahun ke tahun makin banyak/ bertambah program tol laut ini. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Apalagi awal 2018, di awal tahun ada 2 trayek baru dan di akhir tahun ada 3 trayek baru. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
FYI, tiga trayek terakhir yang saya sebut tadi itu khusus buat mengangkut semen ke kawasan Timur Indonesia. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Total sampai 2018 kira2 ada yaaa sekitar 18 trayek tol laut yang aktif deh di perairan/ laut Indonesia. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Teman-teman mau tahu tidak trayek tol lautnya jalur mana aja? Oke saya coba sebut satu per satu yaaaa #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 1- Teluk Bayur-P Nias (Gunung Sitoli)-Mentawai (Sikakap)-P Enggano-Bengkulu dengan Opertor PT ASDP KM Prima Nusantara 01 #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 2 -Jakarta Tanjung Priok-Tanjung Batu-Blinyu-Tarempa -Natuna (Selat Lampa)-Midai-Serasan-Tanjung Priok Operator PT Pelni KM Cempaka Jaya Niaga III-4 #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 3 - Surabaya Pelabuhan Tanjung Perak-Belang-belang - Sangatta-Nunukkan-Pulau Sebatik (Sungai Nyamuk)-Tanjung Perak PT ASDP KM Melinda 01 #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 4 Tahuna-27-Kahakitang-30-Buhias-23-Tahulandang-20-Biaro-144-Lirung-4-Melangoane-50-Kakorotan-65-Miangas-81-Marore-73-Tahuna PT Pelni KM Logistik Nusantara 1 #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 5 ada dua Surabaya dan Tobelo. Operator yang ditugaskan yaitu PT Mentari Sejati Perkasa a. Tangjung Perak-Makasar-Tobelo-Tanjung Perak. b. Tobelo-Maba-P.Gebe-Obe-Sanana-Terak. #LautanPrestasiBUMN
April Hamsa @april_hamsa
Trayek 6 yang ada di Surabaya yaitu jalur Tanjung Perak-Tidore-Morotai PT. Pelni KM Logistik Nusantara 2 #LautanPrestasiBUMN
Load Remaining (38)
Login and hide ads.