0
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Selamat sore twips… Siapa yang pernah mendengar tentang literasi? #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Mungkin banyak ya yang tahu apa itu literasi, tapi tidak benar-benar tahu maknanya. Nah, sore ini saya akan sharing tentang apa itu literasi. Yuk kepoin! #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi adalah kemampuan seseorang dalam hal membaca atupun menulis #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi juga dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat (National Institut for Literacy) #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Istilah literasi sudah mulai digunakan dalam skala yang lebih luas tetapi tetap merujuk pada kemampuan atau kompetensi dasar literasi yakni kemampuan membaca serta menulis. Apakah kalian sudah tahu jenis-jenis literasi, tweeps? #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Menurut kemdikbud, dimensi literasi secara umum ada lima yaitu literasi baca dan tulis, literasi numerasi, literasi digital, literasi finansial, literasi budaya dan kewargaan. #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/KuQ9BrRaSl
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi Baca dan Tulis adalah pengetahuan dan kecakapan untuk membaca, menulis, menelusuri, juga mengolah informasi untuk menganalisis, agar mencapai tujuan serta berpartisipasi di lingkungan sosial #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi numerasi adalah pengetahuan dan kecakapan mengintepretasikan, menggunakan,serta mengomunikasikan untuk memecahkan masalah praktis dan mampu menganalisis informasi berbentuk grafik, table, bagan, untuk mengambil keputusan. #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi digital adalah pengetahuan menggunakan media digital, alat-alat komunikasi dalam menemukan serta mengeveluasi informasi untuk dimanfaatkan secara ehat, bijak, dan cerdas untuk membina interaksi dalam kehidupan sehari-hari. #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literasi Finansial adalah pengetahuan dan kecakapan dalam membuat keputusan yang efektif dalah konteks finansial untuk meningkatkan kesejahteraan, baik individu maupun social #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Literai Budaya dan Kewargaan adalah pengetahuan dan kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Minat baca masyarakat Indonesia ini sangat minim sekali. Pada tahun 2016 misalnya, Indonesia menduduki peringkat ke 60 dari 61 negara. Kalau sekarang gimana ya? Sudah ada peningkatan atau belum ya? #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/DcR2Aqzq5t
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Kemampuan membaca masyarakat Indonesia masih tertinggal 45 tahun dibandingkan negara maju. Jadi ingat saat KKN dulu saya pernah tuh ikut program pemberantasan buta aksara. Di pegunungan masih banyak lho warga yang tidak bisa membaca. #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/02POCaN3Ag
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Oleh karenanya, sejak tahun 2016 Kemendikbud menggiatkan Gerakan Literasi Nasional (GLN) sebagai bagian dari implementasi dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/Zyn8KXHBMs
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Kemendikbud membentuk kelompok kerja Gerakan Literasi Nasional untuk mengoordinasikan berbagai kegiatan literasi yang dikelola unit-unit kerja terkait. #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Gerakan Literasi Nasional bertujuan untuk menumbuhkan budaya literasi pada ekosistem pendidikan, mulai dari keluarga, sekolah, serta masyarakat sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas hidup. #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/GfiMr7VAXk
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Gerakan Literasi Nasional adalah milik masyarakat Indonesia. #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/nVzYuwDG6y
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Ini lho tweeps manfaat kita belajar literasi numerasi #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/c0LJLzRVYI
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Kira-kira, apakah Indonesia telah memiliki ciri-ciri bangsa yang kokoh dan maju? #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/BhAeJ5MUgz
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Menyediakan taman bacaan atau perpustakaan di desa-desa adalah upaya untuk mendukung Gerakan Literasi Nasional. Jadi, apakah di tempat tinggalmu sudah ada taman bacaan, tweeps? #YukMulaiMembaca
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Biayanya? Bisa juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan secara mandiri dan bergotong royong.#YukMulaiMembaca pic.twitter.com/PY4qU53105
 Expand pic
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Bersamaan dengan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah mengembangkan Gerakan Literasi Sekolah untuk meningkatkan daya baca siswa #YukMulaiMembaca pic.twitter.com/Z31HUxKZyR
 Expand pic
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Jadi merinding disko kalau baca ini. Sumpah parah banget dong ya. Lha karena aku berada di komunitas penulis, aku gak sadar kalau ternyata di luar komunitas kondisinya sangat miris #YukMulaiMembaca twitter.com/OnosSemblang/s…
Eni Rahayu @bunda_dzakiyyah
Pada tahun 2017 Ditjen GTK menggagas Gerakan Satu Guru Satu Buku untuk meningkatkan kompetensi dan kinerja guru dalam pembelajaran baca dan tulis. Harapannya sih guru2 sadar kalau literasi lebih penting daripada administrasi mengajar #YukMulaiMembaca
Load Remaining (9)
edu
Login and hide ads.