1

Dalam surat al-Fatihah berisi pelajaran tentang manhaj atau cara keagamaan yang benar dalam Islam. Manhaj sejati mengikuti salafus shalih; pemimpin terpenting dari komunitas ini adalah tata cara sholat tahajud, tabi'in dan tabi'ut tabi'in.

Dalam surat al-Fatihah kami berdoa kepada Allah (yang berarti), "Tunjukkan kami jalan yang lurus." Siapa mereka yang berjalan di jalan yang lurus? Allah berfirman (yang artinya), "Itulah jalan orang-orang yang telah Engkau sukai." Siapa 'orang-orang yang disukai Allah'? Mereka adalah seperti yang Allah (says) katakan dalam ayat (yang berarti), "Mereka adalah para nabi, shiddiqin, martir, dan orang suci." (An-Nisaa ': 69) (lihat transkrip Manhaj Salafish Shalih wa Haajatul Ummah ilaih oleh Shaykh Shalih al-Fauzan hafizhahullah, hlm. 7-8).

Syekh Muhammad bin Abdul Wahhab rahimahullah berkata, "Cara orang-orang yang Engkau sukai mereka; mereka adalah Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam dan teman-temannya. Dan Anda setiap raka'at selalu berdoa kepada Allah untuk memberikan petunjuk kepada jalan mereka. . "(Lihat Tafsir Ayat minal Qur'anil Karim, halaman 17).

Imam Ibn Katsir rahimahullah mengutip penafsiran shirothol mustaqim / jalan lurus dari Abul 'Aliyah rahimahullah. Abul 'Aliyah berkata, "Itu adalah Nabi Shallallahu' alaihi wa sallam dan dua sahabatnya setelah dia." 'Ashim berkata, "Kami juga menyebutkan penafsiran ini kepada al-Hasan. Jadi al-Hasan berkata," Memang benar apa yang dikatakan Abul Aliyah dan dia telah memberikan nasihat. "(Lihat Tafsir al-Qur'an al-'Azhim, 1 / 139).

Jalan lurus ini juga disebut jalan orang percaya. Dalam Alquran, Allah telah memberikan ancaman besar kepada mereka yang menyimpang dari jalan orang-orang beriman. Allah berfirman (apa artinya), "Barangsiapa menentang Rasul setelah jelas baginya bimbingan, dan dia mengikuti selain cara orang-orang beriman, maka Kami akan membiarkan dia berjalan dalam kesalahan yang ia pilih, dan Kami akan menempatkannya ke dalam Api Neraka, dan memang Neraka adalah tempat yang jahat untuk kembali. "(An-Nisaa ': 115).

Sahabat orang-orang yang adalah Muhajirin dan Anshar adalah mereka yang mengikuti teladan orang-orang beriman setelah mereka. Cara mereka melakukan perjalanan adalah cara keselamatan. Allah berfirman (apa artinya), "Orang-orang pertama dan pertama dari Muhajirin dan Anshar dan mereka yang mengikuti mereka dengan baik, Tuhan senang dengan mereka dan mereka senang dengan Dia, dan Tuhan menyediakan bagi mereka adalah taman-taman yang mengalir di bawahnya sungai. Mereka tetap di dalamnya selama-lamanya. Itu adalah kemenangan yang luar biasa. "(At-Taubah: 100).

Rasulullah 'alaihi wa sallam berkata, "Jangan mengkritik teman-teman saya! Tentunya jika salah satu di antara Anda memberi tak terbatas sebagai gunung Uhud dalam bentuk emas maka tidak dapat bersaing dengan neraka terkenal mereka, hanya setengah." ( Diceritakan oleh Bukhari dan Muslim).

Rasulullah 'alaihi wa sallam berkata, "Orang-orang terbaik ada di zam-ku, kemudian setelah mereka, kemudian setelah mereka." (HR Bukhari dan Muslim).

Syaikh al-Fauzan hafizhahullah berkata, "Jadi mereka adalah contoh dari orang-orang ini. Dan manhaj mereka adalah cara mereka melakukan perjalanan dalam hal aqidah, dalam hal mu'amalah, dalam hal moralitas, dan dalam semua urusan mereka. Itu adalah manhaj yang diambil dari al-Kitab dan as-Sunnah karena kedekatannya dengan Rasulullah 'alaihi wa sallam, karena kedekatannya dengan waktu wahyu. Mereka mengambilnya dari Rasulullah' alaihi wa sallam. Jadi mereka adalah yang terbaik dari abad-abad ini, dan mereka adalah manhaj terbaik. "(Lihat Manhajus Salafish Shalih wa Haajatul Ummah ilaih, 2-3).

Syekh Shalih al-Fauzan hafizhahullah juga menyarankan, "Dan tidak mungkin untuk mengikuti mereka dengan baik kecuali dengan mempelajari madhhab mereka, manhaj mereka, dan cara mereka bepergian. Adapun hanya mengandalkan salaf atau salafiyah tanpa memahami sifat dan manhajnya itu tidak berguna sama sekali. Bahkan mungkin berbahaya. Oleh karena itu perlu untuk mengetahui sifat salafush shalih. "(Lihat Manhajus Salafish Shalih wa Haajatul Ummah ilaih, hal. 3).

Dalam surat al-Fatihah, Allah telah menjelaskan kepada kita bahwa sifat dari jalan yang lurus adalah menggabungkan pengetahuan dan amal. Fakta dari jalan lurus ini adalah untuk mengetahui kebenaran dan melakukannya dengan itu (lihat deskripsi Syekh as-Sa'di rahimahullah dalam tafsirnya Taisir al-Karim ar Rahman, halaman 39).

Oleh karena itu dijelaskan kemudian dalam ayat-ayat (yang berarti), "Ini bukan jalan orang-orang yang murka." Inilah orang-orang yang dimurkai oleh Allah, orang-orang Yahudi. Di mana mereka tahu kebenaran, tetapi mereka tidak mempraktikkannya. Setiap orang yang berjalan di jalan orang Yahudi dari antara orang-orang - setiap orang yang mengakui kebenaran tetapi tidak mempraktikkannya - maka ia berada di jalan Yahudi - di jalan murka - karena ia telah mengetahui kebenaran tetapi tidak ingin melakukannya. Dia membutuhkan pengetahuan tetapi meninggalkan amal. Dan setiap orang yang berpengetahuan luas tetapi tidak mempraktikkan ilmunya maka ia adalah milik orang-orang yang hancur (lihat Manhajus Salafish Shalih wa Haajatul Ummah ilaih, 8).

Jalan lurus ini ditegakkan pada pengetahuan. Tidak cukup untuk memanfaatkan semangat untuk berlatih ketika tidak disertai dengan dasar pengetahuan. Oleh karena itu, dalam ayat-ayat Allah ayat-ayat (yang berarti), "Dan bukan jalan orang-orang yang sesat." Mereka adalah orang-orang yang menyembah Tuhan dalam ketidaktahuan dan kesalahan. Mereka menyembah dan menutup diri kepada Tuhan tetapi tidak di jalan yang benar. Bukan pada manhaj lurus. Tidak didasarkan pada ramalan al-Kitab dan as-Sunnah. Itu di tengah kebid'ahan. Padahal setiap bid'ah salah kaprah. Inilah yang terjadi dengan orang-orang Kristen dan mereka yang mengikuti jalan mereka; mereka yang menyembah Tuhan tetapi tidak di jalan yang benar dan tidak di jalan yang lurus. Maka orang seperti itu hilang. Dia menyimpang dari jalan yang benar dan kasihnya menjadi tidak berguna (lihat Manhajus Salafish Shalih wa Haajatul Ummah ilaih, hlm. 8-9).

Allah berfirman (yang artinya), "Katakan; Apakah kami ingin memberi tahu Anda tentang orang yang paling merugi dari zakatnya. Mereka yang tidak berguna dalam kehidupan dunia sementara mereka berpikir bahwa ia telah melakukan yang terbaik." (Al-Kahfi: 103-104).

Ayat ini dijelaskan oleh para cendekiawan umum Yahudi dan Kristen serta Khawarij dan siapa pun yang menyembah Tuhan tidak berada di jalan yang benar di mana ia berpikir bahwa ia berada di atas kebenaran dan berpikir bahwa kasihnya harus diterima padahal sebenarnya dia keliru dan zakatnya menjadi tidak berguna (lihat Tafsir al-Qur'an al-'Azhim oleh Imam Ibn Katsir rahimahullah, 5 / 201-202).

Ini memberi kita manfaat menyimpang dari jalan lurus ini - baik dalam hal sains atau praktik - maka itu memiliki dampak yang sangat berbahaya. Konsekuensi terburuk adalah keluar dari jalan Islam dan jatuh ke syirik dan tidak percaya. Itulah mengapa diinginkan ketika kita diperintahkan untuk berdoa kepada Tuhan untuk bimbingan di jalan yang lurus ini dalam setiap raka'at dari doa kita. Karena kami sangat membutuhkan bimbingan. Tanpa bimbingan maka seorang hamba harus celaka dan binasa.

Syekh Abdul Muhsin al-'Abbad hafizhahullah berkata, "... Kebutuhan akan hamba ini lebih besar daripada kebutuhannya akan makanan dan minuman. Karena makanan dan minuman adalah kehidupan kehidupan fana. Adapun pedoman untuk jalan lurus adalah penyediaan kehidupan yang kekal dan kekal. "(Lihat Pole wa Rasa'il Abdil Muhsin, 1/152).

Syaikh Abdurrazzaq al-Badr hafizhahullah berkata, "Adapun firman-Nya (yang berarti), 'Engkau disukai mereka' maka ia mengajarkan bahwa cara seorang hamba di Jalan Lurus adalah kebaikan Allah. Jika bukan karena ridha Allah untuk berjalan di jalan lurus itu maka dia tidak akan bisa berjalan dan memastikannya, tetapi itu hanya karena Allah senang dengan itu. "(Lihat Min Hidayat Surah al-Fatihah, hal.35).

Semua orang tersesat dan tersiksa ketika mereka tidak mendapatkan bimbingan dari Tuhan. Karena dengan bimbingan itu mereka bisa percaya dan berbuat baik. Tanpa bimbingan dari Tuhan maka tidak ada yang bisa percaya, melakukan perbuatan baik, atau berkhotbah dan bersabar. Padahal iman, perbuatan, dakwah, dan kesabaran adalah kunci kebahagiaan.

Allah berfirman (yang artinya), "Untuk sementara waktu. Sesungguhnya, manusia benar-benar kehilangan, kecuali mereka yang beriman, melakukan amal saleh, saling menasihati dalam kebenaran, dan saling menasihati untuk kesabaran." (Al-'Ashr: 1-3).

Jalan lurus ini adalah jalan para nabi, jalan yang disambut Ibrahim Ibrahim 'alaihis. Allah berfirman (yang berarti), "Memang Ibrahim adalah bangsa yang selalu menaati Allah lagi dan dia tidak termasuk orang-orang musyrik. Dia selalu bersyukur atas bantuan-Nya. Allah memilihnya dan membimbingnya ke jalan yang lurus." (An-Nahl : 120-121).

Ibn Katsir rahimahullah berkata, "Jalan lurus adalah untuk menyembah Allah saja yang tidak bersekutu dengan-Nya dalam syari'at yang diberkati." (Lihat Tafsir al-Qur'an al-'Azhim, 4/611).

Syaikh 'Ubaid al-Jabiri hafizhahullah berkata, "Sesungguhnya agama Allah yang ia pilih untuk para pelayannya, misi misi yang dikirim oleh para rasul, dan agama yang menjadi muatan buku-buku yang ia ungkapkan adalah al-Hanifiyah. adalah agama Ibrahim al-Khalil 'alahis salam. Ketika itu menjadi agama para nabi sebelumnya dan para rasul setelah itu untuk penutupan mereka semua Muhammad, semoga salawat dan salam dicurahkan ke atas mereka semua. "(Lihat al-Bayan al -Murashsha 'Syarh al-Qawa'id al-Arba', hlm. 14).

Syekh Abdul Aziz ar-Rajihi hafizhahullah berkata, "al-Hanifiyah adalah tauhid. Artinya, Anda menyembah Tuhan dengan membuat agama untuk-Nya. Ini adalah makna makna laa ilaha illallah. Karena maknanya tidak ada yang memiliki hak untuk disembah kecuali Allah. "(Lihat Syarh al-Qawa'id al-Arba ', hal. 11)

Qatadah rahimahullah berkata, "al-Hanifiyah adalah laah ilaha illallah." (Lihat Tafsir al-Qur'an al-'Azhim, 1/448 oleh Imam Ibn Katsir rahimahullah).

Allah berfirman (artinya), "Dan Kami tidak mengutus seorang nabi sebelum kamu, tetapi Kami wahyukan kepadanya bahwa tidak ada tuhan - satu-satunya selain Aku, maka sembahlah Aku saja." (Al-Anbiyaa ': 25).

Allah berfirman (artinya), "Lalu Kami wahyukan kepadamu; Kamu harus mengikuti milah Ibrahim dengan cara yang dapat diterima." (An-Nahl: 123).

Allah berfirman (yang berarti), "Katakanlah; Sesungguhnya, aku telah diperintahkan oleh Tuhanku ke jalan yang lurus, sebuah agama yang lurus yang merupakan milah Ibrahim yang hanif dan dia bukan dari penyembah berhala." (Al-An ' pagi: 161).

Syekh Shalih bin Fauzan al-Fauzan hafizhahullah berkata, "Ibrahim 'alaihis salam mengundang orang untuk menyembah Allah' azza wa jalla sebagai nabi lainnya. Semua nabi mengundang orang untuk menyembah Allah dan untuk meninggalkan ibadah kepada selain Dia ..." ( lihat Silsilah Syarh Rasa'il, hlm. 330).

Allah berfirman (yang berarti), "Sesungguhnya ada kepadamu sebuah contoh yang indah dari Ibrahim dan orang-orang yang bersamanya. Ketika mereka berkata kepada orang-orang mereka, 'Kami memang bebas darimu dan dari semua yang kamu sembah selain Allah. Kami menyangkal kamu dan telah melihat di antara kami denganmu permusuhan dan kebencian selamanya sampai kau percaya pada Allah saja ... "(al-Mumtahanah: 4).

Ibn Katsir rahimahullah berkata, "Sudah disyari'atkan permusuhan dan kebencian sejak di antara kami dan Anda selama Anda bertahan dalam ketidakpercayaan, maka kami akan berhenti dan membenci Anda selamanya" sampai Anda percaya kepada Allah saja "Anda harus mematuhi Allah dan untuk menyembah Dia saja yang bukan sekutu dengan-Nya dan Anda membuang semua yang Anda sembah di samping-Nya dalam bentuk persaingan dan penyembahan berhala. "(Lihat Tafsir al-Qur'an al-'Azhim, 8/87).

Salam Nabi Ibrahim 'alaihis yang telah menerima begitu banyak pujian dan pujian dari Allah. Dia yang menegakkan tauhid ini mengabar kepada bangsanya dan menghadapi berbagai rintangan dan rintangan dengan sabar. Abraham, yang dinyatakan oleh Allah, berada di jalan yang lurus. Namun, lihat bagaimana dia saihihi salam sangat takut bahwa dia jatuh ke syirik dan menyembah berhala. Dia berdoa (artinya), "Dan tinggalkan aku dan anakku dari penyembahan berhala saya." (Ibrahim: 35)

Ketika seseorang seperti dia memiliki ketakutan yang sangat besar terhadap syirik - itu adalah bentuk penyimpangan terburuk dari jalan lurus - lalu bagaimana dengan mereka yang berada di bawah posisinya? Apakah kita layak merasa aman dari kesalahan dan penyimpangan ?! Demi Allah, saudaraku, tidak ada yang bisa membuat kita menjalankan kebenaran kecuali Tuhan sendiri.

chirpstory @chirpstory
Hits [Dijamin Ngakak] Kumpulan Video Pesan-pesan Toni Blank tentang Pemilu, Pilpres, dan Golput. chirpstory.com/li/426324.
chirpstory @chirpstory
968 views "Horror Amat Yang Antri.." Mau Nyoblos, Ini Keluhan Netizen WNI Yang Tinggal di Sydney dan Beberapa Negara Lain Soal Koordinasi KPU Yang Dinilai Berantakan chirpstory.com/li/426270 from @mrspersona
chirpstory @chirpstory
651 views Ternyata Fake, Menguak Fakta Dibalik Akun YouTube "Berapa Harga Outfit Lo?" Yang Ternyata Ada yang Palsu chirpstory.com/li/426262 from @_nndt
chirpstory @chirpstory
809 views Udah Gak Jaman Ribut di Sosmed, Sekarang Cebong Kampret Ributnya di Waze! via @Balarong chirpstory.com/li/426234 from @tumbenlucu
chirpstory @chirpstory
LOL 😆 Dimanakah Letak Surga dan Neraka? Sebuah Thread Pencerahan dari Sudut Pandang Islam Dengan Sains chirpstory.com/li/426229 from @_nndt
chirpstory @chirpstory
Hits "Tolong bantu saya supaya gak sendirian ngakak" Foto2 King Nassar As Indomie, Pedangdut Tenar Kostum Cetar Menggelegar Rasa Indomie Thread By @dedyrfky chirpstory.com/li/426318.
chirpstory @chirpstory
926 views Akurat! Begini Jika Outfit Hotman Paris Disamakan dengan Bungkus Chitato via @korongmentah_ chirpstory.com/li/426103 from @tumbenlucu
chirpstory @chirpstory
Hits Ternyata Doyan Bales Komen Nitizen, Begini Balasan Kocak Chef Arnold Saat Membalas Komentar Para Followerrnya yang Bikin Ngakak chirpstory.com/li/426314.
chirpstory @chirpstory
Rame 👇 [Foto] Meski Sedang Sakit, Bu Ani Yudhoyono Tetap Menggunakan Hak Pilihnya Sambil Menjalani Perawatan di Singapura chirpstory.com/li/426258 from @tumbenlucu
chirpstory @chirpstory
Hits Rekaman2 Laporan dr Luar Negeri: Antrian Dan Protes WNI Kesulitan Mencoblos, Ditenggarai KPU Tak Profesional Layani Pemilih Untuk Mencoblos chirpstory.com/li/426291.
chirpstory @chirpstory
Hits Lupa Bawa Pelampung, Begini Kocaknya Si Adek Saat Optimis Masuk Kolam Renang Tapi Pelampung nya Ketinggalan chirpstory.com/li/426310.
chirpstory @chirpstory
LOL 😆 Kelewat Budeg, Kelakuan Abege Jaman Now yang Dengan Bangga Pasang Knalpot Tepat Depan Bukan Ini Bikin Geleng-Geleng Kepala chirpstory.com/li/426254 from @_nndt
chirpstory @chirpstory
1,505 views Serem Banget Gila, Detik-Detik Ketika Mobil Meledak Karena Bapaknya Merokok dan Ibunya Memakai Parfum Di Dalam Mobil chirpstory.com/li/426145 from @_nndt
chirpstory @chirpstory
Hits "Total 9 jam tunggu antrian sambil berdiri" Foto2 & Curhat WNI Di Jepang Rasakan Antri Nyoblos Terlama Di Pemilu SRIT Tokyo chirpstory.com/li/426306.
chirpstory @chirpstory
1,061 views Viral Video Harga Outift Anak Hypebeast yang Lebih dari 12 M, Siap Diciduk Akun @DitjenPajakRI chirpstory.com/li/426245 from @tumbenlucu
chirpstory @chirpstory
2,210 views Cancel Grab Karena Mukanya Jelek, Begini Alasan Gak Masuk Akal Para Gadis yang Menolak Grab Karena Masalah Tampang chirpstory.com/li/425953 from @_nndt
chirpstory @chirpstory
Hits Rekaman Ricuh Pemilu Di Hongkong, WNI Teriak2 "Curang" Tak Bisa Nyoblos Dgn Alasan Internet Error & Mengulur Waktu Hingga Pemilih Terlantar chirpstory.com/li/426304.
chirpstory @chirpstory
1,890 views Dibela Prof Nadirsyah Hosen: Tanggapan Ridho Slank Ketika Dapat Komentar Nyinyir dari Netizen Menuding Slank Tidak Shalat chirpstory.com/li/426136 from @pantsepontse
Load Remaining (26)
Login and hide ads.