Mengenal Katie Bouman, Sosok Ilmuwan Muda di Balik Terungkapnya Foto Lubang Hitam Pertama

Nama Katie Bouman menjadi perbincangan seiring terungkapnya foto lubang hitam pertama. Bukan tanpa sebab, Katie merupakan tokoh penting di balik penemuan tersebut.
ilmuwan black hole Famous People Katie Bouman lubang hitam
2

Para astronom untuk pertama kalinya berhasil mengambil foto lubang hitam yang terletak di galaksi yang jauh dari bumi.

Lubang hitam ini memiliki garis tengah 40 miliar kilometer atau sekitar tiga juta kali ukuran bumi dan digambarkan oleh para ilmuwan sebagai "monster".

Jarak dari bumi sekitar 500 juta triliun kilometer dari bumi dan difoto dengan menggunakan jaringan delapan teleskop yang terletak di beberapa tempat dunia.

Rincian mengenai lubang hitam itu diterbitkan hari Rabu (10/04) di Astrophysical Journal Letters.

Profesor Heino Falcke, dari Radboud University di Belanda, yang mengusulkan proyek eksperimen ini menyatakan kepada BBC bahwa lubang hitam itu ditemukan di galaksi yang disebut sebagai M87.

"Ia memiliki massa sekitar 6,5 miliar kali massa matahari kita. Dan ini merupakan lubang hitam terberat yang kami perkirakan ada. Lubang hitam ini sungguh-sungguh seperti monster, termasuk lubang hitam kelas berat di seluruh jagat raya," kata Falcke.

Foto itu memperlihatkan "cincin api" sangat terang, sebagaimana digambarkan Profesor Falcke, mengelilingi lubang gelap berbentuk lingkaran sempurna.

Cahaya halo yang terang ini disebabkan oleh gas superpanas yang jatuh ke dalam lubang hitam itu.

Sinar terang ini bahkan lebih terang daripada cahaya miliaran bintang di galaksi digabungkan jadi satu, itulah kenapa lubang hitam ini bisa dilihat dari jarak yang sangat jauh seperti bumi.

Pinggiran dari lingkaran gelap di tengah lubang hitam itu adalah titik di mana gas memasuki lubang hitam.

Lubang hitam itu sendiri adalah sebuah objek yang memiliki gravitasi yang sangat kuat, sedemikian kuatnya sehingga cahaya sekali pun tersedot ke dalamnya

URL BBC News Indonesia 6424 Lubang hitam untuk pertama kalinya berhasil ditangkap kamera Para astronom untuk pertama kalinya berhasil mengambil foto lubang hitam yang berlokasi di galaksi yang jauh. Diameternya 40 miliar kilometer dan para ilmuwan menggambarkannya sebagai 'monster'.
Event Horizon 'Scope @ehtelescope
Scientists have obtained the first image of a black hole, using Event Horizon Telescope observations of the center of the galaxy M87. The image shows a bright ring formed as light bends in the intense gravity around a black hole that is 6.5 billion times more massive than the Sun pic.twitter.com/AymXilKhKe
Expand pic
Semesta Sains @semestasains
Selama ini mungkin kita banyak menemukan citra Black Hole. Tapi semua itu adalah simulasi dan animasi (simulasi dan animasi berdasarkan data yang ilmiah). Tapi citra kali ini sangat berharga bagi kita semua, karena citra kali ini "REAL". pic.twitter.com/1CTRsuvEv6
Semesta Sains @semestasains
Sebesar apa sih Black Hole di Pusat Galaksi M87? pic.twitter.com/WrqIYjAKnS
Expand pic
Edwin Dianto Young ST, ML @edwindianto
Hari ini untuk pertama kalinya dalam sejarah, Lubang Hitam alias Black Hole dapat difoto. Oleh Event Horizon Telescope. Letaknya di pusat galaksi M87. Besarnya 6,5 miliar kalinya Matahari! twitter.com/ehtelescope/st…
Edwin Dianto Young ST, ML @edwindianto
Black Hole pertama dalam sejarah ini terletak di galaksi Messier 87. Yang merupakan galaksi terbesar yang kita ketahui hingga saat ini. Jaraknya 54 juta tahun cahaya dari sini. In a galaxy far, far away.. twitter.com/spectatorindex…
langitselatan @langitselatan
Foto black hole ini punya arti penting karena untuk pertama kalinya konsep matematika bisa ditransformasikan ke objek fisis yg bs diuji, diukur, & diamati berulang kali. Dasar penting dari sains. Bisa melakukan percobaan berulang kali utk dibuktikan!
Edwin Dianto Young ST, ML @edwindianto
Ini adalah bukti bahwa Matematika adalah orkestrasi dari konsep-konsep Semesta! *merinding* twitter.com/langitselatan/…
iyo @_justio
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Dr. Katie Bouman, mendapat pujian dari seluruh dunia berkat kerja kerasnya dalam mengembangkan algoritme yang menghasilkan foto pertama lubang hitam.

Tim yang ia pemimpin berhasil membuat terobosan penting yang memungkinkan untuk pertama kalinya dalam sejarah eksplorasi ruang angkasa pemotretan atas lubang hitam bisa dilakukan.

Foto yang istimewa ini memperlihatkan cahaya halo yang berasal dari dari debu dan gas angkasa yang sedang tersedot ke lubang hitam yang berjarak 500 juta triliun kilometer dari bumi.

Bagi Dr. Bouman, membuat algoritme itu merupakan perwujudan dari sebuah upaya yang sebelumnya dianggap mustahil.

Semesta Sains @semestasains
Katherine Louise Bouman, to whom we owe the first photograph of a black hole ever. Terimakasih Mbak Kattie. pic.twitter.com/mxmWFXtlgH
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Expand pic

Dr. Bouman mulai membuat algoritme itu tiga tahun lalu ketika ia masih menjadi mahasiswa pascasarjana di Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Di sana ia memimpin sebuah proyek, dibantu oleh satu tim yang terdiri dari Computer Science and Artificial Intelligence Laboratory dari MIT, Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics dan MIT Haystack Observatory.

Foto lubang hitam ini ditangkap oleh teleskop Event Horizon (EHT), sebuah jaringan delapan teleskop yang terhubung satu sama lain, yang gambarnya diunduh melalui algoritme buatan Dr. Bouman.

URL BBC News Indonesia 5527 Siapa Katie Bouman, ilmuwan muda di balik foto pertama lubang hitam Nama ilmuwan berusia 29 Tahun, Dr. Katie Bouman, menjadi perbincangan di seluruh dunia karena dianggap berjasa besar menghasilkan foto pertama lubang hitam.

Gambar Dr. Bouman dengan semangat menunggu foto lubang hitam terunggah di komputernya, telah beredar luas di berbagai media.

Ia pun menulis di dinding Facebook-nya, "Menyaksikan sambil tak percaya, saat-saat foto pertama lubang hitam dalam proses direkonstruksi."

Semesta Sains @semestasains
Ekspresi Katie Bouman, ketika kode2 bahasa pemrogramannya berhasil menyatukan teleskop diberbagai penjuru dunia dan mengirimkan foto pertama Black Hole ke laptopnya. pic.twitter.com/BNsMCESOps
Expand pic
MIT CSAIL @MIT_CSAIL
Left: MIT computer scientist Katie Bouman w/stacks of hard drives of black hole image data. Right: MIT computer scientist Margaret Hamilton w/the code she wrote that helped put a man on the moon. (image credit @floragraham) #EHTblackhole #BlackHoleDay #BlackHole pic.twitter.com/Iv5PIc8IYd
Expand pic
Expand pic
Semesta Sains @semestasains
1969: Margaret Hamilton dgn tumpukan buku kode2 bahasa pemrograman untuk program Apollo 11. 2019: Katie Bauman dgn tumpukan hard drive kode2 bahasa pemrograman yg menggabungkan teleskop dipenjuru dunia untuk membuat foto pertama Black Hole. pic.twitter.com/JEiSzTUSfe
Expand pic
I Nyoman Sunartha @nyoemhokgie
@semestasains Harddisk komputerku bagai remah rempeyek kelindes truk pic.twitter.com/mBvdu0hoSC
Expand pic
Load Remaining (19)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.