0
#TakeOver# @GheMaX
Dua Matahari Ditubuh Polri dan Masa Depan Kelam Bhayangkara
#TakeOver# @GheMaX
1. Sebagai lembaga negara di bidang pemelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegak hukum, perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat. Polri memiliki peran dan posisi strategis sebagai institusi negara.
#TakeOver# @GheMaX
2. Pasca Reformasi merupakan angin segar bagi lembaga Polri, puncaknya ditetapkannya  UU no. 2 tahun 2002 mengenai Kepolisian Republik Indonesia era Presiden Megawati Soekarnoputri.
#TakeOver# @GheMaX
3. Sebagai lembaga negara, bukan berarti Polri tidak memiliki gejolak dan dinamika secara organisasi.
#TakeOver# @GheMaX
4. Puncak polemik ditubuh Polri saat Jenderal Budi Gunawan gagal meraih tampuk kekuasaan tertinggi di Organisasi Bhayangkara tersebut. nasional.kompas.com/read/2016/06/1…
URL KOMPAS.com 3 Didukung Megawati, Langkah Budi Gunawan Jabat Kapolri Diprediksi Mulus Penolakan terhadap Budi Gunawan juga dinilai tidak sekencang sebelumnya. Namun, akankah Presiden memilih nama mantan ajudan Megawati itu?
#TakeOver# @GheMaX
5. Kiprah dan Kedekatan BG sebagai mantan ajudan Presiden Megawati disinyalir merupakan modal kuat sokongan eks Presiden RI ke-5 ini. Meskipun akhirnya gagal!
#TakeOver# @GheMaX
6. Di Legislatif, PDIP merupakan partai yang paling ngotot mendukung jabat kursi tertinggi di Kepolisian sebagai Kapolri.
#TakeOver# @GheMaX
7. Kisruh antara KPK dengan Mabes Polri terkait penetapan tersangka terhadap Budi Gunawan (13 Januari 2015) dalam kasus dugaan suap di Mabes Polri pada 2006-2010. bbc.com/indonesia/beri…
URL BBC News Indonesia 4 Kronologi kasus Budi Gunawan dan ketegangan KPK-Polri Selama beberapa pekan terakhir, polemik pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri dan ketegangan antara KPK-Polri masih terus berlanjut, berikut kronologinya.
#TakeOver# @GheMaX
8. Bak petir di siang bolong, meski dinyatakan lolos uji kepatutan dan kelayakan, Budi Gunawan batal dilantik jadi Kapolri menggantikan Jenderal Sutarman. Kasus ini kemudian yang menjadikan hubungan antara KPK dan Polri kembali panas.
#TakeOver# @GheMaX
9. Anasir lain juga menyebutkan, batalnya BG jadi Kapolri karena adanya fenomena politik diinternal Polri. Perang dingin antara jenderal angkatan 81 dan 83.
#TakeOver# @GheMaX
10. Ditengah situasi yang memanas tersebut, keluarlah nama Tito Karnavian sebagai calon Kapolri dan akhirnya dilantik 13/7/2016.
#TakeOver# @GheMaX
11. Secara senioritas, Tito yakni Alumni Akpol 1987 taktis jauh lebih muda dari BG yang notabene merupakan alumni tahun 1987.
#TakeOver# @GheMaX
12. Hal itu pula lah yang menyebabkan posisi Tito Karnavian disinyalir banyak diintervensi oleh jenderal-jenderal seniornya.
#TakeOver# @GheMaX
13. Tito dianggap banyak melangkahi karir-karir senior angkatannya di Kepolisian.
#TakeOver# @GheMaX
14. Prestasi cemerlang Tito karnavian tidak lepas dari karirnya di tim khusus Kepolisian yakni Detasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror.
#TakeOver# @GheMaX
15. Kendati gagal dilantik jadi orang nomor satu di tubuh Polri tersebut. BG dilaporkan masih menunjukkan pengaruhnya untuk mengatur sejumlah jabatan penting di kepolisian.
#TakeOver# @GheMaX
16. Catatan tersebut, seolah meruntuhkan citra Polri yang terus dikampanyekan Tito Karnavian yakni Polri profesional.
#TakeOver# @GheMaX
17. Sepak terjang dan pengaruh BG terhadap sejumlah oknum di internal kepolisian diduga ikut bermain terhadap kepentingan politik PDIP.
#TakeOver# @GheMaX
18. Meski posisi Tito Karnavian sebagai pemegang tampuk kekuasaan tertinggi. Namun, manuver-manuver pejabat kepolisian dibawah pengaruh BG sangat membahayakan bagi netralitas Polri.
#TakeOver# @GheMaX
19. Termasuk dalam Pemilu dan Pilpres 2019, sejumlah elit Polri gagal memposisikan dirinya sebagai wasit karena ikut bermain dengan afiliasi politik PDIP.
#TakeOver# @GheMaX
20. Khusus di Pilpres, Pelibatan oknum Polri diduga untuk menambal sulam elektabilitas petahana yang terus melorot.
#TakeOver# @GheMaX
21. Sinyal kekalahan petahana dan PDIP secara khusus sangat terbuka lebar. Pasalnya, PDIP pernah gagal mempertahankan kursi kekuasaan dengan status sebagai petahana melawan penantangnya SBY.
Load Remaining (7)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.