0
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Ingat ya, stunting bukan hanya pemerintah yang menangani. Tapi kita semua juga harus ikut berpartisipasi dan memiliki andil besar dalam mengatasi permasalah ini. #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Dan pula, perhatikan sanitasi dan akses air bersih. Hal ini juga memiliki dampak kepada permasalahan stunting #PentingCegahStunting pic.twitter.com/H0iyufjcyR
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Intinya usahakanlah pemberian asupan gizi terbaik kepada calon buah hati dan balita. Berikan juga makanan yang beragam kepada balita. Jangan monoton gitu-gitu aja. Ajarkan untuk mengkonsumsi makanan yang bergizi #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Karena pemerintah gak mau mengganggu masa depan bangsa dengan turunnya tingkat SDM masyarakat, akhirnya pemerintah fokus pada program Pemberian Makanan Tambahan di daerah yang memiliki angka stunting tinggi. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/DB85eEGAHd
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Halo selamat sore buat kalian yang mungkin ada dijalan mau pulang dari liburan. Dan sore juga buat kalian yang dirumah aja menikmati sore. Duhhh kalau tadi pagi aku bahas tentang lari-lari, sore ini enggak lagi guys. Kira-kira bahasa apa hayo #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah kali ini itu guys aku mau bahas petapa pentingnya itu stunting dan bagaimana penanganannya. Sebelumnya udah ada yang tau belum stunting itu apa? #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Stunting itu ya, kekurangan Gizi kronis dan itu berulang. Serta hal ini terjadi sejak selama dalam kandungan. Nah wajib diketahui nih guys buat kalian. Cewek cowok sama aja. #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Kenapa sih penting buat cewek cowok? Nah buat cewek kan pastinya akan menjadi calon ibu, atau sudah menjadi ibu. Dan buat kalian para cowok, kan nantinya jadi suami yang baik dan siaga, cieee #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Perlu di Catet nih, buat ibu yang sedang mengandung harus memperhatikan dan memenuhi asupan gizi anak dan dirinya sendiri. Sifatnya wajib! #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah disini pemerintah juga mempunyai peran yang cukup penting. Dalam mencegah stunting pemerintah melakukan berbagai cara nih, salah satunya memberikan Suplementasi Tablet Tambah Darah. Ini untuk para ibu hamil dan remaja putri. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/u74XiMjsho
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Betapa pentingnya Tablet Tambah Darah untuk ibu hamil. Tabel ini bisa mencegah untuk terkena anemia yang membahayakan kesehatan kandungan bagi ibu hamil. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/Qos1j6eEDP
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah cara lain yang dilakukan oleh pemerintah untuk menurunkan angka stunting yakni melakukan pembangunan di bidang infrastruktur untuk masyarakat. Sekali lagi pemerintah begitu peduli akan #PentingCegahStunting nih. pic.twitter.com/cp2dvPZa2Q
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Pembangunan infrastruktur sendiri diantaranya mencanangkan Sanitasi Berbasis Masyarakat, Sarana Penyediaan Air Minum, dan membangun tempat pembuangan sampah. #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Bukan hanya dalam bidang infrastruktur dan pemberian tablet untuk ibu hamil lho. Pemerintah juga melakukan imunisasi. Karena bayi membutuhkan imunisasi dasar lengkap sejak kelahiran. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/p4PSyHU6jR
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Apa buktinya kalau pemerintah benar-benar peduli? Mungkin inilah salah satunya, angka penderita stunting menurun dalam 5 tahun terakhir. Tapi saat ini pemerintah masih memberikan perhatian khusus. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/3kgy8QZ0ms
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Stunting sendiri dipengaruhi oleh rendahnya akses makanan dari jumlah maupun kualitas Gizi, serta sering pula tidak beragam. Kan ada tuh ya, yang makan tanpa sayur dan itu setiap hari. Harusnya beragam dan lebih bergizi ya guys. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/OclNkHr3dd
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah kalau dalam 4 tahun terakhir nih ya, tren stunting di Indonesia memang terus menurun. Alhamdulillah kan? Dan apa sih upaya yang dilakukan pemerintah? #PentingCegahStunting pic.twitter.com/tn7w3ERFkS
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Salah satu program yang dilakukan oleh pemerintah untuk mencegah dan menurunkan tren stunting adalah intervensi gizi. 1. Memperbaiki Gizi Ibu Hamil 2. Pemberian Asi Eksklusif hingga usia 2 tahun. 3. Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pendamping asi #PentingCegahStunting
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Apakah program pemerintah selalu mulus? Tentu itu sebuah hal yang mustahil, pemerintah juga sering menemui kendala dalam pelaksanaan programnya. Salah satunya contohnya di Jawa Barat nih. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/iRKXwsDuoI
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah kenapa #PentingCegahStunting? Karena dampak bagi anak-anak begitu terasa. Diantaranya daya tangkap yang berkurang, mudah sakit, kecerdasan juga melemah, fungsi tubuh tak seimbang, dan postur tubuh rendah. Ngeri bukan? #PentingCegahStunting pic.twitter.com/lumxn9mhTp
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Perlu dicatat juga nih, kalau stunting juga dipengaruhi oleh aspek perilaku, terutama pola asuh yang kurang baik dalam pemberian makanan pada bayi dan balita. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/Dtxvi0M38A
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Kapan sih stunting terjadi? Hal ini bisa terjadi saat ini ibu hamil mulai mengandung hingga anak usia 2 tahun (80% pembentukan otak terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan anak). #PentingCegahStunting pic.twitter.com/fCX0ezQsGf
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Nah lain lagi kalau di Jawa Timur. Kalau di Jawa Barat stunting mengalami peningkatan. Untuk Jawa Timur menurut Dinkes mengklaim bahwa Gizi Buruk dan Stunting mengalami penurunan. Alhamdulillah, #PentingCegahStunting pic.twitter.com/flUgxmWuN6
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Salah satu program lagi nih yang dilakukan oleh pemerintah dan ini diprakarsai oleh bapak @jokowi untuk mengurangi angka stunting di Indonesia yakni Padat Karya Tunai Desa Bidang Kesehatan. pic.twitter.com/xY1NdmXRMH
Expand pic
Bima Widjanata @bimawidjanata2
Pengembangan akses pangan untuk masyarakat juga dilakukan oleh pemerintah dalam berupaya menurunkan angka stunting. Kalau akses pangan lancar dan baik tentunya kebutuhan gizi masyarakat juga akan membaik kan? #PentingCegahStunting pic.twitter.com/iwuRcJDbUg
Expand pic
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.