0
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa

Trekkers | Nahdliyin | IT workers | Deutsche Vaterland | Railfans | Arek Mojokerto tapi uripe neng Bandung | Mclaren F1| BOBOTOH MATUH PERSIB !

Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Lagi duduk minum kopi di sebuah warkop kecil, dan ngobrol seseorang yg ternyata sama parkir yang menguasai beberapa lapak parkir di pinggir jalanan sekitar 2 kampus di Bandung. Ceritanya seru, dan membuat saya tercengang, bahwa ada usaha yg begitu mudah mengeruk duit.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
sebelum lanjut ceritanya, tolong kita samakan persepsi dulu, kalo lapak parkir yg bakal kita bahas ini bener2 lapak parkir pinggir jalan, di badan jalan, di samping trotoar, bukan parkir ala Sun Parkir, atau Metro Parking yg pake mesin, gate, karcis dan penjaga.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Ini pure lapak parkir "liar". Kenapa saya pakai kutip di kata liar? Nanti akan jelas alasannya di thread saya ini.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Jadi pas tadi malem saya pulang kantor, hujan mulai turun di Bandung, dan berhubung saya naik motor dan lupa bawa jas hujan, akhirnya melipirlah saya ke warung kopi (yang kebetulan langganan) di daerah simpang Dago. Sambil nunggu hujan reda memang paling enak ngopi Arabica, yes?
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Ketika saya tengah menikmati secangkir kopi hasil V60 sang barista amatiran di warung kopi itu yg sebenernya gak enak2 amat, masuklah seorang bapak dgn baju basah karena kehujanan. Tampangnya kayak dosen2 di ITB. Pakaian rapih, pake jaket ala Pak Jokowi, bawa tas, dan berkacamata
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
perawakannya kurus tinggi, muka bersih putih terawat dan berumur sekitar 50an. Beliau langsung duduk di depan saya, karena memang meja di warung itu cuma 2, dan meja satunya diisi cowok & cewek yg tampaknya baru aja pacaran, karena si cowok gak berenti2 ngegombalin si cewek.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
Begitu duduk di depan saya, dia langsung pesen kopi latte ke sang Barista. Dan tampaknya si Barista, sebut saja si Ben (ben cepet, saya gak tau namanya), sudah mengenal si Bapak itu dengan baik. "Malem Pak Jon, wah habis ujan2an nih?", begitu sapa si Ben pada si Bapak itu.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Wah langganan lama di sini Pak?" Tanya saya dengan niat basa tanpa basi. "Yah hampir tiap malem lah pulang kerja saya mampir sini dulu dek". Alhamdulillah saya disebut adek. Berarti dia pikir umur saya masih 20an. Yes?
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Baru pulang kerja pak?" tanya saya melanjutkan basa tanpa basi tadi. "Iya dek, baru banget selesai jam 7 tadi. (maksudnya jam 7 malem). "Dosen ya Pak?" tanya saya sambil setengah menebak, sambil melirik tas besar ala dosen dan tas laptop yang dia simpan di bangku sebelahnya.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Betul dek, saya dosen" jawab bapak itu sambil tertawa. "Di mana pak? ITB? Unpad?" Tanya saya lebih lanjut. "Di ITB dan Unisba, dek. Dua universitas saya pegang" jawab si Bapak tadi sambil tertawa dan menyalakan rokok yg keliatan seperti cigarilos.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Wah hebat pak, dosen di 2 PT sekaligus" jurusan apa Pak?" Tanya saya lagi sambil mengingat2 jurusan apa di ITB dan di Unisba yg sama. Si Bapak tadi malah tertawa. "Jurusan parkir, dek". Saya insinyur Teknik Perpakiran" jawab dia sambil tertawa. Dan si Ben barista ikut tertawa.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Ah yang bener, Pak? Becanda aja ah si Bapak" jawab saya gak percaya. "Lho beneran dek, tanya aja sama si Oham kalo gak percaya" jawab si Bapak tadi sambil menunjuk si Ben sang Barista. Oke, berarti nama si Ben itu aslinya si Oham. Tapi saya akan tetep nyebut Ben. Biar pendek aja
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Wah dosen teknik perpakiran gimana pak? Jurusan baru di ITB?" dengan polosnya saya bertanya gitu pada si Bapak. Si Bapak tertawa lagi, kemudian sambil menyeruput kopi latte nya yang baru diantarkan anak buah si Ben, dia menjawab "Saya bukan dosen dek, tapi yg markirin di ITB"
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Ah jangan becanda pak ah, udah malem. Mana ada tukang parkir gaya begini kayak dosen plus bawa laptop?" jawah saya sambil pasang tampang tidak percaya. Ya iyalah, masak tampang muka lapar. Gak nyambung dong sama pertanyaannya nanti.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Sumpah dek. Saya yang ngurus parkiran motor dan mobil di sepanjang jalan Ganesha di ITB, sama di Tamansari Bawah depan Unisba". Jawab dia sambil mengeluarkan laptop. Anjirr laptopnya Asus yg Ultra slim euy... 😭😭😭
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Parkiran yang di dalem kampus pak?" tanya saya lagi, masih berpikir kalo si Bapak yang bolak balik dipanggil Bang Jon sama si Ben Oham sang Barista adalah minimal pegawai di ITB dan Unisba, andai bukan dosen.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Wah bukaaan dek, bukan. Saya ngurus parkiran yang di luar kampus. Yang di pinggir jalan. Udah hampir 20 tahun saya yang urus perpakira di Jl. Ganesha sama Tamansari bawah." Wow, 20 tahun? Tukang Parkir senior nih!"
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Ya begitulah, selama 20 tahun saya udah banyak makan asam garam di jalanan Ganesha dan Taman Sari. Anak buah udah gak keitung, Gonta ganti berapa ratus kali. Ada yg pindah tempat, kerja lain, mati dikeroyok orang, dll" Anjir... mati dikeroyok orang??? 😱😱😱
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Pokoknya dunia perpakiran itu gak sesimpel narikin uang parkir recehan lecek 1000-2000 terus selesai. Ada banyak hal2 yang berkaitan dengan bisnis perpakiran ini, dan bisnis ini berhubungan dan menghidupi banyak orang". Oke, saya langsung inget Kang Bahar dan Kang Mus.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Kalo bapak yang mengurus dan punya anak buah, berarti Bapak bossnya dong?" tanya saya. Stupid question. For sure. 😪 "Bukan boss lah, dek. Saya cuma bantu mengkoordinir aja, biar gak ada yg ribut dan mati lagi hanya gara2 rebutan lahan parkir" jawab Pak Jon.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Beneran sampe ada yang mati pak hanya gegara lahan parkir? Kok bisa pak?" Tanya saya lagi sambil beneran pasang tampang bingung. "Wah jangan ditanya dek. Lahan parkir jalanan itu lahan basah, banyak orang sangat ingin menguasai parkir di sekitar ITB dan Unisba" jawab Pak Jon.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Adek tau kenapa kira2 kok banyak yang minat?" tanya si Pak Jon pada saya dengan mimik serius. "Gak tau saya pak, saya belom pernah berkecimpung di dunia perparkiran, Pak" jawab saya.
Bobotoh Jebred Mas Pur @rasjawa
"Wah masak gak tau dek? Jelas duit lah yang bikin orang pada rebutan tempat parkir di ITB dan Unisba. Emang kalo bukan duit terus apa?" tanya dia balik sambil memandang saya dengan aneh. Mungkin dia mikir "Ni orang bloon amat yak?"
Load Remaining (29)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.