Chirpstory will close the service later this year. At the end of September, you will not be able to post stories or comments.
Created on App

Miris, Netizen Temukan Sampah Kemasan Mie Instan Berumur 19 Tahun Bukti Sampah Plastik Awet Tak Terurai Hingga Ratusan Tahun

Ini cuma satu dari banyaknya sampah plastik
0
fia @selfeeani

Agustus nanti indonesia akan berumur 74 tahun. Namun, pagi ini saya menemukan bungkus indomie yang bertuliskan dirgahayu indonesia ke-55. Saya merenung sejenak karena perbedaannya 19 tahun jadi bungkus ini terombang ambing di laut sampai hanyut ke bibir pantai selama 19 tahun😔 pic.twitter.com/R33vIhyxCQ

07/04/2019 10:15:11 WIB
Expand pic
nads 🌻 @ailuropile

@selfeeani Jadi sedih... limbah di laut pasti banyak banget wong ini yang dah 19 tahun aja masih terpelihara 😭

07/04/2019 11:43:50 WIB
dodi @Dhoddy_MCR

@selfeeani Jir 19 taun, kalo begituan baru nemu satu. La yang belon ketemu dilaut satu dusun kali ada.

07/04/2019 11:51:05 WIB
fia @selfeeani

@ailuropile Iya sebanyak itu, ini yg aku temuin juga ada sedotan plastik, bungkua ciki2 sampe filter rokok lho :(

07/04/2019 12:09:33 WIB
fia @selfeeani

@Dhoddy_MCR Lebih banyak lagi. Bahkan yang udah terurai dan jadi ukuran lebih kecil misal mikroplastik itu di sedimen terakumulasinya lumayan juga lho...

07/04/2019 12:11:46 WIB
𝓑𝓵𝔂𝓽𝓱𝓮 @pszichokalipszi

@selfeeani 19 tahuun gila yah dari aku lahir sampe skrg ga berubah bentuk bahkan tulisannya masi kecetak jelas. Serem banget ini sampah plastik

07/04/2019 12:20:28 WIB
dafinrs @dafinrs

@selfeeani @Dhoddy_MCR biasanya emang berapa tahun klo sampai benar2 terurai ?

07/04/2019 12:54:02 WIB
fia @selfeeani

@dafinrs @Dhoddy_MCR Tiap plastik bisa beda2 mas. Kasarannya sih ratusan tahun. Itu pun bentuknya berubah dulu dari yang awalnyabutuh sampe ukuran mikro bahkan nano

07/04/2019 14:00:41 WIB
I'm lactose tolerant @S_Purwadi

@selfeeani Tahun 2018 lalu ada yang nemu sampah bekas shampoo sachet dari tahun 80-an. Kalau dihitung usianya sudah lebih dari 30 tahun. Terombang-ambing di dasar laut selama itu tidak akan membuatnya terurai. pic.twitter.com/H2ji3AxJvB

07/04/2019 14:13:21 WIB
Expand pic
fia @selfeeani

@S_Purwadi Iya paham kok memang tweet tadi cuman mau bilang nemuin sampah yang berumur 19 tahun. Plastik memang susah terurai. Sekalipun terurai ya berubah dulu ukurannya tapi tetap ada di lingkungan😔

07/04/2019 14:15:21 WIB
fia @selfeeani

@dafinrs @Dhoddy_MCR Baru nyadar typo Harusnya "Yang awalnya besar sampe"

07/04/2019 14:19:22 WIB
I'm lactose tolerant @S_Purwadi

@selfeeani Iya ga papa, bagus kok. Tweet yang begini justru bisa bikin orang2 sadar lingkungan, bijak dalam menggunakan, memilih & memilah sampah. Jangan mikir yang aneh2 ya.. Keep posting... :)

07/04/2019 14:22:08 WIB
dafinrs @dafinrs

@selfeeani @Dhoddy_MCR nah apa tiap plastik itu punya durasi waktu terurainya sama ? apa tiap plastik punya jenis kandungan beda-beda ? soalnya kan yang kita tau sekarang ada plastik yang bisa cepet terurai 'menurut tulisan disalah satu plastik di supermarket'

07/04/2019 14:38:07 WIB
Rose M. @RoseM56040544

@selfeeani @susipudjiastuti masa daur ulang secara alami plastik di laut antara 450 s.d. 1000 tahun ... selain plastik, maraknya penggunaan sterofoam yg diyakini 2 s.d. 3 kali lebih lama masa daur ulang alami dr plastik ... kaca dipastikan tidak dapat terdaur ulang secara alami

07/04/2019 17:54:27 WIB
Bella - Free ongkir shopee💕 @ohstrawberrx

@alexzandrahere @selfeeani Dan seramnya ini masih satu dari jutaan sampah plastik yang ada disekitar kita😭😭😭 Lihat tweet dibawah, banyak yang nemuin sampah serupa yang sudah lama

07/04/2019 18:09:12 WIB
fia @selfeeani

@amazingoen Oh hello ! Are you from vietnam? So today I went to Sendang Biru beach to get water and sediment samples for my reasearch. I did beach cleaning too and I found that noodle package. I was shock because the words said it was from 19 years ago 😔

07/04/2019 19:07:12 WIB
fia @selfeeani

@dafinrs @Dhoddy_MCR Beda beda kok jenisnya. Mungkin foto berikut biaa sedikit membantu? Karena tingkat ketebalannya berbeda maka waktu terurainya pun berbeda juga pic.twitter.com/C4S5eVCg5G

07/04/2019 19:10:58 WIB
Expand pic
fia @selfeeani

@RoseM56040544 @susipudjiastuti Terima kasih atas info yang sangat bermanfaat kak 😆

07/04/2019 19:12:39 WIB
𝓑𝓵𝔂𝓽𝓱𝓮 @pszichokalipszi

@ohstrawberrx @selfeeani Iya miris banget, mana di indonesia sistem daur ulang sampah plaatik masih sangat minim padahal tiap hari ada jutaan ton sampah yg terbuang.

07/04/2019 20:34:35 WIB
oen in broketown 🥲 @meideix2

@selfeeani Wow thanks for noticing my comment. Its kinda sad to see this image to be honest :(

07/04/2019 20:59:29 WIB
fia @selfeeani

@amazingoen Yeah I'm glad I saw your tweet when diving into my mentab😂 It is sad and scary at the same time. We really need to change our habit from using plastics...

07/04/2019 21:23:25 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!