"Kadang Mahasiswa Diajak ke Hotel oleh Dosen Pembimbing" Sisi Gelap Bimbingan Skripsi/Tesis Mahasiswa

sangat mengerikan dan tidak bermoral
2
Orange Phoenix @phoerange

Gw menerima DM ini dari mantan mahasiswa yg baru saja yudisium (yuk ucapkan selamat buat dia). Dalam kasus-kasus seperti ini, memang harus ada bantuan bahkan tekanan dari luar. Nggak jarang kampus pura2 nggak tau atau membiarkan. Padahal sudah tindakan tercela. pic.twitter.com/2O80a9Z1hu

05/04/2019 20:19:46 WIB
Expand pic
Expand pic
Orange Phoenix @phoerange

Dan dalam kasus seperti ini, dosen wali akademik harusnya memegang peranan penting. Wali akademik nggak harus perhatian lebay, tapi dia harus bisa jadi safe place tempat mahasiswa membuka diri. Dan dia yg harus bisa membawa masalah ini ke forum.

05/04/2019 20:20:59 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Sayang, kadang feodalisme kampus bikin dosen2 diam. Takut dijegal kenaikan pangkat/jabatan fungsional (oh, this happens a lot). Takut nggak diajak riset bareng, dan sejenis. Padahal dalam kasus kayak gini lah mahasiswa harus didampingi dan dibela.

05/04/2019 20:21:53 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Termasuk kalau kasusnya dosen pembimbing skripsi ngeyelan. Maunya hasil sempurna (krn buat publikasi dia) dan parameter uji seIndonesia Raya. Mahasiswa bisa (dan harus) cerita ke dosen wali supaya bisa dibahas di rapat jurusan. Jurusan bisa memveto dosen pembimbing

05/04/2019 20:23:40 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Karena ada batasan tingkat kedalaman penelitian jenjang sarjana, magister, dan doktoral. Jangan mahasiswa sarjana dikasih penelitian kayak doktoral.

05/04/2019 20:24:35 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Ada kan dosen-dosen model begini. Termasuk yg gila hormat (padahal kelakuan dia naujubile kagak pantas dikasih hormat). When it comes to problems in academia, it goes both directions. The student and the lecturer.

05/04/2019 20:25:59 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Kalau gw ngomel2 soal mahasiswa, yg gw omelin adalah ketiadaan common sense atau standar minimal adab. Padahal usia mereka sudah dewasa, masa gitu aja harus diajar? Masa harus direpetin kayak ke anak kecil?

05/04/2019 20:28:03 WIB
Orange Phoenix @phoerange

Dan ada saat2 gw juga ngomel soal dosen. Model dosen minta mahasiswa datang tepat waktu dianya ngaret. Minta mahasiswa bersih tapi habis ngajar dia nggak menghapus papan tulis bekas tulisan dia. Yg nyuruh mahasiswa nunggu tanpa kejelasan waktu. Guru kencing berdiri, murid....?

05/04/2019 20:29:50 WIB
#AntiPolitisiBusuk @SiRajaNabarat17

@phoerange @cilorconnoistre Sejak kapan suara mahasiswa didengar kampus?padahal pejabat2 kampus itu dulu adalah mahasiswa di situ, malahumgkin sj dulu mengalami penindasan yg sama. Tp gt menjabat, mereka jd penindas baru

05/04/2019 23:10:49 WIB
Orange Phoenix @phoerange

@HutabaratLee @cilorconnoistre Tergantung kampus dan kasus sih. Tapi memang feodalisme kampus melekat di seluruh civitas academica.

05/04/2019 23:15:38 WIB
Muzaki @muzakimam

@phoerange Kampusku juga banyak cerita kaya gini bang haha.

05/04/2019 23:37:25 WIB
Muzaki @muzakimam

@phoerange Dan ada 1 mahasiswi yg aku kenal di genitin, mau speak up susah karna udh pasti nilainya dibikin jelek sm dosen tadi.

05/04/2019 23:40:39 WIB
Orange Phoenix @phoerange

@muzakimam Jaga diri (jarak dan keamanan) pokoknya. Kalau gak bisa dilawan sekarang, mudah-mudahan nanti bisa. Berat emang kalau udah main nilai gitu.

05/04/2019 23:43:08 WIB
Muzaki @muzakimam

@phoerange Tapi beruntungnya sekr jurusan orngnya baik, so bisa sdkit kbantu.

05/04/2019 23:47:06 WIB
Nda. @mutiananda__

@phoerange @DiajengLrst Adekku cewek dapet dosbing genit. Sampe dia gak berani bimbingan dan pulang ke rumah. Aku tanya kenapa? Katanya kalo bimbingan, dosennya suka banget nyuruh privat yg mahasiswi harus sendirian dan suka megang tangan. Adekku takut dan aku suruh lapor ke kajur tp ternyata sama aja.

06/04/2019 13:28:03 WIB
Nda. @mutiananda__

@phoerange @DiajengLrst Tadinya udah pengen aku yg ke kampus buat laporan, tp alhamdulillahnya adekku dapet keberanian untuk bersikap tegas sama dosbing dan akhirnya selese juga. Bahkan diakhir minta tanda tangan untuk pengesahan si dosbing sempet ngajak jalan. Sungguh ironis ada orang2 seperti itu.

06/04/2019 13:30:24 WIB
Nda. @mutiananda__

@DiajengLrst @phoerange Iya kayas. Sampe nangis dia waktu itu karna gak selese2 skripsinya dan bingung karna ketika speak up ke jurusan gak ada yg bantu. Malah diketawain. Konon, dosen satu itu emang hobi banget genit sama mahasiswi, apalagi yang menarik menurut dia.

06/04/2019 13:41:34 WIB
Hyun-ah🌼 @zaliza_hyuna

@phoerange @mutiananda__ @DiajengLrst Ada lagi dospem temenku perempuan, yg bimbingan sama dia gak boleh lebih cantik. Temenku ini cantik, modis juga anaknya tiap bimbingan kayak baru bangun tidur aja tuh dia, baju lusuh, ga bedakan, pokoknya kayak hidupnya runyam bgtlah pas skripsi.

06/04/2019 14:01:01 WIB

Comment

No comments yet. Write yours!