0
Septia. @milktiaa
AKU ANAK SASTRA DAN AKU BANGGA❣ SEGORES KISAHKU UNTUK KALIAN YANG MINAT MASUK JURUSAN SASTRA/BAHASA . . - Sebuah Thread -
Septia. @milktiaa
Beberapa orang masih ada yg underestimate sama jurusan sastra/bahasa. Waktu SMA pun kita dikotak kotakkan, IPA, IPS, dan Bahasa. Anak IPA terkesan agung, karna dianggap pintar. Kadang IPA meremehkan IPS, padahal IPS ga kalah susah pelajarannya. Bahasa? Terkadang dianggap buangan
Septia. @milktiaa
Begitupun saat kuliah. Masih banyak di luar sana yang punya mindset kalau jurusan sastra/bahasa itu bukan jurusan yang bergengsi, bukan jurusan yang pantas untuk diperjuangin, bukan jurusan yg pantas untuk dibanggain. Tapi aku sebagai yang pernah menjalaninya, bangga2 aja tuh. ✌
Septia. @milktiaa
Cerita dulu sedikit, waktu SMA aku ambil jurusan IPA, karna di sekolahku dulu ga ada jurusan Bahasa. Di zamanku, peminatan baru dimulai dr kelas 11 ya bkn dari awal masuk SMA, aku masuk IPA krn suka kimia dulu wkwk eh pas di akhir aku menyadari bahwaku lebih mencintai bahasa
Septia. @milktiaa
By the way, kenapa akhirnya aku milih sastra? Jadi aku tuh suka banget nulis, bikin puisi, terus gatau kenapa jatuh cinta aja gitu sama sastra. Aku ga ada niatan untuk masuk jurusan yang berbau eksak lagi. Jadi aku memutuskan untuk memilih sastra. Lebih tepatnya Sastra Indonesia
Septia. @milktiaa
Kalau ditanya kenapa Sastra/bahasa Indonesia? Kan tiap hari juga ngomong bahasa Indonesia. Apa lagi yang musti dipelajarin? Yang ngomong gitu sini tak jejeli KBBI JILID 5, Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis! Sintaksis susahnya luar biasa loh :")
Septia. @milktiaa
Sastra Indonesia itu ga semudah yg kalian pikirin. Menurutku tiap pelajaran punya tingkat kesulitannya masing2, jd ga bisa diremehin. Tp di dunia yg tak adil ini kadang beranggapan kalau bisa ilmu eksak itu pinter tp yg pinter bahasa dianggep b aja. Di situlah aku merasa sakit :"
Septia. @milktiaa
Oh iya ada bbrp hal yang harus kamu tahu/hadapi sebelum masuk sastra/bahasa. Terutama pertanyaan yang udah jadi makanan sehari hari bagi kami anak jurusan sastra, "nanti kalo udah lulus mau jadi apa?", "kerjanya di mana?", "masuk sastra mau jadi pujangga?" HAHAHA
Septia. @milktiaa
KENAPA KALIAN YANG REPOT SIH, REJEKI JUGA UDH ADA YG NGATUR&JURUSAN SASTRA ITU BISA DAPET KERJA JUGA. BISA JADI GURU, AHLI BAHASA, REPORTER/JURNALIS, PENULIS KONTEN, EDITOR, PNS, KALAU MAU JADI PRESIDEN JUGA BISA (KALAU MAU YA) ASAL KITA MAU USAHA DAN DOA, GA ADA YANG GA MUNGKIN
Septia. @milktiaa
Maap capslock✌ Nah kalau kamu sudah bisa menjawab pertanyaan/nyinyiran orang tentang jurusan sastra. Berarti kamu memang bertekad untuk masuk jurusan sastra, dan passion-mu itu tidak salah, sobat! Kita berhak melakukan/memilih yang kita mau selagi itu baik.
Septia. @milktiaa
Dan sekarang saatnya kuperkenalkan kalian pada jurusan Sastra, khususnya Sastra Indonesia ya.. tapi sastra lain pun ga jauh beda kok. Kayak di sastra Inggris, matkulnya ga jauh beda sama sastra Indonesia, yang beda bahasanya aja..
Septia. @milktiaa
Pertama, apa sih yang harus disiapkan kalau mau masuk jurusan Sastra? Jawabannya ya tekad dulu, terus kalo zamanku dulu Sastra masuknya ranah soshum, jadi kalau sbm ambilnya soshum.
Septia. @milktiaa
Kedua, apa aja sih yang dipelajari di Sastra Indonesia itu? Kalau di sastra Indonesia, sebenarnya Sastra apapun sih, pasti belajar yang namanya linguistik umum, fonologi, morfologi, semantik, sintaksis, dsb.
Septia. @milktiaa
Belum pernah denger sebelumnya? Sama. Haha. Aku pertama kali tau begituan setelah masuk sastra kok, karna pas sekolah kita ga diajarin begituan, lebih sering disuruh nyari gagasan utama/ide pokok dan soal macem koran sampe berlembar lembar, ya kan? 😂
Septia. @milktiaa
Ketiga, terus apalagi yang dipelajarin? Kok kayanya susah ya? Jangan khawatir, susah dan mudah tergantung kitanya, kalau niat belajar pasti bisa. Oh iya jangan khawatir, Sastra Indonesia itu menyenangkan kok. Kalian suka puisi? Di Sastra Indo kita akn belajar puisi lebih dalam.
Septia. @milktiaa
Kalian suka teater/drama? Nah sastra Indo tempat yg tepat untuk kalian. Kita akan diajari tentang teater, dr teori sampai pementasannya. Pokoknya keren deh, yg ga akan pernah ku lupain waktu pentas teater soalnya. :") bener2 nyatuin kekompakkan tiap kelas&kreativitas tanpa batas.
Septia. @milktiaa
Keempat, kalian suka nulis? Edit naskah, dll yg berhubungan soal kepenulisan? Kalian akan diajarin juga di jurusan ini. Sedikit cerita lagi, dulu aku magang di salah satu media cetak jd editor&kalau beruntung kalian bisa dibayar/setidaknya punya link nanti untuk lamar kerjaan
Septia. @milktiaa
Kelima, suka public speaking? Pinter ngomong? Nah di jurusan ini kita jg diajarin untuk bisa tampil percaya diri. Gimana engga? Kalian akan belajar bagaimana caranya menjadi pewara/mc yang baik, kalian akan diajarkan stand up comedy (ini pelajaran pragmatik)
Septia. @milktiaa
Lalu, kita diajarkan menjadi aktor yang baik (matkul apresiasi drama), dan mewawancarai tokoh terkenal (modal untuk kalian yang ingin jadi reporter).
Septia. @milktiaa
Cerita lagi ya, ini pengalamanku. Dulu aku tuh pemalu parah orangnya, ga berani ngomong di depan orang banyak, malah kadang suka gemeteran karna nervous parah:( tapi semenjak masuk jurusan Sastra Indonesia, keberanianku dan kepercayaan diriku mulai meningkat.
Septia. @milktiaa
Yang tadinya ga berani ngomong di depan orang banyak jadi pede banget, yang tadinya pemalu sekarang jadi malu maluin:( sangking demen bangetnya ngomong sekarang tuh, in positive way ya😂
Septia. @milktiaa
Lanjut ya yang keenam, kalian akan belajar soal kepenulisan lebih dalam. PUEBI (gantinya EYD) kalian bakal khatam deh, jadi bikin penulisan kalian lebih bagus, lebih estetik juga karna sering bermain/mengolah kata kata.
Septia. @milktiaa
Untuk skripsi, jangan khawatir! Objek kalian banyak dan menarik, bisa dari novel, film, lagu, puisi, koran, majalah, dll. Pokoknya bisa pakai objek dari sesuatu yang entertain, jadi ngerjain skripsinya lebih menyenangkan. Ya ga juga sih, tetep susah skripsi tuh😂
Septia. @milktiaa
Dulu aku pakai film sebagai objek skripsinya, ya lumayanlah. Susah susah gampang, tapi ya menurutku seru aja skripsian sambil ngulik film😅
Septia. @milktiaa
Nah sepertinya segitu dulu. Terlalu banyak hal2 yang indah zaman kuliahku di Sastra Indonesia dulu. Apalagi ketemu sama temen yang satu frekuensi, duh bikin gamau pisah. Tapi apa daya sekarang udah pisah, karna aku sudah lulus/sarjana.
Load Remaining (17)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.