0
Mas M Adiq @metuomahCom
Bismillah, hae manteman.. jumpa lagi dengan massy di sini.. eh bukan.. dengan masmin imut yang ingin ngasih info kesehatan di hari terakhir bulan Maret 2019.. yeee... simak ya. #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Beberapa waktu lalu kan masmin pernah beri informasi mengenai stunting. Masih ada kok catatannya, yang mau nyimmak lagi silakan di chirpstory.com/li/418804. Kalo males klik, simak twit masmin ini ya.. insya Allah paham :) #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Masmin suka banget ngasih definisi2 dulu kayak catatan gitu, karena itu yang biasa masmin lakukan untuk mempermudah belajar. Selanjutnya, baru deh penjelasan2nya.. setuju ya? *setujuuuuu #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Stunting adalah masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama. Yang menyebabkan gangguan pertumbuhan. Salah satu contohnya adalah anak lebih pendek dari rata-rata anak di satu tempat. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/DhCZFSx821
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Selain contoh tersebut, ada juga kecerdasan melemah, daya tangkap anak berkurang, fungsi tubuh tidak seimbang, mudah sakit, dan postur rendah. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/JltAQFXvEF
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Di sekolah, si anak cenderung lambat. Tidak kreatif, tidak produktif, bisa juga masuk ranking 1 kelas... dari bawah. Menyedihkan bukan? #PentingCegahStunting pic.twitter.com/gr2FmfVK2x
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Latar belakang bisa terjadi stunting dari mana sih? Tentu saja dimulai saat ibu mengandung, yang tidak mendapatkan gizi dan akses kebersihan yang memadai. #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Setidaknya, jika bumil rutin memeriksakan kesehatan ke akses kesehatan ada kontrol dan arahan dari petugas kesehatan untuk selalu menjaga keseimbangan gizi. Tablet tambah darah diberikan gratis bagi bumil, untuk mencegah anemia. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/jN3FZnhfNM
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Warga yang tinggal di daerah kumuh ataupun jauh dari fasilitas kesehatan, kebanyakan tidak terlalu memperhatikan kesehatan diri, calon anak, dan anak. Generasi yang berasal dari mereka beresiko terkena stunting. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/ROJykihaT2
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pola asuh kurang baik juga jadi penyebab stunting lho, contohnya aja batita dikasih minum kopi atau soda gembira. Tiap hari diberi makan mie instan. Wadawww... bahaya iniii.. kasihanilah batita itu, dia berhak mendapatkan gizi seimbang dan asuhan yang layak. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/yY1MnhZio1
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Lalu bagaimana mencegah stunting? Upaya apa saja yang dilakukan pemerintah dalam hal ini kementerian kesehaan? Pemerintah terus berupaya menurunkan angka stunting dengan program nasional pencegahan stunting. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/ajtkKmDJWI
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Hasilnya alhamdulillah angka stunting mengalami penurunan, meskipun tidak bisa dipungkiri masih ada kejadian stunting di beberapa tempat. Negara kita luas bingit manteman, sungguh berat bisa mengiinjakkan kaki di semua tempat. #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Menteri kesehatan RI Nila Moeloek menyatakan bahwa ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam upaya mencegah stunting yaitu perbaikan pola makan, pola asuh, dan perbaikan sanitasi serta akses air bersih. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/Ni06c1xfRU
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah memberikan suplemen tablet tambah darah (TTD) kepada ibu hamil merupakan satu contoh pencegahan stunting. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/Tv6adTCxrZ
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Jangan salah persepsi ya, imunisasi juga satu bentuk pencegahan stunting lho, selain penyakit mematikan dan pembawa cacat seumur hidup. Imunisasi wajib diberikan kepada balita untuk menjamin masa depannya. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/YkW281qBr6
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) menjadi prioritas pemerintah, terutama untuk daerah yang memiliki angka stunting tinggi. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/laji0dwO20
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Mengembangkan program akses pangan untuk masyarakat juga bertujuan untuk pencegahan stunting lho manteman.. dengan mudahnya akses maka masyarakat lebih mudah mendapatkan pangan bergizi dan lebih murah. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/d0rayZ43wV
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Masmin beberapa waktu lalu menyusuri sedikit pemukiman di Code, di sana dibangun toilet umum, agar warga bisa membuang hajat pada tempatnya. Masmin ingat waktu kecil, sungai dekat rumah diberi cekungan bisa turun ke bawah untuk mekong. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/x5zTUKkI5d
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Presiden Jokowi memprakarsai Padat Karya Tunai Desa Bidang Kesehatan, dimana program ini mengutamakan sumber daya, tenaga kerja, dan teknologi lokal desa; untuk menangani masalah stunting. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/wtHuDVJmwe
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Beneran loh, stunting itu jadi ancaman bagi bangsa Indonesia jika penderitanya terus bertambah. Bangsa kita jadi sulit bersaing dengan bangsa lain. Pemerintah terus berupaya menekan jumlah stunting. Berhasilkah? #PentingCegahStunting pic.twitter.com/JMNHhl23cj
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Tahun kemarin, pemerintah telah melakukan pencegahan stunting yang fokus pada 1.000 desa di 100 kabupaten dan kota. Tahun 2019 ini ditambah lagi 600 desa di 60 kabupaten dan kota. 3 kelompok program pencegahan stunting: pola makan, pola asuh, & sanitasi. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/cdKDymroWR
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Beberapa kali survey telah menyebutkan angka stunting dan gizi buruk terus menurun dari tahun ke tahun. Seperti di kabupaten Langkat Sumut ini, tahun 2013 angka stunting mencapai 55,3% tapi di tahun 2018 hanya 23,3%. #PentingCegahStunting pic.twitter.com/qAdcflHPKj
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2018 dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) Kemenkes. Riset terakhir tahun 2018 angka stunting dari 37,2% (Riskesdas 2013) menjadi 30,8% (Riskesdas 2018). #PentingCegahStunting pic.twitter.com/TdbnMUuSxL
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Meskipun persentasenya 30,8%, itu termasuk tinggi menurut standar WHO. WHO menetapkan minimal kasus stunting di 1 negara hanya 20%. Usaha terus dilakukan pemerintah dengan strategi baru mempercepat hilangnya stunting di Indonesia. #PentingCegahStunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Untuk mencapai target menuntaskan masalah stunting, Kemenkes melakukan upaya preventif dan promotif. Salah satu upaya promotif mungkin seperti yang masmin lakukan ini ya, mengkampanyekan sadar bahaya stunting. #PentingCegahStunting
Load Remaining (6)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.