2
Lini Zurlia @Lini_ZQ

an indonesian Queer Feminist Activist🏳️‍🌈

Lini Zurlia @Lini_ZQ
Hampir semua pertanyaan di interaksi thread ini adl: mgp sya tdk memilih yg sedikit lebih baik dri ke-2?Mana mungkin ada yg sempurna? Hingga ejekan ttg apatis, caper, bodoh dan hal parah lainnya😭 Tpi knp kok tdk ada yg tanya knp bisa kita cuma dihadapakan pd 2 calon yang...🙄
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Nah soal pilihan yg terbatas ini, sya hendak sarikan dr rilis pers bertajuk Golput Bukan Pidana pd bulan lalu bersama2 dg kelompok masyarakat lainnya. Ingat ya bukan deklrasi GOLPUT tapi siaran pers menyoal Golput itu pilihan, hak dan dijamin oleh UU serta bukan tindakan pidana.
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Cuma mo ngingetin klo pilihan calon presiden yg terbatas bukanlah tjdi secara alamiah, melainkan didesain dan dibentuk sedemikian rupa. Hal ini dapat dilihat dari kondisi-kondisi dalam sistem politik kita Biar kmu ga ngedumeli aku lagi sambil bilang ‘ga ada yg sempurna mbak’🙄
Lini Zurlia @Lini_ZQ
kira2 inilah kondisinya: 1. Syarat terbentuknya partai yang dipaksakan nasional, sehingga hanya partai-partai modal besar yang dapat ikut pemilu dan sistem politik kita menutup adanya partai lokal, kecuali di Aceh yang memiliki Otonomi Khusus. #SayaGolput
Lini Zurlia @Lini_ZQ
2. Dalam sistem partai modal besar itu, masih ada sistem presidential threshold, di mana seseorang hanya bisa dicalonkan sebagai presiden jika didukung 20 persen dari jumlah kursi di DPR atau 25 persen suara nasional. Cont...
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Jadi meski sebuah partai politik telah lolos verifikasi nasional dengan syarat yang berat dan berbiaya mahal, telah punya kursi di DPR, tapi tidak dapat serta merta mencalonkan siapapun sebagai Presiden Republik Indonesia. Cont...
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Syarat yg berat u/ mengajukan calon presiden ini, memaksa sesama partai modal besar, bergabung mjdi kekuatan modal yg lebih besar agar dapat mencalonkan seseorang sebagai presiden. Cont...
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Padahal, pengalaman memiliki presiden secara langsung selama tiga kali sejak 2004, menunjukkan bahwa calon yang diinginkan masyarakat umum bisa berbeda dengan calon-calon yang dikehendaki para kumpulan partai modal besar ini.
Lini Zurlia @Lini_ZQ
3. Aroma oligarki para elit ini semakin dikunci dengan tidak ada peluang mengajukan calon presiden independen. Padahal, masih dalam sistem NKRI yang sama, gubernur, bupati, atau walikota dapat dicalonkan dari jalur independen.
Lini Zurlia @Lini_ZQ
4. Pdhl sistem rekrutmen pejabat publik lewat mesin2 partai modal besar bsm para sponsornya (oligarki) tdk selalu menjamin hasil yg baik. Dlm 13th terakhir, tdp 392 kepala daerah yg tersangkut kasus korupsi, sebagian besar dipastikan adl pejabat yg diusung lewat partai2 politik
Lini Zurlia @Lini_ZQ
5. Dengan sistem politik yang oligarkis dan tertutup seperti ini pun, kedua capres dan cawapres saat ini sama-sama terjebak dalam politik identitas yang menggunakan simbol-simbol agama tertentu semata-mata untuk meraih dukungan.
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Dlm situasi ketiadaan pilihan krn capres-cawapres hanya dapat diusulkan partai politik yg hanya dapat dibentuk jika memiliki modal besar, lalu keduanya tak mewakili banyak aspirasi yang ingin melihat Indonesia bebas dari politisasi agama, maka.. Disitulah @SayaGolput2019 muncul
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Ini baru alasan dari bagaimana desain sistem pemilu kita yg ya gitu lah pokoknya..... Sehingga kita melulu dihadapkan dg calon yg ‘pilihlah yg sedikit lbh baik mbak’... Belum lgi alasan soal bagaimana individu2 capres-cawapresnya ya ini😉
Lini Zurlia @Lini_ZQ
Sekian dulu ya... Abis ini kita lanjut soal apakah golput dan kampanye golput tindakan terorisme atau melawan hukum...? Soalnya banyak yg nyolekin pakwir sma humaspolri😬 Lalu kita akan diskusi soal, solusinya gimna dong...?? Diskusi aja ya kita, plis jgn mengancam🙏🏼🙏🏼
Lini Zurlia @Lini_ZQ
@budi_achiwz @rafikeey @fanialsiregar Iya benar sya pernah mengisi LKI namun diberhentikan di tengah sesi sebab para MOT merasa sya tdk laiak menjadi pemateri karena tdk berjilbab Oya, sila baca ini sbgi tambahan alasan GOLPUT m.facebook.com/story.php?stor… dlm tulisan ini kmu akan temui pengorbanan keluarga lain Tabik🙏🏼
Panggil Saja @_aciw_
@Lini_ZQ @rafikeey @fanialsiregar Tulisannya bagus ka, tapi saya sadar apa yg disebut hak dan kewajiban. Saya berhak menuntut pemerintah apabila telah melaksanakan kewajiban memilih, kalau saya tidak memilih berarti saya tidak punya hak untuk menuntut. Hemat saya, golput itu egois🙏
Lini Zurlia @Lini_ZQ
@budi_achiwz @rafikeey @fanialsiregar Eh gimana gimana...?? Kontrak negara pada warga negaranya dijamin dalam konstitusi bukan dalam surat suara lagi pula memilih untuk tdk memilih keduanya adlh pilihan yg juga dijamin dlm UU Oh satu lgi GOLPUT adlh Protest Vote bukan Non Voting Behavior.
mahira @rafikeey
@Lini_ZQ @fanialsiregar Demi Allah sakit hati. kasian penyelenggaranya juga udah susah payah dari ngurus dpt, bimtek, sosialisasi tiap malem, nyiapin logistik. Sedih banget kalo masih ada yg golput. Maunya apa sih?!! Sumpah nanya beneran ini😭 Bapak sy tiap hari pulang malem demi ngurus kpu😭😭😭
Panggil Saja @_aciw_
@rafikeey @Lini_ZQ @fanialsiregar Suka banget sama reply-an rafika yg ini, kepedulian terhadap keluarga, secara tidak langsung ini juga bentuk kepedulian terhadap sistem demokrasi negara. Keep it on!
Panggil Saja @_aciw_
@Lini_ZQ @rafikeey @fanialsiregar Beda pendapat gpp dong? Tapi kalo dalam proses berdemokrasi ga ada manusia yang berpikir kaya ka Lini jadi ga seru. Ga ada dinamika dan proses pembelajaran pendewasaan berdemokrasi. God luck kak Lini! :)
Load Remaining (51)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.