0
tirto.id @TirtoID
Mariam, ibu empat anak yang mengaku berasal dari Bandung, datang ke Suriah bersama suaminya untuk bergabung dengan ISIS. Kini, ia memohon agar bisa dibantu pulang ke Indonesia. Tirto berkesempatan untuk meliput fase terakhir kejatuhan ISIS di Suriah. tirto.id/dkic pic.twitter.com/56VB4UlmkJ
hafid @hafidherl
@TirtoID negara jadinya serba salah kalo gini. diterima ntar aneh-aneh, ga diterima ntar dianggap mengabaikan HAM hadeeeehhhhh
f @fngadiyo
@TirtoID Ga paham gue sejak kemaren-kemaren reply di isu ini pada gitu semua. Kita sama-sama krisis rasa percaya, memang, tapi ga semestinya rasa kemanusiaan itu hilang. Kalau memang mengaku bangsa besar, kita mesti siap menerima tantangan buat saling bangun kepercayaan satu sama lain
Juang Arwafa @JArwafa
@TirtoID Fasilitasi pemulangan mereka. Wajibkan mereka disumpah di bawah kitab suci untuk (kembali) setia kepada konstitusi dan republik. Adili orang dewasa yang diduga melanggar hukum (membantu musuh negara dan terlibat kejahatan perang). Reedukasi anak-anaknya dalam nilai kebhinekaan.
Juang Arwafa @JArwafa
@TirtoID Buktikan republik ini (dan rakyatnya) jauh lebih baik dan manusiawi dibandingkan ISIS.
Rei @liloier
@TirtoID Melindungi warga negara memang kewajiban karena termasuk dari HAM. Tetapi memulangkan mereka yang dengan kehendak diri sendiri untuk pergi, bergabung dengan teroris, dan (mungkin) kedepannya berniat membahayakan orang lain?
iDid³⁶⁵ @icykids
@JArwafa @TirtoID Wakil rakyat aja disumpah di bawah kitab suci masih korupsi. Bukan mempermasalahkan sumpahnya, tapi haruskah masih percaya sama manusia yang bersumpah? 🤔
jessica @jesswjk
@JArwafa @TirtoID Mengorbankan keselamatan jutaan WNI lainnya? I don’t think so. Mendingan dicap gak manusiawi deh
Edu @edhi_shi
@jesswjk @JArwafa @TirtoID Sekalian aja bebaskan orang yg dipidana di penjara agar dibilang manusiawi. Ini bukan soal humanity, ini soal nasionalisme. Yg pilih jd warganegara lain itu sdh bukan WNI lg, walau lahir di Indonesia. Lha ada lho WN USA lahir di Indonesia, apa jd bangsa kita? Hukum hrs tegas
AltCtrlDel @Jaimededevangel
@TirtoID Simpatisan ISIS dicabut kewarganegaraannya saja, jangan pelihara penyakit dengan membawa mereka kembali pulang.
Anti-Islamophobia @MuhHussen
@iduneedaman @TirtoID Sy jd pengen jalan-jalan ke luar negeri dan meminta bantuan pemerintah unt memulangkan kembali ke Indonesia. Mayan hemat ongkos, kak.
Cendol Dawet @den_bgs
@JArwafa @TirtoID Di sumpah di bawah kitab suci??? yang nikah di sumpah pakai kitab suci saja bisa cerai apalagi yg sdh terdoktrin ideologi ekstrim,ih ngeri 😇
mens sana in corpore sano ♌ @utho_
@JArwafa @TirtoID Yang gak pergi ke suriah aja bisa nusuk polisi sampe tewas, apalagi yang udah dapet bekal langsung dari sana. Siapa yang tau isi hati orang saat disumpah bener berikrar atau enggak. Tooh yg pada disumpah atas nama agama dibawah kitab suci aja masih banyak yang langgar peraturan.
Tito pangesti @ikopangestii
@TirtoID memulangkan mereka adalah kemanusiaan tapi tidak memulangkan mereka adalah tindakan kemanusiaan yg jauh lebih besar karena mereka ini beda . ancaman dr Sebuah organisasi Radikal sadist ISIS. bahkan anak anak saja sudah diajarkan untuk membunuh saran saya jangan sampe mereka balik
Y. Goenadi @yudibastos
@JArwafa @TirtoID Tp kalo dalam undang2 kita ga punya payung hukum dwikewarganegaraan. Mereka telah menyatakan sumpah pada negara lain berarti WNI nya gugur. Mereka itu stateless.
Bima Prawira Utama @bimaprawira
@JArwafa @TirtoID Nggak bisa Bro. Situasi lingkungan sosial di Indonesia lagi tidak mendukung. Bakal gampang dikomporin atau ngomporin.
Sals @ehnisa
@JArwafa @TirtoID Gausah gausah, bunuh orang aja mereka berani apalagi cuma berbohong
Juang Arwafa @JArwafa
@yudibastos @TirtoID m.bisnis.com/kabar24/read/2… Belum tau kelanjutannya, mungkin akan ada perubahan sikap jika melihat reaksi masyarakat (tergambarkan dari reply tweet saya). Coba nanti kita pantau lagi kepastian hukumnya.
Gudetama Benedict @gudetamapikachu
@hafidherl @TirtoID Nope, ga usah peduli ham kalo udah nyangkut soal keamaanan negara. Ini bisa jd pembenaran kok. Tenang aja, negara lain bahkan udah ada yg saklek mencabut kewarganegaraan mereka
Kaisar M @karautobenz
@ikopangestii @TirtoID maaf mas saya gamau mati kena bom pas mau beribadah
Oreboku Watashi @Mikail_Zikrilla
@JArwafa @TirtoID ISIS mana punya agama, mo di sumpah pake kitab apa? das kapital?
Danang prianto @danangndanang
@ikopangestii @karautobenz @TirtoID Knapa ya mas narasi nya ber tele tele mbok langsung aj klo gamau mereka balik kesini 😂😂😂
Load Remaining (22)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.
Login and hide ads.