4
Daemoen @Mentimoen
CARA MENIKMATI MINUMAN BERALKOHOL YANG BENAR.. 1. Sy bikin bbrp twit singkat, krn banyak org yg ga ngerti cara menikmati minuman beralkohol yg benar, terutama diantara warga Asia Timur / Tenggara. pic.twitter.com/ZQavPOFeT7
 Expand pic
Daemoen @Mentimoen
Pada dasarnya alcohol jaman kini itu minuman sosial, yaitu minuman yg lebih bisa dinikmati ketika diminum bareng2. Tetapi tentunya juga bisa diminum sendirian. Ga ada yg salah dgn hal itu.. Ada 2 tradisi minum alcohol, gaya Asia, dan gaya Barat.
Daemoen @Mentimoen
Alcohol di Asia dari jaman2 kuda gigit batu, itu adalah minuman yg diminum bareng dgn makanan. Ini terutama benar untuk penduduk Asia Timur, krn banyak dr mrk yg kekurangan enzym untuk memproses alkohol, sehingga gampang mabok. Jadi, minum alkohol di Asia paling bagus wkt makan. pic.twitter.com/LsXHNWg6UW
 Expand pic
Daemoen @Mentimoen
Di Barat, umumnya juga alcohol diminum wkt makan. Misalnya dinner dibarengi dgn wine.. Tetapi ada lagi kebiasaan para lelaki, sesudah minum wine wkt dinner, habis itu mrk ngumpul di ruang misalnya perpustakaan di rumah, untuk minum whiskey dan menghisap cigar sambil ngobrol. pic.twitter.com/IorWqreI6D
 Expand pic
Daemoen @Mentimoen
Sebenarnya di Timur juga ada occation spt itu, minum arak sambil ngobrol, dgn makanan kecil. Itu enak.. Fokus bukan di alkohol, tetapi di pembicaraan. Alcohol cuma sarana membuat suasana enak. Itu semua cara minum yg baik.
Daemoen @Mentimoen
Nah, di Asia, terutama di China, ada cara minum baru yg salah. Minum di club, karaoke, dsb, dgn berbotol2 alkohol di atas meja. Lalu minum sampai mabok. Mrk saling ngadu duel minum alkohol. saling meng-ganbei (gelas disentuh, lalu teriak Ganbei). Jauhi cara minum spt ini.
Daemoen @Mentimoen
Jgn berkompetisi minum alkohol. Jgn merasa kehilangan harga diri kalo ga bisa ikutan ganbei terus menerus. Itu benar2 merusak suasana, bisa2 berakhir mabok2an lalu berantem.
Daemoen @Mentimoen
Pertama, hrs tahu tujuan minum alkohol. Tujuan utama minum alkoho seharusnya DINIKMATI, bkn untuk mabuk. Selalu jaga jgn sampai mabuk. Setiap org tahu kapasitasnya masing2, dan ketika sdh mencapai kapasitas itu, berhenti minum. Kalo ga bisa berdisiplin spt ini, jgn minum.
Daemoen @Mentimoen
Efek alkohol itu beda untuk masing2 org, terutama warga Asia yg banyak ga tahan alkohol. Efek yg nominal adalah: pertama2 minum melepas dahaga, lalu semakin banyak, tenggorokan bisa merasa sedikit panas, dan kemudian pelan2.. pelan2 perasaan enak itu datang...
Daemoen @Mentimoen
Gambaran perasaan enak itu gitu: pikiran lebih lepas, kalo tadinya mumet, sekarang lebih lega. Kalo ngomong juga sering lebih enak. Tadinya malu2, pendiam, atau terlalu jaga gengsi, habis itu akan lebih lancar omongan.. Perasaan juga umumnya lebih senang..
Daemoen @Mentimoen
Nah, jika perasaan diatas datang, wktnya untuk berhenti minum sejenak. Nikmati aja perasaan itu. Sampai ketika perasaan itu mulai fading away, mulai lagi minum sedikit2. Ini menjaga rasa enak, tapi ga perlu terlalu banyak, krn beresiko mabuk.
Daemoen @Mentimoen
Jika minum untuk sosialisasi spt di club, supaya cepat masuk dlm tingkat "enak", bisa memulai satu atau dua shot liquor. Sesdh itu jgn liquor lagi, ntar mabok. Ganti dgn wine atau beer (krn lebih rendah kadar alkoholnya). Kalo bisa, di atas meja jgn penuh botol, kek drunkard aja
Daemoen @Mentimoen
Bbrp org Barat sama sekali tidak ngerti kenapa org2 Asia suka ngadu minum sampai mabok, apa gunanya? Tapi sebenarnya di bar2 di Barat juga sering terjadi binge drinking kok... sama aja. Cuma itu tidak terjadi pada umumnyalah.. Umumnya org Barat baik2 kalo minum. pic.twitter.com/x7grThl5Gc
 Expand pic
Daemoen @Mentimoen
Saran sy buat org Asia (yg lebih tidak toleran thd alkohol), jgn minum alkohol wkt perut kosong. Selalu minum dgn cemilan, seringnya gorengan. Yg biasa dipakai spt sayap ayam goreng, kacang goreng, fish and chips, dsb. Daging2 berlemak juga enak untuk minum alcohol.
Daemoen @Mentimoen
Kalo sdh terbiasa, maka bisa dibilang minuman beralkohol spt beer atau wine itu benar2 membuat hidup lebih nikmat.. Makan bersama tanpa alkohol, aduh... ga seru amet. Alkohol juga meningkatkan rasa enak pada makanan, terutama yg gurih. Spt pencuci mulut, penetralisir. pic.twitter.com/BIcfl5RjJg
 Expand pic
☕ Joe® 🐸 #DeMocl @jonathan_erwan
@Mentimoen Nah itu yg gw suka.. Minum alkohol itu untuk bersosialisasi.. Asik tuh minum bareng2.
yohanes dhysta @yohanesdhysta
@Mentimoen Tambahan: Minumlah minuman beralkohol yang berijin, jangan yang oplosan. Karena oplosan mengandung metanol bukan etanol
Login and hide ads.