1
The Lost Book @kisahtanahjawa
Pernahkan De Javanica mendengar tentang pencurian tali kafan dari jenazah yang baru saja dimakamkan belum ada 40 hari, terutama yang wafat pada malam selasa atau jumat kliwon, terlebih kondisi jenazah masih perjaka atau perawan, bang juki akan sedikit bercerita tentang kasus ini. pic.twitter.com/KirQzUfIzU
Expand pic
The Lost Book @kisahtanahjawa
Warga dibuat geger dengan pencurian kain kafan di pemakaman umum, makam almarhum yang wafat pada selasa kliwon telah dibongkar oknum misterius, tali pengikat kafan atau tali pocong sudah tak ada, dugaan dicuri oleh pelaku untuk keperluan syarat ilmu hitam atau azimat kekayaan.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Kasus ini bang juki ambil dari daerah yang lokasinya paling ujung selatan timur di Jawa Tengah, kejadian pencurian kain kafan jenazah ternyata bukan hanya cerita di film tapi benar adanya dikehidupan nyata, tentunya kejadian ini dimanfaatkan untuk tujuan negatif tertentu.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Ada penjagaan makam terkhusus bagi yang wafat pada selasa atau jumat kliwon selama tujuh hari atau bahkan sampai 40 hari adalah anjuran dari orang-orang terdahulu, akan tetapi setelah dilakukan penjagaan tetap saja ada kejadian makam yang kebobolan dicuri atau diambil.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Kejadian pencurian sering dilakukan pada malam dini hari terkadang sering dijumpai pada menjelang magrib, kebobolan terjadi walaupun belum memasuki 7 hari setelah kematian. Jenazah yang meninggal pada malam selasa atau jumat kliwon diyakini menyimpan aura magis tertentu.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Pelaku biasanya menggunakan ajian sirep atau hipnotis yang diserangkan ke penjaga dengan maksud agar tertidur, lantas pelaku mulai melancarkan aksinya. Awalnya pelaku akan membuka semua pakaina hingga telanjang bulat, lalu merapalkan mantra terntentu untuk menjelma.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Saat menjelma bisa menjadi anjing, harimau hingga burung gagak, sebab ini ilmu hitam tertentu yang jika dijelaskan lebih lanjut tentunya diluar logika akal pikiran. Hewan jadi-jadian ini kemudian masuk ke area makam target, menggalinya sampai terlihat posisi jenazah.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Setalah nampak jenazahnya, si pelaku kemudian mengambil tali pengikat kain kafan bahkan bagian-bagian tubuh semisal kuping, hidung, lidah, jari, rambut, sampai (maaf) alat kelamin (jika jenazah berjenis kelamin laki-laki), kesemua dilakukan dengan cara mengigitinya. pic.twitter.com/Jkm8qfkbcT
Expand pic
The Lost Book @kisahtanahjawa
Pengambilan memang dilakukan secara digigit hanya dengan mulut tidak dengan tangan, setelah apa yang diperoleh sudah dirasa cukup, hewan jadi-jadian ini kemudian pergi menghilang dengan misterius, kondisi makam yang telah dibongkar akan diketahui setelah penjaga tersadar.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Pada kepercayaan ilmu hitam tertentu tali kafan atau potongan tubuh jenazah menyimpan banyak "kegunaan" semisal untuk syarat ngilmu seperti azimat penghilang bagi "maling", penglarisan dagang makanan, pelet pemikat lawan jenis, kekebalan hingga pesugihan untuk kekayaan.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Bang juki mendengar kesaksian dari warga yang pernah ditugasi menjaga makam ini, beliau bercerita bahwa awal menjaga melihat beberapa keanehan seperti daun dan bunga kamboja berguguran terhempas angin yang bertiup hanya disekitar lokasi makam saja (seperti angin lesus).
The Lost Book @kisahtanahjawa
Kemudian terlihat bayangan hitam seseorang yang terkesan mengamati dan berjalan dari satu ujung kompleks makam ke ujung lainnya, termasuk sebelum malam kejadian, bayangan itu terlihat jelas di depan pintu masuk pemakaman, lalu bayangan itu meloncat pergi menghilang.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Sosok misterius itu terlihat seperti memakai penutup dari kerudung sarung mirip ninja, keganjilan ini seolah menakuti penjaga makam hingga malam ketujuh hari, termasuk suara hewan-hewan aneh disekitaran kompeks pemakaman sampai kejadian sirep dan pencurian makam terjadi.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Terkadang tak hanya tali kain kafan atau potongan tubuh saja yang dicuri oleh oknum misterius ini, benda-benda gelu atau bantalan tanah pengganjal jenazah turut hilang dalam pencurian ini, bahkan ada yang mengambil satu kain kafannya utuh hingga satu kepala jenazah.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Jin qorin dari benda-benda ini akan menurut saat "dipekerjakan dan diperintah" oleh pemegang azimat tali kafan pocong atau awetan potongan tubuh ini, tak dipungkiri jenazah yang dimakamkan lantas menjadi tidak sempurna membuat keluarga menjadi khawatir dan tidak tenang.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Tidak semua kasus ini berhasil dilakukan, ada beberapa aksi pencurian yang berhasil digagalkan seperti terpergok saat penggalian yang kebetulan ada keluarga korban ke makam, doa dari ahli waris hingga pencegahan dengan penaburan air masjid yang sudah didoakan Surat Yasin.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.