2
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
CARA MENANGANI PERTOLONGAN PERTAMA JIKA JATUH TERBENTUR DAN KESLEO A THREAD
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Kalian pasti pernah kan jatuh dari manapun trus memar jadi biru? Atau jadinya kesleo yg biasanya paling sering terjadi di bagian pergelangan kaki?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Kita bahas satu2. Pertama itu jika kita terjadi memar setelah bagian tubuh terbentur TOLONG JANGAN DI BERI YG PANAS2 seperti koyo, counterpain, minyak urut panas dll. Kenapa gaboleh?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Jika ada memar di dalam bagian tubuh kita berarti ada salah satu pembuluh darah kita yg pecah. Kenapa gaboleh pake yg panas? Jika kita oleskan yg panas2 kemungkinan akan ada pembuluh darah yg pecah lagi jadinya apa? Iya biru2 dibadan kalian makin lebar. Makin meluas. Pernah gini?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Jadi pertolongan yg paling tepat kalau kalian terbentur dan memar itu di kompres dengan es batu. Kenapa di kompres? Karna kita membekukan pembuluh darah yg sudah pecah itu agar tidak menambah luas. Berapa lama kompresnya? 15 menit boleh di ulang terus hingga memar reda
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Oke sekarang untuk masalah kesleo ya. BANYAK BGT ORANG YG SALAH NANGANIN INI. Biasanya kesleo sering bgt terjadi di bagian ankle. Dan biasanya sering bgt ada yg ngomong ‘salah urat tuh langsung di urut aja’
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Tolong ya tolong bgt kalo hal kejadian apapun yg langsung di suruh urut ini bisa fatal. Kalo kalian jatuh trus tidak pas jatuhnya biasanya paling sering jatuhnya posisi kaki begini pic.twitter.com/jTD75nzmh0
Expand pic
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Kalo kalian gak ngerti jgn di tarik tarik. Jd harus gimana? Kamu pegang tgn temen kamu suruh dia jongkok perlahan bangun lagi. Sehabis itu kaki yg gak sakit diangkat abis itu jongkok lagi dengan kaki yg sakit sebagai tumpuan. Gunanya apa?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Karna pada ankle ini dia ada sendi dan biasanya sendi itu bergeser sedikit sesuai jatuhnya kamu. Daripada harus ditarik tapi kamu gak ngerti cara jongkok itu lebih efisien. Setelah jongkok apa lagi?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Dalam pertolongan pertama ada istilah namanya RICE. Rest Ice Compression Elevation Iya setelahnya kamu bisa istirahat dan lagi2 di kompres dengan es batu selama 15menit dan boleh diulang sesering mungkin. Setelah kalian istirahat dan kompres jgn lupa elevation. Apa itu?
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Meninggikan posisi tubuh yg sakit lebih tinggi dari jantung. Misalnya kalau kaki kalian sakit bisa di kasih bantal di bagian kakinya begitu juga dengan anggota tubuh yg lain. Tolong kalo begini yg langsung di urut ya. Jadi kapan boleh diurut? 2x24jam setelah waktu cidera
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Kalo gak sembuh juga gimana? Boleh kamu bawa kedokter untuk memastikan apakah ini hanya sendi yg sedikit bergeser atau mungkin ada kesalahan lain di bagian tulang ataupun ligamen. Pokoknya jgn pernah ya abis jatuh langsung di urut
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Oh iya intuk yang tanya kira kira kalo tidak disarankan pakai counterpain jika memar trus pakai apa ya? Kalian bisa pakai voltaren atau thrombophob atau counterpain cool
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
Ini untuk penanganan pertama ankle sprain ya. Pelan pelan turunnya :) pic.twitter.com/USDSGJuo5K
ekaniqqq @itsekaniqqq
@akuadalahkamuuu Kak kalo baru jatuh kena aspal. Lecet" kan. Langsung di bilas trus tak kasih salep tapi bukan yg panas" gitu. Ngolesinnya cuma seminggu 2x. Sampe sekarang lukanya ga kering" tuh kenapa ya kak kira2? Malah tambah agak sedkit berair.
monnie minnie nation👐🏼 @moonieminnie8
@ekaniq97 Klo kamu lukaa luar lecet lecet gitu. Pake ini aja mantep bgtt pic.twitter.com/SI1qhQf7vV
Expand pic
Tuan Muda @aldhy_hooligan
@akuadalahkamuuu @b3rsam4muu @ekaniq97 Hahaha itu obat ajaib banget. Rasanya emang perih tapi dijamin lukanya pasti cepet kering dan sembuh. Asal jangan luka dihati aja 😂😂

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.