3
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
Makanan yang punya racun alami. a thread
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
1. Leci Leci ini gaboleh dikonsumsi pas perut kosong, racun MCPG atau methylenecycloproplylglycine hah panjang bgt, itu bs menghambat produksi gula dalam tubuh, jd bisa auto lemes. Jd kalo mau makan leci, jangan pas perut kosong ya!
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
2. Ketela Nah ketela ini punya racun namanya hydrogen sianida yang bisa ngerusak saraf otak kalian kalo kalian makan ketela dalam keadaan mentah, belum direbus/diolah sampe mateng. Oh iya hydrogen sianida ini bisa bikin lumpuh jg, tau kasus kopi jesika kan? Nah gitu efek sianida
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
3. Kacang merah Racun kacang merah ini namanya fitohemaglutin, racun ini akibatnya bisa fatal banget, bisa muntah, mual atau diare.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
1. Rendem kacang 1-2jam 2. Rebus sampe lunak gt, kalo airnya udh mulai menyusut tp blm lunak, tambahin air lg Setelah 2 step diatas bisa lgsg dimakan kok kacangnya, kalo mau dibikin olahan lain jg bisa
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
4. Singkong Racunnya glikosida sianogenik, racun ini ga cuma ada di singkong aja tp ada jg di rebung, racun ini bisa mengakibatkan penyempitan kerongkongan, jd bakal mual, muntah sampe pusing2.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
Untuk menghindari keracunan glikosida sianogenik ini, kalian bisa lebih selektif kalo milih singkong, dan untuk pengolahan cukup rebus sampe mateng singkong yg udh dikupas itu.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
5. Tomat mengandung racun glikol koloid, tomat yg punya racun ini tomat hijau, hehe jd kalo mau makan tomat jgn yg masih ijo yaaaa astaga itu masi mentah :(
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
6. Apel Nah apel ini bagian beracunnya di biji, nama racunnya amygdalin yg bisa ngeluarin sianida, makanya kalo makan apel, jangan sama bijinya :(
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
7. Seledri Nah kalo seledri ini, jangan pernah dipanesin kaya direbus 2kali gitu ya, efeknya bahaya bisa ngeluarin nitrit yg bisa bikin kanker.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
8. Bayam Kalo ini mungkin udh pada tau ya? Bayam punya racun namanya asam oksalat, jd kalo dipanesin 2kali atau dimasak kelamaan bakal ngeluarin racun yg bisa menyebabkan kanker, sama kaya si seledri.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
9. Jengkol Nama racunnya jencolid acid, uwu. Efeknya? Kalian bisa kena penyakit jengkolan, nah penyakit ini bikin asam jengkolat susah untuk larut dalam air dan bakal mengkristal di ginjal. Caranya ya jangan terlalu banyak makan jengkol deh, kalo mau makan, ngolahnya hrs bener
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
10. Cherry HYDROGEN SIANIDA LAGI Nah cherry ini juga racunnya di biji, sama kaya si apel! Jd kalo mau makan jgn langsung lep masuk mulut ya, ilangin bijinya dulu :( nanti km lumpuh kaya sleeping beauty
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
11. Zucchini (timun) Nama racunnya cucurbitacin, efeknya bisa kram perut, muntah, bahkan pingsan kalo gakuat, cara mencegahnya jangan makan zucchini mentah2 ya shay rebus duluuuuuu sampe mateng.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
Lanjut, ada buah ackee, ini yg nyuruh ngisi temen sekelasku wkt itu dia iseng browsing buah ackee, tp aku jg gatau itu buah apaan, kata dia beracun, nama racunnya hypoglycemia ini buahnya kl gasalah cmn ada di jamaika jd yaudah anjir temenku ada2 aja😭😭😭😭😭 pic.twitter.com/cEG5nciKDa
Expand pic
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
KENTANG Nah ini jg ada racunnya, sama kaya si tomat hijau, nama racunnya glikol koloid, bisa menyebabkan mual muntah bahkan pingsan kalo ga kuat, nah ini jg kentangnya yg beracun gini yg hijau2, sama kalo kalian masak kentang ga sampe mateng jg bisa bikin sakit peruuuttt.
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
TEMPE BONGKREK Pokonya tempe ini potensi untuk terkontaminasi bakterinya besar bgt, nama bakterinya pseudomonas cocovenenans kalo gasalah baca di buku catetan hshshshshsh, udah banyak memakan korban tp masih pada bandel makan ini tempe grgr rasanya katanya enak
panggil @xxhidenseek
Tips masak goreng jengkol: 1. Cuci bersih jengkol. 2. Rebus jengkol 1-2x sampai keluar racunnya. 3. Goreng deh. twitter.com/lukesmoanuh/st…
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
Ini maksud aku hypoglycin ya, maaf salahhh :( Efeknya bisa menghambat tubuh menghasilkan glukosa. twitter.com/cindyviran/sta…
Aurelia OFFIALLY SARJANA ⚑ @markhyeock
@lukesmoanuh Btw zucchini sama timun lokal beda. Dan setauku timun lokal ini gak berbahaya, dia cuman ngeluarin racun ketika udah berubah warna jadi kuning alias terlalu matang pic.twitter.com/1Dt6MHh7Db
Expand pic
Octav Sitompul @waffleheads
@lukesmoanuh Err kalo belajar toksikologi mah, kata kunci nya "dosis" Pada dosis seberapa bisa timbul gangguan pada kesehatan.. monmap sekedar mengingatkan πŸ™
Frzn @franzain
@lukesmoanuh Ralat. Pernah baca klo biji apel racunnya baru ngefek klo makan 60biji apel, klo cm sebiji 2 biji cm sepersekian persen dan itu ga ngaruh.cmiiw
lisa, πŸ“Œ @lukesmoanuh
Ralat ya zucchini sama timun itu beda, aku salah tulis, zucchini masuk ke jenis labu kecil hehe cmiiw
Load Remaining (5)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.