Reaksi Susi Pudjiastuti Ketika Eks Menteri Jokowi yang Juga Wakil Ketua Dewan Penasehat BPN Prabowo-Sandi, Tedjo Edhy Purdijatno Sebut Aksi Penenggelaman Kapal Hanya Pencitraan Untuk Dongkrak Popularitas

Wakil Ketua Dewan Penasehat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno menyebut aksi penenggelaman kapal yang sering dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hanya pencitraan untuk mendongkrak popularitas.
susipudjiastuti BPNPrabowosandi pencintraan Tedjo Edhy Purdijatno Famous People Eks Menteri Jokowi
1278 View 0 comments
Add to Favorite
0

Wakil Ketua Dewan Penasehat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdijatno menyebut aksi penenggelaman kapal yang sering dilakukan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti hanya pencitraan untuk mendongkrak popularitas.

"Hanya alasan untuk dapatkan popularitas. Itu pencitraan," kata Tedjo di Kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (19/3).

Kapal-kapal asing yang ditangkap karena kedapatanan mengambil ikan di wilayah perikanan Indonesia menurut Tedjo harusnya tak ditenggelamkan tetapi diserahkan kepada koperasi perikanan agar bisa digunakan oleh nelayan.

Kalaupun takut kapal itu digunakan kembali untuk aksi kejahatan ilegal fishing, kata Tedjo, maka akan lebih baik pemerintah saat ini membenahi regulasi dan pengawasan terhadap kapal-kapal itu.

"Ya pengawasan dong, pengawasannya itu harus dilakukan terhadap kapal-kapal yang sudah disita negara kita berikan kepada koperasi nelayan yang bisa dipercaya aturan jelas, perizinan jelas," katanya.

Mantan Menkopolhukam era Jokowi itu mengakui tak ada yang salah dengan aksi penenggelaman kapal yang dilakukan Susi beberapa kali itu. Hal itu memang diperlukan untuk memperlihatkan ketegasan dari pemerintah.

Hanya saja menurutnya tak semua kapal asing boleh ditenggelamkan.

"Memang perlu kita ada ketegasan penting, tapi bukan berarti semua kapal asing ditenggelamkan. Mestinya kan diserahkan ke koperasi nelayan. Karena membuat kapal mahal loh ini dimanfaatkan untuk kepentingan nelayan," kata dia.

Susi Pudjiastuti sejak menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan memang gencar menolak ilegal fishing. Salah satu aksi penolakannya itu dengan menenggelamkan kapal-kapal asing yang terbukti mencuri di WPP Indonesia.

Tedjo memastikan kelak Prabowo-Sandi jika menang Pilpres akan segera membenahi regulasi masalah kemaritiman.

Dia mengakui kebijakan di sektor kemaritiman era Jokowi secara teritori sudah baik. Namun dia menyoroti banyak hal yang masih belum dikerjakan dan/atau membutuhkan perbaikan, seperti tol laut dan regulasi perikanan untuk kepentingan nelayan.

"Tol laut ini kan masalah konektivitas yang belum dikerjakan dengan baik, kemudian kesejahteraan nelayan dan orang-orang yang tinggal di pesisir pantai belum semua bisa terjangkau kesejahteraannya," kata Tedjo.

Selain itu, Tedjo menganggap regulasi perikanan saat ini belum bisa menyejahterakan nelayan. Di bawah pemerintahan Prabowo-Sandi kalak, kata dia, semua regulasi akan dibenahi agar lebih pro terhadap kebutuhan nelayan.

"Kebijakan sektor atau area penangkapan harus diselesaikan. Kemudian alat tangkap dan sebagainya yang membebani nelayan ini harus diselesaikan," kata Tedjo.

CNN Indonesia @CNNIndonesia
Eks Menteri Jokowi Sindir Aksi Pencitraan Susi Benamkan Kapal cnn.id/378910?utm_souโ€ฆ
URL nasional 2746 Eks Menteri Jokowi Sindir Aksi Pencitraan Susi Benamkan Kapal Eks Menkopolhukam Laksamana TNI (Purn.) Tedjo Edhy Purdjiatno menjanjikan pembenahan sektor kemaritiman lebih baik jika Prabowo-Sandi menang Pilpres 2019.
Rizkifebrianwp @Kaummiramar
@susipudjiastuti @CNNIndonesia Saya sehabis kuliah hukum pidana kata dosen saya apa yg dilakukan bu susi itu memang harus dijalankan krn sudah ada dasar hukumnya & negara memang wajib melaksanakan serta patuh trhdp undang undang. Smg masyarakat sadar komen miring trhdp bu susi hnyalah hasutan.
bonagres @bonagres
@CNNIndonesia Hahaha. Iri dan dengki berkecamuk di dada. Kalo sudah "Mantan" yg tdk lama menduduki jabatannya, berarti TIDAK MAMPU bekerja; Menilai negatif kinerja org lain; sesungguhnya menunjukkan kemampuan diri sendiri di bawah standard. Masih perlu belajar Etos Kerja. ๐Ÿ˜€๐Ÿ™
Samawa @Samawa12937417
@bonagres @susipudjiastuti @CNNIndonesia Dipecat lalu sakit hati akut. Didalam hatinya, kini tumbuh subur, dusta, fitnah dan kebohongan. Sekarang, keliling mensyiarkan "Menggurus Akal Sehat dgn Kebohongan". Manusia macam apakah ini? Ingatlah "Ketika hati dibutakan maka anda tdk pernah melihat kebaikan dan kebenaran"
โ€”kangpp @putrapmungkas
@CNNIndonesia Ya memang harus pencitraan. Citra dimana menunjukkan Indonesia mempunyai kedaulatan laut; tidak boleh diganggu dengan dicuri ikannya atau lainnya. Sehingga mereka tahu betapa tegasnya Indonesia terhadap siapa saja yang menganggu kedaulatannya. Bukan begitu bu @susipudjiastuti ?
Fendidegama @Fendidegama1
@CNNIndonesia Negara2 lain mengapresiasi atas Kerja Nyatanya bu Susi&pak JW. .kan aneh anak Bangsa Sendiri malahan suka ngenyeki, apa msh WARASkah mrka2 ini???
Cerutu Megelang @CerutuMagelang1
@CNNIndonesia dikit dikit pencitraan, negara ini diatur supaya punya harga diri di mata dunia susah amat ya. nasib hidup di negara yang susah maju, ada yang berpikiran maju seperti bu susi langsung dicibir dibilang pencitraan.
kangcetaksetiker @GDityo
@susipudjiastuti @CerutuMagelang1 @CNNIndonesia itu karena bu susi ga pernah ajak doi ngopi dipinggir pantai tuh bu jadi dengky
Suara Anak Bangsa @TeriakanAnak
@CNNIndonesia Namanya Eks selalu identik buangan tdk terpakai ga usah ditanggapi. Justru sdh sgt luar biasa pencurian ikan, hnya dgn cara2 luarbiasa jg lah penanganannya. Biar lgsung jd efek jera. Bd klu kjahatan sdh brkurang jauh. Lanjutkan Bu @susipudjiastuti Tenggelankn para Maling dilaut
suryani @suryanililik1
@CNNIndonesia maklum dipecat, kalau anda negarawan dipecat mestinya terima dan nggak usah sakit hati seperti pak Jonan dulu, terimalah keputusan atasan krn anda dianggap nggak mampu makanya dipecat, kl dipakai lagi artinya ada salah penegrtian waktu pemecatannya
#01 @suarasenyap01
@susipudjiastuti @CNNIndonesia Apa yg diusulkan eks mentri sebenarnya sudah berlaku /diterapkan sebelum ibu @susipudjiastuti menjadi menteri, tapi ibu menteri tau dari data perikanan 5 tahun ternyata tidak merubah produksi hasil oerikanan tangkap, justru menimbulkan persoalan baru.
#01 @suarasenyap01
@susipudjiastuti @CNNIndonesia Baru seyelah ibu @susipudjiastuti menghalau illegalfishing dengan cara menerapkan pasal "pemboman", jangankan 5 tahun, baru 3 tahun berjalan produksi ikan sdh meningkat. Dan illegal fishing menurun.
Login and hide ads.