Cara Antre Obat BPJS di Apotek Medika Antapani Bandung

Masih banyak warga Bandung yang tidak tahu bagaimana urutan antre di Apotek Medika Antapani guna mengambil obat BPJS. Thread ini dibuat agar waktu lebih efisien selama Antre.
bpjskesehatan ApotekMedikaAntapani
1293 View 0 comments
1
Blogger Bandung @bangaswi
Cara Antri Obat BPJS di Apotek Medika Antapani - Bandung ========================= . Sebuah Thread . Kebutuhan obat murah bagi masyarakat kebanyakan memang tidak dapat dihindari. Amat membantu pisan lah @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Saya sendiri alhamdulillah sudah memiliki Kartu BPJS Kesehatan tidak lama sejak program ini diluncurkan. Langsung bersama istri dan kedua anak saya. Manfaatnya besar sekali, untuk diri sendiri maupun orang lain. Kok bisa? @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Iuran bulanan itulah kuncinya. Iuran? Hehehe ketahuan ya umurnya. Kalau kita sehat, insya Allah jadi jalan rezeki bagi yang sakit (dengan syarat tidak ada tunggakan iuran). Kalau pas sakit, ya itu memudahkan para pemegang Kartu BPJS Kesehatan @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Contoh terdekat adalah almarhum bapak mertua saya. Saat beliau sakit, BPJS Kesehatan begitu amat membantu untuk perawatan selama di RS, cuci darah, dan bahkan operasi. Tidak terbayangkan kalau saya dan keluarga harus memenuhi dana ratusan juta rupiah @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Nah, pada praktiknya TIDAK semua obat tersedia di puskesmas/klinik/rumah sakit saat kita berobat. Obat-obat khusus ini hanya tersedia di beberapa tempat seperti apotek tertentu. Kalau di Bandung, ada Apotek Medika Antapani @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Ini penampakan Apotek Medika Antapani Bandung. Pasti apal lah bagi yang sudah sering ke sini @BPJSKesehatanRI @anjarisme pic.twitter.com/4xuled0DIr
 Expand pic
Blogger Bandung @bangaswi
Bagi yang baru pertama kali ke Apotek Medika Antapani pasti bakalan terkejut melihat antrian yang membludak. Nah, thread ini mencoba menjelaskan step by step agar antri enak dan bisa mengatur waktu dengan baik @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Gak usah parno melihat antrian. Budayakan antri yang tertib karena semua memiliki hak yang sama. Kalau tidak antri, jelas bakalan amburadul dan gak bakal bener lah. Jadi... gimana caranya neh biar enak antri di Apotek Medika Antapani? @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Pertama, siapkan berkas2 yang lengkap. Apa saja? Fotokopi KTP, fotokopi Kartu BPJS, resep dan fotokopiannya, surat elegibilitas dan fotokopiannya. Kalau mau diwakilkan juga boleh asal megang KTP & Kartu BPJS aslinya. Tdk semua pasien sanggup antri @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Untuk obat tertentu harus ada syarat lainnya. Saya yang memiliki riwayat asma, kalau ingin menembus obat Symbicort harus ada hasil tes spirometrinya. Saya dulu pernah tes di BBKPM Bandung Jl. Cibadak No. 214, tapi sekarang bisa di RS Muhammadiyah @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Hasil tes spirometri ini hanya satu lembar. Yang asli baiknya disimpan. Fotokopilah beberapa lembar karena bisa dipakai berkali-kali untuk menebus obat di lain waktu. Kalau semua berkas itu sudah lengkap, barulah berangkat ke Apotek Medika Antapani @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Apotek Medika Antapani beralamat di Jl. Purwakarta No. 3 Bandung, tepat di sebelah SPBU. Untuk pasien BPJS letaknya agak di ujung, dipisahkan dari apotek umumnya @BPJSKesehatanRI @anjarisme pic.twitter.com/axKg3uLlL3
 Expand pic
Blogger Bandung @bangaswi
Baiknya datang pagi hari, sekira pukul 7 atau dipersilakan datang sebelum jam 7. Meski apotek belum buka, antrian biasanya sudah mengular. Wajar saja, apotek ini terkenal lengkap obat-obatnya @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Ada petugas satpam yang berjaga di depan pintu apotek dengan mejanya. Tunjukkan berkas yang lengkap ke mereka, kalau sudah lengkap langsung diberi nomer antrian berkode A. Kalau belum lengkap, diminta untuk dilengkapi @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Catat ya ... ini adalah nomor antrian untuk memasukkan berkas, jadi resep belum diproses. Ada baiknya ditunggu, jangan ditinggal. Kalau lapar, cari saja tempat sarapan di sekitar apotek, ada kupat tahu, lontong kari, bahkan bala2 @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Pagi ini, saya mendapatkan antrian berkas No A251, padahal nomor yang dipanggil baru A19. Sabar saja sambil sarapan lontong kari dgn harga 11ribu hehehe @BPJSKesehatanRI @anjarisme pic.twitter.com/d9manxhtz1
 Expand pic
Blogger Bandung @bangaswi
Menjelang nomor kamu dipanggil, segera masuk ke dalam apotek. Siap2 aja. Ada pengeras suara juga biar tidak terlewat. Kalau terlewat, ya wayahna we harus mengulang dari awal. Sambil nunggu, saya nulis thread ini & beberapa bisa ngobrol atau baca koran @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Kalau nomornya dah dipanggil, masukkan berkas beserta nomor antriannya. Nanti bakal dapat nomor antrian lagi berkode C. Nah, itu resep baru deh diproses. Pada printout nomor antrian biasanya ada perkiraan jam panggilan. Saya biasanya bisa pulang dulu @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Ini penampakan bagian dalam Apotek Medika Antapani Bandung yang melayani obat BPJS @BPJSKesehatanRI @anjarisme pic.twitter.com/gTPyv9UUSS
 Expand pic
Blogger Bandung @bangaswi
Kalau keukeuh mau menunggu, ada baiknya nunggu di luar, tidak jauh dari loket pengambilan obat yang memang di luar. Menjelang jam panggilan, saya dah standby di dekat loket tsb @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Kalau misalnya terlewat tidak terlalu jauh, jangan khawatir, biasanya masih bisa dilayani. Kalau dah jauh, lebih baik mengambil obatnya keesokan harinya lagi di loket yang berbeda, di loket sebelahnya @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Kalau saya masih ada keperluan pekerjaan, lebih baik ditinggal dan ngambil obatnya besok aja. Oya, obat kamu juga bisa diantar atau ditebus pakai jasa ojek online kok. Dibuat enak aja. Rencana hari ini, saya tinggal untuk jemput anak @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Kalau obat dah di tangan, ada perasaan yang luar biasa. Alhamdulillah. Kalau tahu cara antriannya meski ratusan, gak terlalu capek dan waktu jadi efisien. Intinya mah jangan sok sibuk, soalnya ada ratusan pasien yang juga rela antri kok @BPJSKesehatanRI @anjarisme
Blogger Bandung @bangaswi
Oya, kalau gak sempat fotokopi, ada tempat fotokopian tidak jauh dari Apotek Medika Antapani Bandung, pas di sebelah pedagang es kelapa muda. Seger tuh @BPJSKesehatanRI @anjarisme pic.twitter.com/ks0tD8nCDY
 Expand pic
Load Remaining (2)
Login and hide ads.