#BPNTUntukRakyat

Chirpified
0
Dewi Ratna @dewinthemorning
Ada banyak hal yg aku baru tau setelah banyak membaca portal berita. Termasuk salah satunya tentang Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dengan segala prosesnya. Menarik juga ini buat digali hari ini. Ada yg belum tau juga? #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Kalo ada yg tau dan inget, dulu tuh ada yg namanya bantuan Raskin (Beras Miskin). Warga membayar jauuuuuh lbh murah untuk membeli beras tersebut. Tapi sayang banget, programnya nggak tepat sasaran. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Di kampungku waktu itu, memang Raskin ini ngebantu warga banget. Ada rumah2 petak di sana, yg dihuni orang2 yg memang butuh bantuan. Tapiiii... Ada beberapa penerima Raskin yg ternyata malah ngebeli paket tersebut buat dijual lagi dgn harga lbh mahal. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Yg lbh nggak tepat sasaran lagi, ada beberapa rumah yg di dalamnya masih punya anggota usia produktif dan bahkan bekerja dengan gaji UMR, tapi dapet Raskin. Aku gatau gmn itu sistem & hukumnya, tapi IMO ya emang itu ga tepat sasaran jadinya. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
@febeemerald Bener banget! Aku pernah tau orang ngantri Raskin, panjaaaaang dan sampe panas2. Tapi ya, demi bisa makan, mereka jabanin aja kan ya akhirnya. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Oiya. Selain Raskin, bantuan macem ni juga disebut Rastra (Beras Sejahtera) dulu. Nah, Kementerian Sosial @KemensosRI optimis pengalihan Rastra menjadi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) akan terjadi pada 2019. Opo maneh iku BPNT? #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/VSbCQDRJYF
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Pengalihan Rastra menjadi BPNT memang bertujuan supaya bantuan lebih tepat sasaran, jumlah, waktu, harga, dan juga kualitasnya. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/9hrFesU13H
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
BPNT ini bentuknya kartu. Dinamakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Sistemnya, keluarga pemegang KKS bisa membelanjakannya di e-Warong terdekat. Naaaaah, ini berarti program BPNT berpatokan pada Basis Data Terpadu (BDT). #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/7OznJODMLe
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Nah, ini yg jadi salah satu kendala. Data yg ada/dilaporkan ke Dukcapil pastinya ada yg berubah, yg sayangnya ga diikuti pembaruan secara cepat oleh Dinas Sosial tingkat Kabupaten/Kota. Ada yg sudah meninggal, pindah rumah, atau ganti nama, tp di KKS blm update. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Kenapa kok data yg ga update itu jadi kendala? Pada proses pencairan yang dilakukan oleh Himpunan Bank Negara (Himbara) sebagai pihak penyalur, tidak akan ada pencairan jika ada perbedaan data antara BDT dengan Dinsos. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Sebenernya bagus ya ini sistemnya. Cuman ya emang tim pengurus data di BPNT harus fokus banget sama perubahan data, supaya bantuan bisa segera tersalurkan. Ya semoga sih ada sistem yg bisa memudahkan update ini ke depannya. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Untuk tiap KKS, diberikan subsidi sebesar 110 ribu rupiah tiap bulannya. Jumlah tersebut bisa ditukarkan jadi beras dan/atau telur di e-Warong terdekat. Hanya beras dan telur? #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/gO6chKFfui
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Karena pertimbangan kebutuhan gizi masyarakat, maka minyak goreng dan gula ditiadakan dalam bantuan ini. Memang bener kan, masyarakat Indonesia ini lebih butuh karbo (dari beras) dan protein (dari telur). #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/qJBXPM0R0q
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Bantuan ini diharapkan tepat sasaran pada keluarga dgn pendapatan 25% paling rendah di daerahnya. Nah, kalo basisnya data itu tadi, semoga bisa lebih mudah ya memilah mana yg layak dapat, dan mana yg ga perlu dapat. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/HOroOx1PyD
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Meski bantuan, gratis buat rakyat, tapi bukan berarti lantas kualitasnya gak bagus dong ya. Pak @jokowi menegaskan kalo beras yg diberikan lewat BPNT ini kualitasnya termasuk bagus. Beras yg harganya 8500 rupiah sekilonya. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/LZ10N5xTKJ
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Bantuan ini sudah dilakukan secara bertahap sejak 2017 lalu, dan jumlah keluarga penerima bantuannya pun makin ditingkatkan. Tahun 2019 ini, diharapkan bakal bisa ngejangkau 15 juta keluarga lebih. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/KQldrsv7Ik
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Anggaran untuk kelancaran program ini pun naik secara signifikan. Karenanya BPNT ini diyakini bakal bisa mengentaskan kemiskinan. Tapi yg lbh penting dari itu semua, orang2/keluarga dgn penghasilan di bwh rata2 bisa tetap membeli kebutuhan pokok yg layak. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/CAMCw3EQ64
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Sistem baru penyaluran BPNT ini diatur dalam Perpres No. 63 tahun 2017. Secara rinci segala sesuatu ttg sistem ini dijelaskan dalam Perpres tersebut. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/NoJq4hnTNb
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Oiya, pasti yg pada blm tau juga bertanya2 kan, bantuan ini bisa ditukarkan di e-Warong yg merupakan agen bank, atau pedagang di pasar dan toko kelontong yg kerja sama ama bank. Bank apa? Ya bank yg tadi udah aku bahas sebelumnya. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/ARckw7SBU7
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Kalo ada yg ngikutin dan masi inget, beberapa waktu lalu aku ada ngetwit ttg BPNT. Nah, ini beloman tuntas ceritanya nih. Sampe e-Warong kan yah maren? Apa seh itu? Kenapa kok cuman bisa beli di situ buat para pemegang KKS? #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
So, e-Warong alias Elektronik Warung Gotong Royong merupakan agen perbankan anggota Himbara yg menjual bahan pokok dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Tapi inget, KKS cuman bisa buat nebus beras dan telur doang ya. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/yNetD95yxm
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Ketersediaan dan kesiapan e-Warong di tiap kelurahan tentu perlu dipastikan. Seenggaknya, tiap kelurahan punya 2 e-Warong. Biar nggak kelimpungan ngelayanin warga pegang KKS yang mau belanja. #BPNTUntukRakyat
Dewi Ratna @dewinthemorning
Pokonya, peralihan dari Rastra atau Raskin ke BPNT ini udah bisa dibilang sangat baik prosesnya. Semoga aja 2019 ini tercapai Target pemerintah buat menyejahterakan rakyat berpenghasilan di bawah standard ya... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/XWyQDat9kv
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Nah, ini ada rangkuman 4 prinsip umum dlm penyaluran BPNT. Pokonya kudu mudah dijangkau & digunakan masyarakat, memberikan lbh bnyk pilihan & kendali pd penerima bantuan, mendorong usaha eceran rakyat u/dpt pelanggan, dan kasih akses jasa keuangan buat mereka. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/G3mAbKG1Gs
 Expand pic
Dewi Ratna @dewinthemorning
Lalu, apa aja manfaat yg didapet dari BPNT ini? Ketahanan pangan, transaksi non tunai, kemampuan ekonomi, efisiensi, dan pertumbuhan ekonomi daerah. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/pDMrsY4vF1
 Expand pic
Load Remaining (1)
Login and hide ads.