Sekarang Bantuan Pangan Non Tunai untuk Keluarga Penerima Manfaat diambil di E-Warong. Selengkapnya baca di sini..

BPNT sebagai pengganti program raskim diklaim lebih efektif dan tapat sasaran. KPM diberi kebebasan memilih e-Warong untuk penukaran beras dan telur.
money BPNTuntukRakyat bantuan charity
115 View 0 comments
Add to Favorite
0
Mas M Adiq @metuomahCom
Bismillah, Kamis pagi ini masmin ingin ngasih informasi tentang BPNP. Apa itu BPNP? Pantengin twit ini terus ya, syukur kalau ikut menyebarkan dengan RT dan Like. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
BPNT adalah singkatan dari Bantuan Pangan Non Tunai. Dulu dikenal dengan Bantuan beras sejahtera (rastra) atau di masyarakat lebih familiaer dengan istilah raskin (beras miskin) #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
BPNT diberikan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), dengan pendapatan 25% terendah di daerah pelaksanaan. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Sistem baru penyaluran bantuan pangan ini diatur dalam Peraturan Presiden No. 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/TQsy761WmJ
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Dan secara bertahap langsung diterapkan ke daerah-daerah, dengan harapan April 2019 semua bantuan sudah berubah menjadi BPNT. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/SThZiWDPa6
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Dari tahun 2017 lalu, BPNT secara bertahap telah menyalurkan bantuan kepada 1,28 juta keluarga. Tahun 2018 mencapai 10 juta keluarga. Tahun 2019 pemerintah menargetkan 15,6 juta keluarga akan menerima BPNT. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/IYOdDsyLwS
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Bantuan sosial non tunai diberikan dalam rangka program penanggulangan kemiskinan yang meliputi - perlindungan sosial, - jaminan sosial, - pemberdayaan sosial, - rehabilitasi sosial, - pelayanan dasar. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/pc79xDtzEm
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Program ini juga diharapkan dapat mempermudah masyarakat menjangkau layanan keuangan formal di perbankan, sehingga mempercepat program keuangan inklusif. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Kenapa sih kok jadi BPNT, yang dulu kan enak langsung dapat duit? Begitu pertanyaan yang sering muncul. Pemerintah ingin bantuan tepat sasaran untuk beli beras, bukan digunakan untuk kepentingan lain, makanya raskin dialihkan menjadi BPNT. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Inspektur Jenderal Kemensos, Dadang Iskandar mengatakan, "Dahulu banyak bantuan raskin (beras miskin) yang tidak tepat sasaran dan tepat waktu. Dengan BPNT mereka dapat membeli beras dan telur tanpa dibebankan uang tebus lagi." #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/2okKv4tJwD
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pengalihan tersebut bertujuan untuk mewujudkan 6T dalam menyalurkan bantuan. 6T yang dimaksud ialah 1. Tepat Sasaran, 2. Tepat Jumlah, 3. Tepat Waktu, 4. Tepat Kualitas, 5. Tepat Harga, 6. Tepat Administrasi. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/DG1seBdoRU
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Jadi, penerima BPNT sekarang sekarang akan mendapatkan beras dan telur. Tidak ada lagi gula dan minyak goreng dengan pertimbangan kebutuhan gizi itu lebih ke karbohidrat dan protein. Gula + minyak goreng mah hasilnya lama2 diabetes dan kolesterol tinggi yak. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/JUnYv8e4tN
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Keluarga Penerima Manfaat (KPM) akan mendapatkan BPNT berbentuk Kartu Keluarga Sejahtera (KKS), yang nantinya digunakan untuk berbelanja (ambil beras dan telur sih tepatnya) ke e-Warung terdekat. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/QymmMG2ysO
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Gimana agar bisa terdaftar jadi penerima BPNT? Kemensos melakukan pendataan dan pendaftaran KPM. KPM kan keluarga, yang jomlo nggak bisa dong? Calon KPM akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Data yang telah diisi oleh calon penerima BPNT lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank pemerintah (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten. #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Setelah data terverifikasi, penerima BPNT akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). KKS digunakan untuk mengambil beras dan telur di E-Warong (Elektronik Warung Gotong Royong). Bukan E-WARUNG ya, yang benar pake O bukan U #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
E-Warong adalah agen bank, pedagang atau siapapun yang telah bekerja sama dengan bank penyalur. E-Warong bisa di pasar tradisional, warung, toko kelontong, warung desa, Rumah Pangan Kita (RPK), yang menjual bahan pangan atau lainnya. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/KaHGpt1gA4
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Anggaran bantuan sosial di Kemensos meningkat sih dari tahun ke tahun. Tahun 2018 sebesar Rp43,2 triliun, tahun 2019 meningkat menjadi Rp58,9 triliun. Dengan peningkatan anggaran ini harapannya dapat mengentaskan kemiskinan 9,3%-9,5%. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/yvIgILVXq0
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Harga beras dan telur sudah ditentukan sesuai aturan. Mungkin saja ada kalanya harga naik turun. Uang yang ada di rekening KKS juga bisa masih sisa untuk beli beras dan telur sesuai kebutuhan. Tapi uang tetap tidak bisa dicairkan. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/9ljsOOiZSv
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Presiden Jokowi pernah menyampaikan lho, kalau beras yang dibagikan melalui BPNT kualitasnya bagus. Harga per kilonya Rp8.500. Kalau di Jogja, beras harga segitu kualitasnya di atas beras Bulog. Masih digunakan untuk nasi warung makan kelas ekonomi dan nasgor. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/ZSufSM1ue5
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Keluarga Penerima Manfaat sebenarnya dijatah berapa sih per bulan oleh pemerintah? KPM akan mendapatkan BPNT sebesar Rp110.000 per bulan. Itupun uangnya tidak kasat mata. KPM tidak bisa melihat uang bantuan, cuma bisa melihat KKS yang wujudnya kayak KTP. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/T1DGfa3n1G
 Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
@nisaahani Biasanya yang baru tahu bantuan kayak gini adalah orang yang tidak mendapat bantuan sosial. twitter.com/nisaahani/stat… #BPNTUntukRakyat
Mas M Adiq @metuomahCom
Jadi nih, E-Warong yang jadi tempat pembelian itu punya kayak EDC atau printer thermal gitu. Keliatan keren kan.. Ndak perlu nyatet-nyatet lagi pembukuan kayak mindring. Karena data akan terintegrasi dengan bank dan kemensos selaku pemberi BPNT. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/KpQnX8GdKy
 Expand pic
Load Remaining (12)
Login and hide ads.