Manfaat Zonasi sekolah

Zonasi sekolah, jika berjalan lancar akan membawa ,anfaat besar untuk pendidikan kita. Diantaranya pemerataan kualitas sekolah dan target wajib belajar 12 tahuin tercapai.
ManfaatZonasiSekolah
70 View 0 comments
Add to Favorite
0
retno kusumawardani @kwardani_retno
Sebentar lagi anakku naik kelas 6 SD, udah harus mulai update tentang pendaftaran sekolah SMP nih. Meskipun masih tahun depan, rasanya kudu siap siap dari sekarang. Meskipun sistem pendaftaran kadang berubah, tapi gak ada salahnya toh? Cari berita terbaru #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Kemarin sempat baca di portal berita online, bahwa tahun ini akan diterapkan sistem zonasi sekolah. Apakah itu? #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Jadi sistem Zonasi sekolah ini menekankan bahwa siswa yang rumahnya paling dekat dengan sekolah yang paling berhak untuk bersekolah di sekolah tersebut #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Wah kalo gini jadi mikir nih, sekolah SMP mana nih yang paling dekat dengan rumahku. Padahal masih setahun lagi loh wkwkwk.. #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Kenapa harus ada zonasi sekolah? Tak lain agar semua sekolah yang ada di negara ini terpacu sehingga kualitasnya merata. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/EalZuW4CUu
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Kan dulu ada tuh, sekolah yang hanya menerima siswa dengan nilai bagus saja. Nah, ketika zpnasi sekolah ini diterapkan, sekolah wajib menerima siswa dengan berbagai macam nilai, asalkan jarak rumah dekat dengan sekolah #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/mZNHcLKKMs
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Sistem zonasi sekolah ini mengacu pada Permendikbud no 24 tahun 2018. Oh memang masih baru ya.. semoga saja tujuan utama dari zonasi sekolah ini tercapai.. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/73mVLljhCS
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Nah penting banget nih, soalnya jangan sampai kayak aku. Udah pindah lama tapi kartu keluarga masih alamat yang lama. Wah, kudu segera mengurus alamat yang baru nih, biar anakku gak di tolak di sekolah yang dekat rumah #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/1boYTl775z
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Dengan zonasi sekolah, diharapkan lebih mudah dalam menangani permasalahan. Karena baik siswa, sekolah dan wali murid berada di wilayah yang berdekatan #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/UoT93uAXXc
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Dengan menerapkan zonasi sekolah, otomatis siswa, sekolah dan wali murid berada di wilayah yang sama sehingga lebih mudah dalam membentuk karakter anak yang membutuhkan kerja sama antara wali murid dan sekolah #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/tQqSm2t0LT
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Hanya ada 5% kuota untuk anak anak yang berasal dari luar zonasi tersebut. Untunglah masih ada slot ya, karena di daerah masih ada kecamatan yang belum memiliki sma negri. Jadi harus ke kecamatan lain kalau ingin bersekolah negri #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/CiEDEDTyW8
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Salah satu keuntungan dari sistem zonasi sekolah adalah, tidak ada lagi sekolah favorit karena semua sekolah mutunya sama. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/7HY6xTeR3y
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Dengan adanya zonasi sekolah, lebih memungkinkan terwujudnya Tri pusat pendidikan. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/9tsY21NEbN
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Dengan demikian, maka giru akan semakin kaya pengalaman. Karena merasakan mengajar di tempat tang berbeda #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/6SxbKtBHvs
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Nah, penyebaran guru yang berkualitas ini juga penting banget. Agar semua sekolah memiliki kyalitas yang sama. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/1wcPSkCWcS
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Menurut saya, sistem zonasi sekolah ini manfaatnya memang tidak bisa dirasakan secara langsung. Namun ke depannya manfaatnya besar sekali. Memang harus pelan pelan dan butuh dukungan semua pihak #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Jika kualitas pendidikan merata, maka transfer ilmu akan sama di setiap pelosok negri ini. Sehingga akan menghilangkan ketimpangan yang selama ini ada. Semua anak mendapatkan ilmu dan pembelajaran yang sama #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/Jj838ljArQ
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Zonasi sekolah untuk siswa sekolah dasar. Yang penting udia dulu ya buuuk... kalau anaknya terlalu kecil jangan dimasukkan SD, balik lagi ke TK atau belajar dulu di rumah.. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/7eXOPlZi4i
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Untuk sistem zonasi ini yang paling diutamakan adalah untuk sekolah menengah pertama dan menengah atas #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/L4UDrcAnaT
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Karena pendidikan karakter membutuhkan kerja sama yang baik antara ortu dan sekolah. Jika ortu dan sekolah berada di zona yang sama maka akan lebih mudah memahami anak dan menerapkan pendisikan karakternya #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/EWVtSQJzPO
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Salah satu keuntungan dari sistem zonasi sekolah. Anak anak usia sekolah di zona tersebut akan terpantau pihak sekolah.. #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/hzpR607Xsp
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Setelah membaca beberapa pemaparan tentang zonasi sekolah, rupanya sekolah mempunyai tanggung jawab terhadap anak anak usia sekolah yang ada di zona tersebut. #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Ada untungnya juga zonasi sekolah ini, karena siswa gak capek di jalan karena jarak sekolah yang jauh. Waktu tempuh yang bisa dihabiskan di jalan bisa bermanfaat untuk hal hal yang lebih produktif #ManfaatZonasiSekolah
retno kusumawardani @kwardani_retno
Ketika sekolah turut bertanggung jawab terhadap anak usia sekolah yang ada di lingkungannya. Maka wajib belajar 12 tahun akan mudah tercapai #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/0uKMHitQm8
 Expand pic
retno kusumawardani @kwardani_retno
Selain itu dengan adanya zona zona yang ada maka pemetaan permasalahan akan lebih mudah ditemukan solusinya. Penyampaian bantuan juga lebih mudah pendistribusiannya #ManfaatZonasiSekolah pic.twitter.com/jU87ZldfRP
 Expand pic
Load Remaining (36)
Login and hide ads.