0
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Pagi ini mau share ttg Program Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) yg diluncurkan pemerintah akh! Kali aja ada yg belum tahu, nambah infomasi dong ya... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/l9XjeJtHvY
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Jadi, ini tuh salah satu upaya dari pemerintah saat ini untuk menyalurkan bantuan pangan, yang selama ini melalui program Raskin, agar lebih tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu. Gitu tweeps! #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/X0ytMXKBZp
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Dan, melalui Program BPNT ini, diharapkan dapat memberikan keleluasaan penerima manfaat progam dalam memilih jenis, kualitas, harga, dan tempat membeli bahan pangan! #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) adalah bantuan pangan dari pemerintah yg diberikan kepada KPM setiap bulannya melalui mekanisme akun elektronik. #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Nah, akun elektroniknya itu digunakan hanya untuk membeli pangan di e-Warong KUBE PKH / pedagang bahan pangan yang bekerjasama dengan Bank HIMBARA, gitu tweeps! #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/4nw9pceqpr
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Kalau ngomongin tujuannya, pertama, #BPNTUntukRakyat ini akan mengurangi beban pengeluaran (Keluarga Penerima Manfaat) KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Dan, tentunya juga memberikan nutrisi yang lebih seimbang kepada KPM , serta meningkatkan ketepatan sasaran dan waktu penerimaan Bantuan Pangan bagi KPM #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
#BPNTUntukRakyat ini juga memberikan lebih banyak pilihan dan kendali kepada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan, terus mendorong pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/ SDGs) juga tweeps!
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Manfaatnya apa sih? Nah, pertama BPNT bisa meningkatkan ketahanan pangan di tingkat KPM sekaligus sebagai mekanisme perlindungan sosial dan penanggulangan kemiskinan #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Selanjutnya, BPNT juga meningkatnya transaksi non tunai dalam agenda Gerakan Nasional Non Tunai (GNNT) #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
BPNT juga meningkatnya akses masyarakat terhadap layanan keuangan sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi yang sejalan dengan Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Dan, tak lupa kalau BPNT juga meningkatnya efisiensi penyaluran bantuan sosial dan neningkatnya pertumbuhan ekonomi di daerah, terutama usaha mikro dan kecil di bidang perdagangan #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Alat pembayaran elektronik BPNT disebut kartu Kombo, ya tweepa! Mungkin ada yg belum tahu, hehehe... #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Terus ya, bahan pangan di BPNT ini adalah beras dan/atau telur, ya tweeps! #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/HHU0jtF9ST
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Terus, apa sih E-Warong itu?? Jadi, E-Warong adalah agen bank, pedagang, atau pihal lain yg bekerjasama dengan bank penyalur, dan ditetapkan sbg tempat penarikan atau penyaluran. #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/AN6XjptRrq
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Nah, ini karti kombo, tweeps! Yg digunakan sbg identitas KPM, yg berfungsi sbg uang elektronik dan tabungan. Dan ingat, harus dibawa saat melakukan pengambilan bantuan ya... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/vbZ64yFiGu
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
terus, yg berhak punya kartu ini siapa?? Ialah penerima manfaat, keluarga dengan kondisi sosial ekonomi 25% terendah di daerah pelaksanaannya. #BPNTUntukRakyat
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Cara daftarnya, bagi yg berhak bagaimana??? Gampang! Bisa langsung cek gambar ya... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/YanLdsQjOl
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Besarnya #BPNTUntukRakyat yg diterima KPM sebesar 110k/bulan. Tapi ingat, KPM tidak menerima uang tunai, melainkan harus berupa beras dan/atau telur yg didaptkan di e-Warong. pic.twitter.com/UcTogtzL4f
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Terus ya tweeps, E-Warong itu ada tandanya juga... Seperti gambar ini.. Jadi enggak asal juga dari penampilannya... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/wAIll3qTu4
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Prinsip utama dari #BPNTUntukRakyat adalah mudah terjangkau dan digunakan oleh KPM. Serta mendorong usaha eceran rakyat untuk memperoleh pelanggan dan peningkatan penghasilan dengan melayani KPM. pic.twitter.com/a0M6gRMOgo
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Btw, kenapa sih kok bantuan pangan??? Jadi, bantuan pangan secara non tunai juga bermaksud untuk menyeimbangkan gizi loh... #BPNTUntukRakyat pic.twitter.com/13zG076AIt
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Kalian tau gak, jadi #BPNTUntukRakyat ini mulai dilaksanakan pada 2017 lalu di 44 kota yg akses dan fasilitasnya adh memadai loh... Hingga saat ini pasti sdh berkembang pesat deh 😊 pic.twitter.com/TCwoL1W1OS
 Expand pic
Arisman Riyardi @riyardiarisman
Nah secara singkat, ini loh 5 peningkatan dari manfaat #BPNTUntukRakyat.... 😊 pic.twitter.com/kOEV72ST7Y
 Expand pic
Login and hide ads.