0

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Republik Indonesia di masa kepemerintahan Presiden Joko Widodo, Rizal Ramli mengatakan, dia akan memberikan dukungan kepada calon presiden dan wakil presiden RI apabila berani merevisi Undang-undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Saya uji dua calon presiden ini apakah bersedia atau tidak mencabut atau merevisi UU ITE. Siapa capres yang bisa merevisi UU ITE itu yang akan saya dukung. Karena itu penting untuk demokrasi,” kata Rizal saat ditemui seusai menghadiri Dialog Kebangsaan Peran Civil Society dalam Pemilihan Presiden 2019 di Jalan Hasanudin, Kota Bandung, Selasa (12/3/2019).

Lebih lanjut Rizal menambahkan, setelah menanyakan hal tersebut ke dua capres cawapres yang bertarung dalam Pilpres 2019, hanya Prabowo-Sandiaga yang mau merevisi UU ITE.

“Prabowo bilang ya, agar Indonesia lebih demokratis. Saya tanya Sandi Uno iya juga. Pertanyaan yang sama saya tanyakan kepada Jokowi dan timnya, sampai hari ini kagak ada jawabannya,” katanya.

Sebagai mantan aktivis, Rizal mengatakan UU ITE saat ini mirip dengan hatzaai artikelen, hukum Belanda yang dipakai untuk menjerat orang yang menghina Ratu Belanda.

“Waktu mahasiswa, saya dipenjara 1,5 tahun bersama puluhan pimpinan mahasiswa pakai undang-undang Belanda, hatzaai artikelen. Begitu reformasi, UU ini dihapuskan dan kalau hina menghina ada pasal di KUHAP, dan masuknya perdata bukan pidana,” jelasnya.

“Tiba-tiba diselundupkan UU ITE ini menjadi lebih sadis dari UU Belanda. Kalau kamu dituduh melakukan hoaks atau menghina seseorang, itu langsung ditangkap, tanpa proses pengadilan, pengadilan belakangan,” sambungnya.

Meski demikian, Rizal mengatakan UU ITE tetap dibutuhkan, tapi lebih cocok digunakan untuk menjerat pelaku kejahatan keuangan, terorisme dan kejahatan seksual online.

“Saya sama sekali tidak setuju kalau UU ITE dipakai untuk memberangus demokrasi. Yang terjadi hari ini UU ITE justru teman-teman yang kritis yang ditangkap,” tandasnya.

URL KOMPAS.com 4149 Rizal Ramli: Cuma Prabowo-Sandi yang Berani Revisi UU ITE - Kompas.com Rizal menilai, UU ITE saat ini mirip dengan hatzaai artikelen, hukum Belanda yang dipakai untuk menjerat orang-orang yang menghina Ratu Belanda.
Dian Yuniarti @dianyounee
"hanya capres yang mau revisi UU ITE yang ada niat untuk membuat demokrasi Indonesia menjadi lebih baik" pic.twitter.com/FAjA69TrK0
Denny siregar @Dennysiregar7
Gua kira @RamliRizal itu pinter. Ya kalau @prabowo @sandiuno mau revisi UU ITE, jangan jadi Capres, jadi anggota @DPR_RI tepatnya.. 😂😂 regional.kompas.com/read/2019/03/1…
Wilman Bhigu @wilmanbhigu1108
@Dennysiregar7 @RamliRizal @prabowo @sandiuno @DPR_RI Salah satu isi revisi nanti mungkin begini: "gue boleh nyinyir, kalau dinyinyiri gue blokir". 😜 pic.twitter.com/IGILuQ7xkC
Expand pic
As Shidiqiek @AlShidiqiek
@Dennysiregar7 @RamliRizal @prabowo @sandiuno @DPR_RI kayaknya elu yg goblok deh den, presiden bisa melakukan revisi UU jika UU itu memang bermasalah jika diterapkan dimasyarkat, makan daging babi dulu den agar tambah pintar
Denny siregar @Dennysiregar7
Hahahaha.... Doi ga pernah belajar trias politika kali ya. SMP nya kemana ajah.. 😁😁 twitter.com/AlShidiqiek/st…
dhejan alfa77 @Dhejan_Alfa13
@Dennysiregar7 @RamliRizal @prabowo @sandiuno @DPR_RI Rizal ramli yg lu bilang gk pintar aja pernah jadi mentri,lha elu yg katanya "pintar" malah gk jd apa apa,🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️🤦🏻‍♂️
Denny siregar @Dennysiregar7
Lahhh ya harusnya lebih malu lah. Kalau gua goblok mah biasa, wong bukan sapa2. Tapi mantan Menteri ??? Hwaradakalah 😂😂 twitter.com/Dhejan_Alfa13/…
Dian Yuniarti @dianyounee
Gua pikir, elo itu @Dennysiregar7 mmg sdh tak bs lg mendebat substansi... Cuma recehan ternyata elo dg berselancar diantara follower. Kwenangan revisi UU jg ada di tangan pemerintah. Bahkan klo mau bs bikin perppu Spy otakmu bs adil, kau dengar baik2 ini youtu.be/Gah-igt8KF8 twitter.com/Dennysiregar7/…
Expand pic
I Love Sushi @ILoveSu97540224
@dianyounee @RamliRizal @Dennysiregar7 Saya sudah mengira @Dennysiregar7 tidak mengerti, bahwa pemerintah bisa mengajukan amandemen
Dr. Rizal Ramli @RamliRizal
Tak baca argumen kacangan @Dennysiregar7 @detikcom tentang UU ITE 😀😀 Bodo kali kau 😀😀 Kau jual, tak laku.. ! Tak kubeli. Siapa kau rupanya ? Macam udah paten kali anak bawang ini 😀😀
Fita Fatimah @fitarealfita
@RamliRizal @Dennysiregar7 @detikcom Di ladenin tambah ga nyambung dia pak. Bukan level bpk, abaikan saja. dia hanya nyenangin makhluk kolam, #2019GantiPresiden #PrabowoSandiUntukIndonesia
Cak Cuk @Nan7Ars
@RamliRizal @Dennysiregar7 @detikcom Duh, desi dikatain anak bawang? 😆 Pak Rizal udh baik bngt kasih level itu, krn sebenernya level dia jauh di bwh itu. Apa coba?
Encexferry @Encexferry1
@RamliRizal @Dennysiregar7 @detikcom Barisan sakit Hati.... Gak kepake jd Mentri, kinerjanya kaga maksimal,, dipecat Ngambex...
Beibby Rose Victory 👆💖🌹 @BeibbyV_08
Weh .. dibilang anak bawang ?!? .. bawang merah ?!? .. bawang putih ?!? .. bawang bombay ?!? .. atau malah bawang goreng ?!? .. 😀 twitter.com/RamliRizal/sta…
Denny siregar @Dennysiregar7
Ih maen bodoh-bodohan. Terangkan dong prof @RamliRizal.. Terangkan.. 😀😀 twitter.com/RamliRizal/sta…
KaiPoem @kaipoem1
@Dennysiregar7 @RamliRizal keliatan si RR kualitas nya. maklum korban PHK. pengurangan pegawai bodoh. sakit hatinya jadi ga masuk akal.
Temmy @Putra_Sangihe
@Dennysiregar7 @RamliRizal Menutupi kebodohan dgn mebohongi kebodohan itu sendiri masa seorang professor tapi takut menerangkan.
Jufarki Sarmili @jufarki
@Putra_Sangihe @Dennysiregar7 @RamliRizal Sudah karakternya pihak sono... kalo ditanya caranya selalu ngak bisa menjelaskan... bisanya cuma "pokoknya" atau marah2... utk menutupi kebodohannya...
Akal Sehat @Praja_rajomudo
@Dennysiregar7 @RamliRizal Si desi bahagia banget, bisa di blz sama rizal ramli... Anak bawang

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.