2
The Lost Book @kisahtanahjawa
"Waskito jalaran soko niteni" adalah kalimat yang harus kita pegang, karena sesungguhnya jagad alam ini telah memberikan pertanda jika sesuatu akan terjadi namun semua kembali kepada masing - masing individu, apakah kita mampu tidak menangkap sinyal alam tsb. pic.twitter.com/h4ILzMWplW
Expand pic
The Lost Book @kisahtanahjawa
Di dalam kepercayaan masyarakat Jawa, mimpi pada waktu jam tertentu adalah merupakan sebuah firasat. Seperti sudah diuraikan sebelumnya bahwa kekuatan orang Jawa ada pada sisi "Niteni" atau mengamati berdasarkan pengalaman - pengalaman kejadian sebelumnya.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Sesuai request Javanica, Kali ini kita akan membahas mimpi, dimana mimpi yg memiliki makna terdapat pada waktu antara 24:00 - 03:00 WIB (Gondo Oni) serta 03:00 - 06:00 WIB (Puspa Tajam). Diluar waktu tersebut, mimpi yg terjadi bagi orang Jawa hanya dianggap sebagai bunga tidur.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Melihat atau disembur ular : bertemu jodoh atau disukai lawan jenis. Digigit ular : Akan disakiti orang atau difitnah Melihat ular banyak : Akan panjang umur. Dikelilingi banyak ular : akan terlibat masalah dengan banyak orang Membunuh ular : Hubungan asmara akan kandas.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Menangkap ikan dari air jernih : usaha akan berhasil. Memancing ikan : akan mendapatkan rejeki banyak. Melihat sumur ada ikan : akan mendapatkan kebaikan. Melihat orang menangkap ikan : akan memperoleh keseimbangan batin. Makan ikan : akan memperoleh uang yang halal.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Gigi copot : Akan berduka cita, salah satu kerabat akan meninggal. Melihat gigi seseorang goyah : Akan terjadi kerugian keuangan. Memiliki gigi palsu : dapat untung, tapi sebenarnya akan merugi. Melihat gigi palsu pada seseorang : sedang diincar orang untuk ditipu.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Melihat kotoran manusia : akan mendapatkan rejeki tiba-tiba Tenggelam di air yang keruh atau bergelombang : akan mendapat masalah pelik Bercakap-cakap dengan jenazah : akan datang kesengsaraan. Melihat mayat atau memakan mayat : Mendapatkan keuntungan yang tak terduga.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Mimpi meninggal dunia : akan panjang umur. Mendaki sampai puncak gunung : Tercapai segala cita. Mimpi dugem atau hura - hura : akan mengalami kesusahan. Bersetubuh dengan ibu kandung : Akan mendapat kesialan berkepanjangan. Melihat hujan : Akan mengalami sakit.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Mimpi buang air besar atau kecil : ada kemungkinan besar akan kehilangan sesuatu. Dicemburui pasangan : sandang pangan. berkecukupan. Bertemu dengan nabi / orang suci : akan mendapat kemuliaan baik didunia maupun akhirat. Melihat neraka : akan mengalami suatu penderitaan.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Menikah dengan istri orang : pertanda kurang baik. Menikah lagi : akan bertambah kesibukan. Bermimpi merayakan pernikahan : akan ada pertemuan keluarga yang menyenangkan. Diselingkuhi : ada sesuatu yg disembuyikan. Mimpi telanjang: akan mendapat masalah serta malu.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Mimpi gagal menikah dengan orang lain : Akan datang rejeki karena kebaikan yang pernah dilakukan. Gagal menikah dengan pacar : Akan ada berita menyenangkan. Mimpi hampir menikah tapi tidak jadi : Selamat dari bencana.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.