Add to Favorite
0
Vox Jax @JackVardan
Defisit neraca dagang Indonesia, Januari 2019 menjadi yang terburuk setidaknya dalam 12 tahun terakhir. BPS mengungkapkan nilai impor pada Januari 2019, sebesar USD 15,03 miliar atau turun 1,83% year on year, dan ekspor sebesar USD 13,87 miliar. cnbcindonesia.com/news/201902152…
URL news 102 Neraca Dagang Tumbang (Lagi) Defisit neraca dagang Indonesia, Januari 2019 menjadi yang terburuk setidaknya dalam 12 tahun terakhir.
Vox Jax @JackVardan
Ekonom Senior, Faisal Basri menilai impor Indonesia yang melonjak di 2018 merupakan sesuatu yang tidak normal.  Menurutnya, tidak ada sesuatu yang istimewa, sehingga perlu membuat impor Indonesia melonjak. cnbcindonesia.com/news/201902152…
URL news 156 Tekor Dagang Karena Banyak Impor Meski Tak Butuh Ekonom Senior, Faisal Basri menilai impor Indonesia yang melonjak di 2018 merupakan sesuatu yang tidak normal.
Vox Jax @JackVardan
Ternyata, defisit neraca dagang periode Januari 2019 adalah yang terparah dalam setidaknya 12 tahun terakhir. Sebagai catatan, biasanya bulan Januari justru menghasilkan surplus.  cnbcindonesia.com/market/2019021…
URL market 595 Melihat Berantakannya Defisit Neraca Dagang RI Badan Pusat Statistik (BPS) baru saja merilis data perdagangan internasional periode Januari 2019.
Vox Jax @JackVardan
Menyalahkan global saat defisit neraca berjalan dan defisit neraca perdagangan terparah. Apa negara lain bukan warga global? tradingeconomics.com/indonesia/indi… pic.twitter.com/TVvlgVlAXl
 Expand pic
 Expand pic
URL tradingeconomics.com 68 Indonesia - Economic Indicators Economic Indicators for Indonesia including actual values, historical data charts, an economic calendar, time-series statistics, business news, long term forecasts and short-term predictions for Indonesia economy.
Vox Jax @JackVardan
Penghasilan di Jepang sama dengan penghasilan di Indonesia? Ini modelnya mirip harga ayam goreng yang pernah diutarakan Sandi. Mereka lihat nominal saja, tapi buta substansi antara harga dengan pendapatan perkapita Singapura dan Jepang. m.cnnindonesia.com/ekonomi/201902…
URL ekonomi 1972 Darmin Soal Tudingan Daging Mahal: Coba Saja Beli di Jepang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution membantah tudingan calon presiden Prabowo Subianto soal harga beras dan daging RI termahal di dunia.
URL www.averagesalarysurvey.com Compare salary: Indonesia vs. Japan Salary comparison between countries Indonesia and Japan.
Vox Jax @JackVardan
Kontroversi juga kalau dinilai dengan data tadi. Karena realitanya di lapangan ada gaji guru honorer di bawah 500 ribu / orang penghasilan hanya 50.000 sehari juga ada. Harga beras misal 13.000, dia yg berpenghasilan sehari 50.000 tentu akan lebih merasa mahal dari gaji menteri
Vox Jax @JackVardan
Jangan lihat perbandingan data GDP negara, data lapangan aja mengenai UMR di daerah masih beda-beda. Jakarta, Karawang, Cikarang, Bekasi, bedakan dengan daerah lain. Daya beli juga beda. Kalau dipukul rata standar harga nasional, mungkin UMR antar daerah responnya juga beda.
Vox Jax @JackVardan
Sekarang kalau yang UMRnya 1 JT, 2 JT, 3 JT, 4 JT, mau dipatok harga seragam ya mikir ulang, kasihan yang UMRnya rendah. Hal kayak begini berkaca, tentang tarif tol, impor komoditas pangan, dan daya beli. Mau dipukul rata? Gak mikir sampai sini tentang kenapa ekonomi stagnan 5%?
Vox Jax @JackVardan
Makanya Pak Kwik sempat soroti pembangunan infrastruktur, mana yang perlu dibangun infrastruktur berbasis tol mana yang sesuai kebutuhan. Menurut saya, ada wilayah yang tidak perlu jalan tol dan dana bisa dialihkan ke sektor lain meningkatkan produktivitas daerah, bukan impor.
Vox Jax @JackVardan
Kalau infrastruktur hanya demi kebutuhan elektoral, dan glorifikasi dukung mendukung semata, ya berantakan konsep pembangunan. Konsep pembangunan bukan perkara beton saja. Ada pertanian, pendidikan, dan UMKM. Ya wajar kalo Debt Oriented, alhasil kecanduan Global Bond.
Vox Jax @JackVardan
Debt Oriented; mana buktinya. Contoh project 35.000 MW hasil Bond bahkan mau keluarkan Komodo Bond. Kereta cepat Bandung dari China Development Bank, ada juga Asia Infrastruktur Investement Bank (AIIB), ada Asia Development Bank (ADB), gak kalah untuk nutrisi dan irigasi dari WB
Vox Jax @JackVardan
Sebenarnya perkara Debt Oriented ini udah pernah saya bahas seiring dengan pola Debt Trap Diplomacy ala China yang sudah makan korban banyak negara. Ya simplenya kalau memang pembangunan berbasis infrastruktur nyata, porsi Anggaran bukan banyak habis ke belanja konsumtif.
Vox Jax @JackVardan
Jadi ya salah satu hal yang meyakinkan saya pribadi bahwa rezim Jokowi Debt Oriented adl porsi anggaran negara untuk belanja konsumtif. Gak kaget; kalau infrastuktur yang dibanggakan berupa tol selesai jual, bahkan project lainnya; BUMN rajin obral Obligasi / Surat Utang.
Vox Jax @JackVardan
Nanti kita bahas perjalanan utang dan infrastuktur terutama tentang loan and debt oriented yang pernah menjadi bagian rezim ini. Ini malam Minggu, jomblo juga makhluk bumi.
Login and hide ads.