7
Nada🐱 @coinxidence
[Thread] Teori Konspirasi yang Ternyata Benar-Benar Terjadi. pic.twitter.com/AEjVb5V81a
 Expand pic
Nada🐱 @coinxidence
Thread ini bakal berisi beberapa konspirasi ttg pemerintahan dll ya, dllnya jelas isinya bukan konspirasi iluminati dan kadal2 wkwkwk pic.twitter.com/WB7LDiocWg
Nada🐱 @coinxidence
Pada tahun 1932, Layanan Kesehatan Masyarakat Amerika Serikat dan Institut Tuskegee memulai Studi Tuskegee ttg Sifilis yg tidak diobati di Negro Male utk mencatat sejarah alami sifilis dan menganalisis perbedaan antara pria kulit hitam dan kulit putih.
Nada🐱 @coinxidence
Penelitian ini melibatkan 600 pria kulit hitam di Macon County, Alabama, 399 di antaranya telah mengidap sifilis dan 201 di antaranya tidak. Seharusnya hal ini hanya berlangsung selama 6 bulan, ttp ternyata akan berlangsung selama 40 tahun,
Nada🐱 @coinxidence
di mana para pria hanya diberitahu bahwa mereka memiliki "darah yg buruk". Para peserta menerima uji medis gratis, makanan, dan asuransi penguburan, tetapi mereka tidak pernah diberi tahu bahwa mereka menderita sifilis dan tidak pernah dirawat karenanya.
Nada🐱 @coinxidence
Banyak yg akhirnya tahu ttg penyakit mereka setelah mereka mendaftar untuk wajib militer dalam Perang Dunia II, tetapi mereka menolak penisilin dan keluar dari penelitian.
Nada🐱 @coinxidence
Pada tahun 1972, Associated Press menerbitkan sebuah kisah yg menyebabkan kemarahan publik dan pengangkatan Panel Penasihat Ad Hoc yg menemukan bahwa penelitian ini tdk dpt dibenarkan secara etis.
Nada🐱 @coinxidence
Penelitian berakhir dan diikuti oleh gugatan class action yg diselesaikan di luar pengadilan utk 10 juta dolar dan tunjangan medis seumur hidup.
Nada🐱 @coinxidence
Bagi banyak orang, itu sudah terlambat; pada tahun 1970-an, hanya 128 dari 399 yg masih hidup, sementara 49 istri dan 19 anak juga terjangkit penyakit ini. Meskipun ada permintaan maaf dari presiden,
Nada🐱 @coinxidence
Eksperimen Tuskegee tetap menjadi simbol kuat rasisme Amerika dan perlakuan kejam pemerintah terhadap orang miskin.
Nada🐱 @coinxidence
Untuk waktu yg lama, pemerintah Amerika Serikat menyangkal bahwa Central Intelligence Agency (CIA) telah melakukan eksperimen terhadap masyarakat sejak 1950-an dan seterusnya.
Nada🐱 @coinxidence
Namun, pengajuan Undang-Undang Kebebasan Informasi pada tahun 1977 membawa 20.000 dokumen rahasia sebelumnya yg akan mengarah ke serangkaian sidang Senat pada program "pengendalian pikiran" CIA.
Nada🐱 @coinxidence
Bukti2 dgn jelas menunjukkan bahwa pemerintah telah mengatur "perawatan" warga negara Amerika dgn obat-obatan, hipnosis, persuasi subliminal, penghilangan sensorik, terapi kejut listrik, pelecehan verbal dan seksual, dan bahkan penyiksaan.
Nada🐱 @coinxidence
Tujuan dari semua metode tersebut adalah untuk bereksperimen dgn modifikasi perilaku dgn harapan akan mengembangkan pemrograman utk agen pemerintah.
Nada🐱 @coinxidence
Meskipun ada banyak bukti yg terlibat, Direktur CIA, Richard Helms kemungkinan besar menghancurkan file yg paling memberatkan MKUltra pd tahun 1973.
Nada🐱 @coinxidence
Selain itu, pemerintah mengontrakkan proyek2 semacam ini ke lebih dari 80 perusahaan farmasi, penjara, rumah sakit, dan universitas.
Nada🐱 @coinxidence
Akibatnya, banyak program operasi yg tetap tidak jelas. Sampai hari ini, juga, tidak ada yg diadili atas program yg kejam ini atau dampak negatifnya terhadap para peserta.
Nada🐱 @coinxidence
Meskipun media kontemporer sering menghadapi kritik karena tampaknya berkolaborasi dengan pejabat pemerintah, CIA pernah secara aktif mencoba mengendalikan outlet media massa.
Nada🐱 @coinxidence
Menjelang awal Perang Dingin, Direktur Kantor Proyek Khusus, Frank Wisner meluncurkan proyek rahasia utk membeli "pengaruh" di outlet media besar.
Nada🐱 @coinxidence
Dia secara khusus mendirikan Mockingbird berdasarkan arahan dari atas utk membentuk sebuah organisasi utk terlibat dalam sabotase, propaganda, dan subversi negara2 yg bermusuhan melalui media domestik dan asing.
Nada🐱 @coinxidence
Wisner kemudian akan meminta wartawan dan organisasi berita, termasuk tokoh seperti Philip Graham, penerbit Washington Post.
Nada🐱 @coinxidence
Akibatnya, mereka akan menjadi mata-mata dan propagandis sejati. Agen2 memegang pos di ABC, NBC, CBS, Associated Press, Reuters, Koran Hearst, dan pemain kunci lainnya di media berita.
Load Remaining (20)
Login and hide ads.