2
The Lost Book @kisahtanahjawa
Bang Juki (Juru Kunci) pada kesempatan ini akan menceritakan tentang legenda mistis yang berasal dari tanah Jawa Timur yaitu tentang sosok "Sundel Bolong" dari salah satu perkuburan angker di kabupaten tempat berasalnya anak ajaib pemilik batu petir beberapa tahun silam. pic.twitter.com/A8ORVMsoB8
Expand pic
The Lost Book @kisahtanahjawa
Sundel bolong telah menjadi legenda mistis di tanah Jawa bahkan Nusantara yang umumnya diwujudkan sebagai wanita cantik dengan rambut panjang dan mengenakan ageman warna serba putih, akan tetapi pada punggungnya berlubang bolong serta nampak tertutupi sedikit rambutnya.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Sundel bolong berbeda dengan sosok kuntilanak, penamaan dari "sundel" bermakna wanita jalang dan "bolong" merujuk pada berlubang dalam bahasa Jawa. Dikatakan demikian sebab sosok ini acap kali terlihat berjalan di tepian jalan dan menggoda laki-laki yang tak sengaja melintas.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Alkisah di makam angker desa ini, sering terlihat sosok sundel bolong yang terkadang membonceng orang, memanggil tukang bakso hingga keberadaan makamnya dijadikan destinasi orang untuk menanyakan nomor togel hingga uji nyali, maka perkenalkan beliau dengan nama "Parmi".
The Lost Book @kisahtanahjawa
Menurut cerita warga desa dan saudara saat bang Juki pulang kampung, dikisahkan dahulu Parmi adalah seorang gadis cantik yang karena kondisi ekonominya, telah memberanikan diri pada usia muda untuk merantau bekerja ke kota terbesar ke-2 di Indonesia sebagai buruh pabrik.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Di kota ini Parmi menjalin kasih dengan rekan kerjanya, namun berujung pada pengingkaran janji dan cintanya dikhianati dalam kondisi berbadan dua. Karena merasakan sakit hati dan malu, lantas ia memili untuk mengambil jalan mengakhiri hidup dengan cara minum racun serangga.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Jenazahnya ditemukan oleh rekan kost terbujur kaku dibawah jemuran baju, singkat cerita kemudian dimakamkan di kampung halamannya. Setelah kematiannya, kondisi sekitaran makam dan desa menjadi sunyi dan mencekam, muncul cerita bahwa Parmi "mendatangi" warga pada malam hari.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Penyebab kematiannya yang tak wajar akibat bunuh diri lantas menimbulkan asumsi bahwa Parmi mati pensaran & akan menampaki orang yang melintasi lokasi sekitaran makam sampai mendatangi warga, cerita ini berdasarkan dari beberapa kesaksian orang atau warga yang pernah menemuinya.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Ceritanya Parmi kerap berjalan dijalanan sekiataran makam dengan mengenakan baju putih dan berkerudung kuning, pada telinga kanan disisipkan bunga kamboja. Ia kerap melambaikan tangan untuk menyetop laki-laki yang kebertulan lewat dan meminta untuk mengantarkan ke suatu tempat.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Tempat tujuan Parmi yang dimaksud adalah sebuah pohon asam besar ditepian jalan yang juga menyimpan cerita dimana pohon ini sering kali terjadi kecelakaan motor atau mobil menabrak pohon tersebut dimana dalam kejadian insiden ini pasti menelan korban meninggal dunia.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Selama perjalanan yang dirasakan sadel sepeda belakang terasa berat sekali seperti memboncengkan beras dua kwintal dan mulai tercium aroma harum menyengat bunga kemboja, sesampainya di pohon asem ada suara "wes cak modon kene ae ,atau sudah mas turun sini saja".
The Lost Book @kisahtanahjawa
Sosok ini semula berwujud cantik berkerudung lalu berubah menjadi mengerikan melayang dengan penampakan perempuan terbungkus kain kafan yang masih terikat pada kepala dan leher dengan ikatan bagian bawah terlepas seluruh tali pocongnya, yang paling mengerikan punggungnya bolong.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Posisi kepala terbalik dibawah memamerkan punggung bolongnnya yang membusuk, belatung dan keluar cairan mayat, hal ini berasal dari saat proses pembusukan akibat cara kematiannya yang meminum racun serangga, selain bisa juga disebabkan dari kasus lain dalam penyebab kematiannya. pic.twitter.com/cqCwokXY4M
Expand pic
The Lost Book @kisahtanahjawa
Kisah lain ialah tukang bakso keliling yang pada malam itu dipanggil untuk membuatkan bakso di kompleks perumahan yang terlihat ramai, setelah menyajikan bakso ke beberapa orang, lalu tukang bakso ini menunggu sampai ketiduran, saat pagi hari dibangunkan warga yang akan kesawah.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Saat terbangun bapak ini sangat kaget sebab gerobak bakso dan dirinya berada ditengah pemakaman umum dengan nisan-nisan, tidak habis pikir bagaiman dia bisa melintasi makam ini pada malam hari lagi, menurut kepercayaan sehabis itu penjualan akan laris semacam menjadi pengalris.
The Lost Book @kisahtanahjawa
Jika rekan "Javanica" hendak berkenalan dekat dengan mbak Parmi maka rapalkan kata rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh rawuh, maka ia akan hadir, dan jika kondur kondur kondur kondur, maka ia akan kembali.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.