1
Bodo @betweensureal

a politics and social undergraduate student/a society issues observer/a hiv positive. Let’s talk, about anything!

Bodo @betweensureal
SELF CARE AND HOW TO GRATEFUL BEING HIV+ -A THREAD-
Bodo @betweensureal
Akhirnya gw berani buat cerita sebab-akibat dan segala keluh kesah gw ke temen2 semua setelah sebelumnya gw mikir-mikir “is it okay for me to share?” Disini gw bener2 hanya berusaha buat sharing sebagai self awareness buat temen-temen tanpa maksud menggurui ya👌🏼
Bodo @betweensureal
Jadi gw adalah mahasiswa perantau tingkat akhir di kota yang surprisingly menjadi salah satu kota dengan pengidap HIV/AIDS terbanyak se Indonesia. Pergaualan gw awalnya biasa2 aja sebatas ngeroko, nongkrong dengan temen2 gw yang ga neko-neko.
Bodo @betweensureal
Di tahun ke 2 gw nemuin banyak temen baru dan gw percaya “banyak temen banyak rezeki”. Hingga akhirnya gw bisa dikatakan melampaui batas pergaualan remaja. I think i was too much, dalam artian lo tau sendirilah anak jaman sekarang gimana..
Bodo @betweensureal
Gue gasampe seks bebas, dan narkoba karena 2 hal tsb udah pernah pernah gw liat sendiri efek buruk dpn mata kepala gw sendiri. Jadi gw do all the bad things except sex and drugs. Dan masa itu selama gw ga seks dan drugs gw aman “masih wajar”. But it’s actually no!
Bodo @betweensureal
Kalo boleh nyesel, hal yang paling gw sesali ada gw dulu orang yang self careless. Oklah our happiness is a must, (karena katanya kao ga mentingin bahagia ntar ke mental lah blablabla)
Bodo @betweensureal
Tapi ternyata kalo lo lebih care pada diri lo dulu sedikit aja ketimbang kebahagiaan lo, pasti efek positif banyak banget. Karena gw yakin banget kebahagiaan anak jaman skrg apasih kalo ga nonton festival musik, ewa-ewi, dugem, pamer barang baru di instagram, makan enak?
Bodo @betweensureal
Tubuh lo itu seperti kembaran lo, tapi dalam bentuk yang beda. Tubuh dan lo itu ga bisa dipisahkan dan berkoneksi, dia bisa capek, dia bisa sakit, dia menggigil, dia bisa berdarah. Dan itu yang dulu gue ga pedulikan.
Bodo @betweensureal
Gue dulu saking ga pedulinya sama diri sendiri, mandi bisa 3 hari sekali. Ga beresin kamar sebulan. Tapi tetep mentingin kebahagiaan gw, such as liburan, makan enak, party. DI USIA GW YANG BARU 22 TAHUN.
Bodo @betweensureal
Gw juga jauh banget sama Tuhan. Sampe-sampe mungkin gw udah hampir setahunan ga sholat Jum’at, bukan gw ga percaya. Tapi itu tadi, karena gw benar-benar peduli pada diri sendiri. Baik jasmani dan rohani.
Bodo @betweensureal
Gw disini bener2 ga berniat buat ngajarin dan sok menggurui temen2 semua yang baca tapi tolonglah untuk lebih mensyukuri nikmat dan berkah Tuhan yang udah kita kasih. Termasuk kesehatan, akal, ilmu, rezeki. Jaga baik-baik seluruhnya.
Bodo @betweensureal
Selanjutnya, gw mulai mengalami mental break down karena bbrp masalah friendship, kampus, dan keluarga. Mungkin disinilah awalnya virus itu masuk ke tubuh gw, melalui apa? Gw udah gabisa inget dan gamau inget hal buruk apa yang udah gw lakuin.
Bodo @betweensureal
Sekitar tahun 2017 pertengahan berat gw masih normal sekitar 78 kg-an. Dan gw muay thai. Beberapa bulan kemudian gw sakit dan akhir nya stop muay thai sampe pada th 2018 temen2 gw semua komen “kok kurus banget?” sampe akhir 2018 gw msh sering dapet pertanyaan itu
Bodo @betweensureal
Ditambah gw impaksi gigi bungsu kiri kanan atas bawah, dan sakit banget buat makan. Skip gigi, sembuhlah kan giginya eh kok jadi sakit tenggorokan gw, akhirnya gw kedokter bedah mulut tapi disaranin buat ke penyakit dalam.
Bodo @betweensureal
Dari dokter penyakit dalam di bilang kalo gw punya gangguan sistemik which is i don’t know (????) akhirnya gw balik ke ibukota buat cek beneran lah di rumah sakit ternama, gw ke bedah mulut lagi dan bener aja disuruh ke penyakit dlam lagi.
Bodo @betweensureal
Sumpah, ini tenggorokan gw sakitnya bukan main. Nelen air putih aja sakit banget parah sampe ngilu gitu. Dan dokter PD gw bilang siap ga buat tes HIV (sebelumnya ada obrolan dulu 4 mata karena kaka gw gaboleh masuk ruangan), dan gw bilang siap.
Bodo @betweensureal
Selama sakit tenggorokan itu gw cuma bisa makan bubur doang, karena emang gw gatau gw sakit namun dgn indikasi tenggorokan gw yg mengerikan dan dalam waktu 4 bulan gw turun kurleb 14 kg, jadi dokter gw nyaranin tes HIV dan hasilnya reaktif.
Bodo @betweensureal
Gw dan dokter gw ngobrol lagi berdua dan dia langsung mau ngerujuk ke rsud karena pelayanan hiv/aids ada gratis di rs pemerintah(rsud) tapi gw masih ga percaya so, gw ambil trs sekali lagi yang paten namanya western blot yang hasilnya 5-7hari baru keluar
Bodo @betweensureal
lt’s one of the hardest day of life, i swear satu-satunya hal yang gw paling ga bisa lihat adalah keluarga gw nangis. Dan setelah dari situ gw langsung bilang ke kaka gw, sampe rumah kita nangis kejer dan pelukan sambil ngasih kabar ke keluarga yang lain(abang, kakak, nyokap).
Bodo @betweensureal
gw shock, gw kecewa, gw malu, gw marah, gw gatau lagi harus mau gimana lagi. pengen kabur dr rumah rasanya. tapi turns out keluarga gue dukung parah like “mau gimanapun lo, lo tetep adek gue” and i cried out loud.
Bodo @betweensureal
pas gw sujud sholat taubat dan sholat tahajud gw nangis senangis-nangisnya malu sama allah buat minta keajaibannya. gw malu, gw baru dateng saat allah udah nyentil gw pake nikmat ini. gw dulu cuma mentingin kebahagiaan “gue” tanpa peduli bahwa ada tubuh yang harus dijaga.
Bodo @betweensureal
setiap sholat gw nangis menyesalin perbuatan gw, apapun itu. gw nyesel kenapa gw ga lebih peduli sama diri gw sendiri, even buat gunting kuku tiap jum’at. nulis thread ini pun gw sampe nangis karena seminggu aja blm gw di diagnosed hiv+.
Bodo @betweensureal
step selanjutnya gw harus optimis, semangat, dan lebih peduli dengan diri sendiri apapun itu, mulai dari keramas, mandi, ketenangan hati, sampe ganti kaos kaki, dan ganti celana dalem. Kita gatau dari mana nanti penyakit dateng, jadi belajar sedikit2 buat hidup semangat🤘🏼
Load Remaining (28)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.