12
Edgar Ong @ElgarLouee

Cuma tukang cerita Mungkin berisi curcol, mungkin berisi makian, mungkin berisi petuah..

Edgar Ong @ElgarLouee
Di mana kamu saat Mei 1998? Gw mau bikin thread tentang kronologi 1998 dari sudut pandang pribadi plus dengan foto dari kamera sendiri.. A thread!!! pic.twitter.com/BrROjcxHTa
Expand pic
Edgar Ong @ElgarLouee
Karena gw sambil cari foto2 lama di gudang jadi thread ini bakalan lama, so harap sabar yah.. Karena ini cerita pribadi, jadi gw ga akan bahas dari sisi politis, cuma mau cerita gw dimana dan ngapain pas itu.. So gw akan memperkenalkan beberapa org deket gw saat itu..
Edgar Ong @ElgarLouee
Gw lupa persisnya tanggal berapa, between 10-12 Mei 1998, gw masuk sekolah kayak biasa, sekitar abis jam istirahat pertama, guru buru2 masuk ke kelas dan langsung bikin pengumuman kalo sekolah dibubarin tapi ga ada yg boleh keluar sekolah kecuali dijemput ortu atau wali murid..
Edgar Ong @ElgarLouee
Guru gw bilang mereka udah telponin ortu masing2 utk jemput kita pulang, ga ada 1 jam kemudian bokap nyokap gw jemput, kita bisa keluar sekolah dengan selamat. Fyi, sekolah gw di daerah Jatinegara, dan kita dipulangin karena Kp. Melayu lumayan rusuh waktu itu..
Edgar Ong @ElgarLouee
Jadi kita termasuk ada di timing yg tepat untuk evakuasi, karena beberapa titik deket kita udah rusuh parah. Banyak temen gw yang ga sempet keluar dari sekolah terpaksa nginep di sekolah, gatau dah gimana ceritanya karena sampe sekarang kita ga pernah bahas kejadian itu..
Edgar Ong @ElgarLouee
Balik lagi ke perjalanan dari sekolah gw di Jatinegara ke rumah gw di Cibubur. Waktu itu kita lewat daerah Cawang Otista, Bidara China. Gw ga bener2 inget kejadiannya, tapi gw sempet liat ada orang mati berdiri! Yep, literally berdiri, disangga tombak sekeliling badan..
Edgar Ong @ElgarLouee
Gatau itu mayat siapa atau apa, apa dalam artian dia malingkah, tukang jarahkah, warga sekitar, atau apa gw juga ga tau dan ga mau tau. Koko gw yang tinggal di Cawang udah pada ngunci pintu rumah ngumpet di satu kamar, bokapnya bawa golok jaga2 di deket pos hansip depan gangnya..
Edgar Ong @ElgarLouee
Oke, gw lanjut dr setelah gw pulang ke rumah. Sampe rumah, ga lama bokap langsung pergi lagi entah kemana, nyokap lagi hamil gede waktu itu, adek gw yg terakhir lahir Juli 98, berarti itu sekitar hamil 7 bulan, foto terlampir.. pic.twitter.com/HhFhqqTZ7Z
Expand pic
トミー白™ @Ichi_No_Kamae
@ElgarLouee Di Kalibata, berusaha mencapai stasiun kereta api dgn berjalan kaki. Bersama teman² sebagian besar cewe.
Edgar Ong @ElgarLouee
@SamuraiTomiyuki Kalibata keknya mayan ngeri nih, Stasiun rame katanya..
トミー白™ @Ichi_No_Kamae
@ElgarLouee Iya bener kaya kota mati, tapi akhirnya berhasil dapet kereta arah bogor. Bareng bbrp bapak² LIPI kalo ga salah. beruntung banget, padahal liat langit dipenuhi asap hitam.

Lanjut..

Edgar Ong @ElgarLouee
Sorry gan, abis terima telpon, jadi kepending.. Jadi itu tadi foto mak gw, hamil 7 bulan, itu foto diambil sekitar tanggal 20, bukan pas kejadian kerusuhan, cm mo kasih tau aja situasinya, tampang cino, nyokap lagi hamil gede, bokap pergi.. Kemana bokap waktu itu?
Edgar Ong @ElgarLouee
Btw, ini bokap gw, yg sebelah kanan, itu foto jg sekitar tanggal 20an krn pas kerusuhan mah gw diem aja di rumah.. Jd kemana bokap? Sepertinya dia menyambangi demonstran di daerah Gatot Subroto.. pic.twitter.com/W5A0B76rbp
Expand pic
Edgar Ong @ElgarLouee
Fyi, bokap itu aktivis, ini dia yg bawa mobil.. Jadi mungkin 2 foto ini cukup menjawab di mana bokap pas kejadian.. Foto ini bukan gw yg ambil btw, tp ada di kamera bokap, so gw asumsikan sbg properti pribadi.. pic.twitter.com/sPI1E7oxf3
Expand pic
Edgar Ong @ElgarLouee
Nah itu mobil nasibnya gini, ini pas 2009, gw tabrakan gara2 ketiduran pas nyetir, bokap ngambek sm gw abis itu krn mobil bersejarahnya gw rusak 😥😥 Maap oot, ga tahan curcol.. pic.twitter.com/0EhlFAXGpT
Expand pic
Edgar Ong @ElgarLouee
Tau ga siapa ini? Ya ini dulu salah satu temen perjuangan bokap bareng, entah kenapa doi otaknya somplak sekarang :( pic.twitter.com/o53TLZqgJU
Expand pic
Expand pic
Edgar Ong @ElgarLouee
Cukup profilingnya, ini kurang lebih contoh seberapa hancurnya Jakarta saat itu pic.twitter.com/KIPCAZF13v
Expand pic
Expand pic
Expand pic
Karina @karinawinda
@ElgarLouee tahun 1998, ketika masih TK jadi salah satu saksi mata toko tetangga sebelah dijarah dan dibakar masa. sampai sekarang masih kebayang sih ngerinya.
Load Remaining (160)

Comment

L.i.a @lia_liliy 07/03/2019 10:35:48 WIB
@ElgarLouee thn itu gw ada di dlm kampus trisakti (lg maen) & ngerasain sendiri desingan peluru masuk dlm.org2 dievakuasi digedung depan.pager kampus ditutup rapet cm emang keliatan dr atas jalan layang byk tentara berjejeran dipinggir
L.i.a @lia_liliy 07/03/2019 10:38:13 WIB
@ElgarLouee suasana didalem 3sakti sendiri jg serem krn semua panik nyelamatin diri even akirnya ada yg ktembak.gw k rmh di tebet stlh isya dan itupun rame2 bareng org laen
Login and hide ads.