0
Akuratco @akuratco
Belakangan ini, publik dihebohkan dengan kabar seorang WNA asal China yang memiliki e-KTP. Apakah kepemilikan e-KTP tersebut melanggar? Mari simak thread berikut ini: WNA boleh miliki e-KTP📌 pic.twitter.com/fdAvyJHy83
Expand pic
Akuratco @akuratco
e-KTP untuk WNA merupakan perintah undang-undang. Ketentuan tersebut tercantum dalam Pasal 63 UU Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.
Akuratco @akuratco
Bagi WNA yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah, dan memiliki izin tinggal tetap, wajib memiliki e-KTP. bit.ly/2ektpWNA pic.twitter.com/i2src2MThq
Expand pic
Akuratco @akuratco
Jadi, WNA yang telah resmi mengantongi izin tinggal tetap di Indonesia sesuai peraturan dari kantor Imigrasi tersebut, boleh kok dan tidak haram WNA miliki e-KTP.
URL akurat.co 1 Mendagri Tegaskan Penerbitan e-KTP untuk WNA Sudah Sesuai Undang-undang Ia menjelaskan bahwa pemberhentian sementara pengajuan e-KTP WNA dilakukan hingg..
Akuratco @akuratco
Izin tinggal pada umumnya memiliki batas waktu tertentu dan bukan seumur hidup. Misalnya, izin tinggal dalam waktu 1 tahun, 2 tahun atau 3 tahun. bit.ly/p0L3m1K pic.twitter.com/dh2ZCauPCs
Expand pic
Akuratco @akuratco
Jika pada e-KTP untuk WNI mencantumkan masa berlaku seumur hidup, untuk e-KTP WNA disesuaikan dengan izin tinggal yang dimiliki. bit.ly/p0L3m1K pic.twitter.com/ukbuwIGuE3
Expand pic
Akuratco @akuratco
Masa berlaku e-KTP untuk WNA hanya 1 tahun. Sebab, SKTT dari Imigrasi hanya berlaku 1 tahun. Sehingga, jika masa berlakunya habis, automatis masa berlaku pada e-KTP WNA pun juga habis.
Akuratco @akuratco
Sejauh ini, penerbitan e-KTP untuk WNA kurang lebih 1.600 keping sejak 2014. Empat provinsi yang paling banyak menerbitkan e-KTP untuk WNA, yaitu: Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
URL akurat.co Kemendagri Pastikan KTP-el WNA Tak Bisa Digunakan saat Pencoblosan "Jadi bukan Pak Chen yang bisa nyoblos, yang (bisa) nyoblos tetap Pak Bahar."..
Akuratco @akuratco
Demi menghindari kecurigaan masyarakat, serta menjaga situasi jelang pemilu lebih kondusif, pencetakan e-KTP untuk WNA sementara dihentikan hingga hari pencoblosan selesai digelar.
Akuratco @akuratco
Kemudian, poin penting dari KPU adalah NIK yang tercantum pada e-KTP milik seorang WNA asal China yang sempat viral ini tidak ditemukan di dalam DPT Pemilu 2019. bit.ly/eKTP4wna pic.twitter.com/GRzTolLXmg
Expand pic
Akuratco @akuratco
Disamping itu, e-KTP WNA berfungsi untuk layanan publik. Dengan sistem single identity number, seorang WNA mendapatkan fasilitas pelayanan publik, seperti perbankan dan fasilitas kesehatan.
Akuratco @akuratco
Meskipun mendapati pelayanan publik, rupanya seorang WNA tidak punya hak politik lho... Jadi, sangat keliru jika ada yang sebut e-KTP WNA bisa dipergunakan untuk Pemilu 2019.
Akuratco @akuratco
#InfografisAkurat Berikut ini beberapa fakta yang perlu kamu ketahui soal e-KTP untuk WNA: pic.twitter.com/a3L0Cv7CQT
Expand pic
URL akurat.co 50 Isu WNA Miliki KTP-el Sengaja Diviralkan Jelang Pemilu Pada saat dibuat, tidak ada yang mempersoalkan hal itu...

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.