Pendidikan Karakter dimulai sejak Usia Dini

Pendidikan karakter untuk anak, tentang moral maupun etika diajarkan di sekolah. Namun edukasi terbaik adalah langsung dari orangtua.
keluarga BimbingSejakDini PendidikanKarakter FAMILY
0
Mas M Adiq @metuomahCom
Bismillah, masmin ingin menyampaikan pentingnya pendidikan karekter sejak kecil. Rasa-rasanya anak zaman sekarang tidak punya etika dan sopan santun. Siapa yang salah? #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Mulai dari definisi, KARAKTER dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia daring: sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain; tabiat; watak #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Pendidikan Karakter adalah proses pengubahan sikap dan tata laku melalui upaya pengajaran dan pelatihan yang menitik beratkan pada moral, budi pekerti, dan tabiat seseorang; sehingga mampu membentuk pribadi yang baik. #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Pendidikan karakter wajib dilakukan sedari anak batita, karena usia tersebut merupakan usia emas anak menyerap ilmu dari sekelilingnya. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/ZWF8PWOZ3T
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Orang tua harus sadar, dengan membentuk karakter sejak dini, sama saja dengan menanam talok; manfaatnya akan didapatkan setelah besar dan berkembang. Kelak dia akan kuat menghadapi tantangan hidup. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/vc1GGTQK3p
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Sebenarnya sih, pendidikan karakter tuh dilakukan seumur hidup tidak hanya melulu saat masih batita hingga Sekolah Dasar. Jujur deh di sekitar kita, adakah teman (sekolah - kuliah - kerja - tetangga) yang nggak sopan? Ngangkat kaki ke meja, motong pembicaraan? #BimbingSejakDini pic.twitter.com/dTeTaDotkI
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Ada! Pasti ada.. makanya tadi masmin katakan, pendidikan karakter itu seumur hidup. Tapi alangkah baiknya jika sedari kecil dibimbing ke arah yang benar. Setujuuuuu? Sejak bayi terdengar tangisannya di dunia mulai dididik dengan perlakuan dan ucapan yang baik #BimbingSejakDini pic.twitter.com/7ql0fJCkCy
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Kalau masmin nih sebagai muslim, dari usia 0 sudah diperdengarkan murottal. Lho, emang usia segitu bisa denger apa? Wallahua'lam, manusia cuma bisa berusaha, Allah yang menentukan hasilnya. #tsaaah #BimbingSejakDini pic.twitter.com/n9sRMjm8qG
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Iya dong.. kan masmin juga berharap kebaikan dari dia supaya menjadi anak shalih dan shalihah, yang selalu mendoakan orangtua kapanpun meskipun keduanya telah tiada. Kalau bisa sih, orang tua mendapat mahkota cahaya di akhirat. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/xBvWYoVwDQ
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pendidikan karakter itu ya dimulai dari keluarga.. Zaman sekarang nih, kedua orang tua sibuk kerja pulang malam. Bahkan kota kecil seperti Jogja pun begitu, apalagi jabatannya sudah tinggi. Anak jadi tidak dekat dengan orang tua,.... #BimbingSejakDini pic.twitter.com/kqIVvLt3Oz
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
.. pendidikan diserahkan kepada kakek nenek, asisten, atau dititipkan di sekolah. Halllo, hasilnya beda loh didik sendiri dibandingkan dengan orang lain. Berikan hak anak kepadanya, jangan sampai kelak dewasa menuntut orang tua karena merasa kurang kasih sayang #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Karakter terbentuk dari kebiasaan. Kebiasaan saat masih anak biasanya bertahan sampai masa remaja. Orang tua bisa mempengaruhi baik atau buruk, maka biasakanlah anak dari kecil dengan kebaikan. #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Pembentukan karakter bisa dilakukan dengan sikap konsisten orangtua. Nantinya dilihat dan ditiru anak lho. Contohnya makan dengan DUDUK dan menggunakan TANGAN KANAN. Anak akan meniru, tegur dan ajarkan bila anak keliru menggunakan tangan untuk makan. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/iqWB57jpYM
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Bersyukur bila punya peliharaan ayam jago, atau tetangga memilikinya. Ajak sesekali anak untuk memberi makan dan katakan padanya ketika ayam jago berkokok, itu salah satu waktu MUSTAJAB untuk BERDOA. Ajarkanlah padanya untuk berdoa ketika jago berkokok. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/YfrXvq6qqi
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Ajarkan anak untuk mengucapkan terima kasih ketika menerima pemberian. Jika sudah agak besar, tambahkan agar mendoakan kebaikan kepada si pemberi. #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Orang tua dan guru bisa mengajarkan anak di kelas untuk saling memuji temannya dengan cara menuliskan di kertas, lalu diberikan secara bergiliran. Isinya jangan "kamu cantik deh" atau "Kamu ganteng kayak Dylan" Bukan pujian cantik atau kekayaan tapi prestasi #BimbingSejakDini pic.twitter.com/YSYNZrmaUg
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Bukan berarti pujian itu dengan tepuk tangan ya... tepuk pundak apalagi... biasa dilakukan anak sekolah. Tepuk pundaknya sekuat tenaga sambil teriak "SELAMAAATTT"... Nggak gitu juga :( #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Bawain bekal agar anak terhindar dari makanan yang mengandung zat berbahaya. Ajarkan untuk menawarkan bekal kepada temannya, atau minimal tukar guling. Syukur lagi bila mau bawa banyak makanan lalu dijual ke temannya... menanamkan jiwa entrepreneur sejak dini. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/Av9grdZ1PJ
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Semangatilah anak agar tidak nglokro, bukan dengan nada doktrin atau perintah. Hal ini akan menumbuhkan optimis dan sikap positif menjalani hari. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/cKy5QBGYQQ
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Masmin tidak setuju dengan didikan orangtua yang menyalahkan batu saat anaknya nangis jatuh karena kesandung. Hasilnya seperti sekarang kita lihat, orang Indonesia lempar tanggung jawab, ngeles, dan menyalahkan lainnya jika bersalah atau melanggar hukum. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/koDcAFSWEJ
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Apa Indonesia mau gini terus ha? Pendidikan karakternya aja salah.. PR kita banyak lho, menghapus dongeng Kancil mencuri Ketimun itu susah, memblokir film Robin Hood itu berat, meskipun tak seberat rinduku padamu. #BimbingSejakDini
Mas M Adiq @metuomahCom
Anak merengek minta sesuatu tidak wajib dituruti. Ajak diskusi, tanyakan padanya apa yang diinginkannya. Jelaskan bila merengek itu tidak baik, secara perlahan berikan alasan rasional dan latihlah dirinya untuk sabar dan pengertian. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/IhA7Ksl6nM
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Sosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar itu penting, jangan sampai tidak kenal dengan tetangga sendiri. Maluuuu kan.. Dengan berinteraksi akan membentuk anak dan kita orang dewasa, belajar komunikasi, belajar memiliki empati, serta tepa selira. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/i0al4IELlX
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Selain itu, ajaklah bicara anak bangun komunikasi. Meskipun orangtua pendiam, paksakan diri agar nantinya terjalin kedekatan orangtua dan anak, terasa banget saat nanti anak telah dewasa. Tanyakan kesehariannya, dengar keluhannya, dan usahakan up to date. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/VsuafquxO6
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Agar tidak jadi pemalas dan tidak tahu kerjaan, ajarkan anak untuk membersihkan dan merapikan kamarnya (jika punya kamar). Minimal merapikan mainan dan perlengkapan sekolahnya. Dengan begitu, perlahan mendidiknya mandiri & tidak tergantung pada orang lain. #BimbingSejakDini pic.twitter.com/pSVhYcYX8p
Expand pic
Load Remaining (10)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.