1
Iman Brotoseno @imanbr

Writer & Film Maker | founder @bicarafilm | Sukarnoism | Gooners | My blog https://t.co/R49OPB5pKT | contact : ibrotoseno@gmail.com

https://t.co/fLKblPQGrh
Iman Brotoseno @imanbr
Ternyata Prabowo suka membolos waktu di AKABRI, makanya tidak naik kelas. Pesan Bu Guru jangan membolos dan menyusahkan ibu pic.twitter.com/D15SU7ju1s
Expand pic
Iman Brotoseno @imanbr
Kenapa suka membolos ? Prabowo bukan Amrin dalam lagu ciptaan Pak Kasur yang suka membolos karena keliling kota. Mungkin Prabowo masih belum biasa tinggal di barak asrama. Ibunya sendiri sering mengirim celana dalam baru, karena Prabowo malas mencuci.
Iman Brotoseno @imanbr
Ketika masuk AKABRI, menurut penuturan Pangkopkamtib Jenderal Sumitro, berdasarkan katabeletje dari Kepala BAKIN, Letjen Sutopo Yuwono. Waktu itu ayahanda Sumitro Djojohadikusumo yang minta tolong agar anaknya bisa masuk. Memang beda, kalau dari kecil sudah dimanja, disuapin.
Yusuf BJG @yusuf_jumir
@imanbr Ko Ternyata? Ini kan udah lama dan sering dibahas. Kalo hal baru bolehlah dibilang ternyata 2014 lalu juga udah dibahas soal ini, yang soala berantem juga. Kalo 2009 saya melihat hal ini kurang ramai dibahas.
Muh Khaidir S J @didithardworker
@imanbr @yurgensutarno Di mana saya bisa menemukan potongan surat kabar / majalah 20 tahun atau lebih yang lalu? Saya ingin kasih informasi ke Generasi Millenial siapa Prabowo itu sesungguhnya.
Ari3_Pras @Ari3Pras
@imanbr "Sewaktu dinas di ABRI Prabowo sering tinggalkan tugas, bepergian ke LN tanpa ijin/pemberitahuan kpd atasan". - Jenderal (Purn) TNI Agum Gumelar pic.twitter.com/eq79toEKbK
Expand pic
AndyDufresne @AkalSehatWaras
@imanbr MANTAN menantu MANTAN Presiden Soeharto.. terlalu banyak MANTAN tidak baik pic.twitter.com/kbySdi75pZ
Expand pic
Abraham Abdul Jabbar @brandnewabe
@AkalSehatWaras @imanbr Yang benar adalah mantan menantu presiden ke dua. Karena tidak ada mantan presiden..
AndyDufresne @AkalSehatWaras
@seksagesima @imanbr Sip..masukan unk wartawannya yg meliput jaman itu..tapi kalo mantan menantu ada ya?
Dina C Raman @DinaRaman
@imanbr Sayangnya nggak ada jalur pintas buat capres. Kalo ada mungkin dia udah ikutan.
Panembahan Jati @Panembahan_Jati
@imanbr Kamu keliru. Prabowo terlambat lulus karena nggebukin pak SBY. Coba lihat video Hermawan Sulistyo di Youtube.
Panembahan Jati @Panembahan_Jati
@imanbr SBY lulusan terbaik di tahun 1973. Mendapat bintang Adi Makayasa dan Trisakti Wiratama.
AWMG @AyieWallacea
Ada pernah baca ulasan di @TirtoID kalau Prabowo sempat menghajar SBY waktu di akmil/lembah tidar dulu, mungkin karena itu.. :) Kisah dari Hermawan Sulistyo twitter.com/imanbr/status/…
Panembahan Jati @Panembahan_Jati
@imanbr Prabowo mengakui jika dirinya taruna nakal. Prabowo juga mengakui jika SBY taruna teladan.

Semasa menjadi taruna Akabri, SBY berjuang keras menjadi taruna yang baik. Masuk Akabri pada 1970 setidaknya salah satu prestasi penting bagi SBY. Putra Raden Soekotjo—pensiunan pembantu letnan satu dan petinggi Koramil di Pacitan—ini memulai karier sebagai letnan dua. Pangkat awalnya lebih tinggi ketimbang pangkat ayahnya di puncak karier. Masuk Akabri, bagi banyak pemuda Indonesia, adalah jalan memperbaiki nasib.

“Beliau itu taruna teladan dan saya taruna yang nakal," kata Prabowo Subianto Djojohadikusumo seperti dilansir Kompas.com (01/06/2014).

Prabowo adalah cucu pendiri Bank Negara Indonesia (BNI) Margono Djojohadikusumo dan anak dari Menteri Sumitro Djojohadikusumo. Ketika Prabowo masuk Akabri, Sumitro menjabat Menteri Perindustrian dan Perdagangan (1968-1973).

Bersamaan Prabowo dan SBY, masuk juga Agus Wirahadikusumah dan Ryamizard Ryacudu. Agus adalah keponakan dari Jenderal Umar Wirahadikusumah yang pernah menjadi Wakil Presiden (1983-1988). Ryamizard adalah anak dari Mayor Jenderal Mussanif Ryacudu, salah satu jenderal kesayangan Sukarno.

“SBY resmi menamatkan pendidikan AKABRI pada 11 Desember 1973,” catat D. Danny Hamonangan Simanjuntak dalam Rival-rival Politik SBY (2008). Di tahun terakhir Sarwo Edhie di Akabri itu, SBY jadi lulusan terbaik. Agus dan Ryamizard juga lulus di tahun yang sama, tapi Prabowo tidak. Dia dinyatakan lulus di tahun berikutnya, 1974. Padahal Prabowo dikenal sebagai pemuda pintar.

Menurut Hermawan Sulistyo, mantan Ketua Tim Investigasi TGPF (Tim Gabungan Pencari Fakta) Kerusuhan Mei 1998, tak banyak orang bertanya kenapa Prabowo telat lulus. Dalam sebuah diskusi publik di masa pasca-Pilpres pada 3 Juli 2014 di Jakarta, Hermawan berbicara keras soal Prabowo.

“Anda tidak tahu bahwa SBY itu pernah dipukul Prabowo waktu di Akmil, di Akabri waktu itu?” kata Hermawan. “Kenapa tidak ada orang yang bertanya dalam catatan biodata Prabowo, harusnya lulus tahun 1973 kenapa lulusnya tahun 1974? Ini enggak ada orang yang nanya. Katanya Prabowo pintar, kok enggak naik kelas? Berarti ada yang lain, kan? Ya itu tadi, nggebukin SBY, gitu.”

Menurut Hermawan, semua bermula dari kaburnya Prabowo dan tiga kawannya. Dari tiga kawan itu di antaranya ada Ryamizard. Mereka kabur ke Jakarta untuk menghadiri acara Siti Hediati Hariyadi (alias Titiek Soeharto, yang kemudian menjadi istri Prabowo). Apa pun tujuannya, ulah mereka ketahuan Gubernur Akabri Sarwo Edhie Wibowo. Mereka heran kenapa mereka ketahuan.

“Satu-satunya orang yang tahu adalah SBY, karena dia diajak (tapi) enggak mau. Akhirnya hari Senin habis dimarahin, hari minggu ketangkep, senin malamnya mereka tanya-tanya sampai bonyok.”

URL tirto.id 3181 Kisah Prabowo dan SBY di Lembah Tidar - Tirto.ID Sama-sama masuk Akabri angkatan 1970, mereka kemudian sama-sama menikahi putri jenderal.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.