0
Story "Tanggapan Atas Usulan 'Wisata Halal' Di Bali Oleh SU Yang Ditolak..." by @FahriHamzah Chirpified By @M4ngU5il BACA ~~> https://chirpstory.com/li/378814 Disclaimer: Isi & Tulisan Diluar Tanggung Jawab Peringkas & Foto Ringkasan Hanyalah Ilustrasi 1082 pv 24
// Jax @JackVardan
Orang oon yang mikir wisata halal itu bakal sebatas syariah doang. Diajak datangin duit dengan potensi pasar dan segmen gak mau. Jepang ame negara Eropa dah lakuin ini, karena paham market. Bahkan menjelang olimpiade Jepang ada yang siapin masjid keliling buat wisatawan.
// Jax @JackVardan
Di Rusia dan wilayah federasi lainnya, sejumlah masjid dan Islamic senter jadi tempat wisata unggulan. Tapi esensinya bukan itu, layanan dan kepentingan segmen yang dilihat, wisatawan asing yang halal oriented ya potensinya.
// Jax @JackVardan
Kayak musim Ramadhan di Rusia, wisatawan yang halal oriented disuguhkan kvass. Sedangkan turis lainnya mau vodca 150% buat berendam juga bodo amat. Ada potensi pasar, jangan sampai Indonesia kalah start.
// Jax @JackVardan
Wisata halal yang marketnya yang halal oriented; negara / individu yang halal oriented. Bukan buat mereka yang gak halal oriented. Lah emang di Eropa individu halal oriented / muslimnya yang mau liburan kagak ada? Di London sebagai contoh; jumlah masjidnya 400 an. Ini baru kota
// Jax @JackVardan
Gua sih mikirnya, entu gimana caranya duit duit raja minyak arab, kalangan wisatawan berduit dari Arab / eropa yang punya halal oriented, bisa masuk dan jualan kita laris. Masuk produk UMKM dan lainnya.
// Jax @JackVardan
Coba mikirnya ada segmen wisata halal. Perajin ukiran kayu, perak, dan kerajinan lainnya bisa bikin kreasi selera mereka. Ini kangtau alias cuan bin hepeng. Belum lagi dari kuliner, sampai pakaian dan asesoris.
// Jax @JackVardan
Di Korea Selatan kini resto resto juga banyak nyajika menu halal karena pasar wisatawan dari negara muslim juga banyak. Ya kali yang suka KPop atau suka budaya Korea yang muslim kagak ada? Banyak. Ini potensi dan lihat peluang bisnis.
// Jax @JackVardan
Halal corner / usaha halal di eropa, Korea, Jepang, (resto, toko) umumnya laris manis. Pasarnya juga bukan muslim doang, ini masalah sajian dan konsep bisnis.
// Jax @JackVardan
Sebagai penutup, Arab tajir bercadar kalo belanja duitnya gak berseri. Dikira yang bercadar gak beli tas branded atau G-String Mahal? Bikin konsepnya tuh, toko Daleman khusus cadar. Sekali lagi bisnis Buka mata.
// Jax @JackVardan
Yang taat ibadah dan alim punya duit juga banyak. Yang bajingan punya duit juga banyak. Ini pilihan market buat mereka para penjual tiket.
// Jax @JackVardan
Londo satu ini kalau wisata ke pantai Indonesia, apa iya bakal pakai bikini kayak londo tetangganya? Ya enggak, holiday ia holiday. Banyak cara elegan buat senang. pic.twitter.com/YZrgW4o7f4
Expand pic
// Jax @JackVardan
Siapapun pemimpinnya untuk kemajuan negara yang dilihat indikator. Banyak sajian data, mulai media ekonomi independen, trading Economic, BPS, sampai kita research data kementerian dan komparasi dengan data lainnya. Bukan karena circle dan group menye yang notebene buzzer pemalu
// Jax @JackVardan
Salah satunya masalah wisata halal yang digoreng sedemikian rupa dan menyudutkan salah satu Paslon. Di Europe, korea, dan Jepang sebagai contoh, wisata halal ada platform bisnis, potensi bisnis, dan lucunya yang merasa selebtwit delusi beraroma phobia.
// Jax @JackVardan
Tentang wisata halal yang gua tarik dari sudut pandang bisnis, belum ada yang bantah. Threadnya masih anget. Kalaupun ada yang bantah, paling narasinya aroma "fear mongering", negara sebelah udah bikin mobil terbang, Moskow sudah uji coba setahun lalu. Kita? Nih Esemka.
// Jax @JackVardan
Apakah akun" menye yang gua maksud pernah bahas "debt oriented"? Tentang dana irigasi dan nutrisi utang dari World Bank, kucuran dana di kereta cepat dan PLTU Cilacap dari China Development Bank / korporasi bergerak di listrik geotermal dapat utang dari Asia Development Bank?
// Jax @JackVardan
Wisata halal sama dengan arabisasi? Padahal di Rusia, Korea, Jepang, halal mah halal aja, platform bisnis. Islamophobia tanggung twitter.com/dini_purwono/s…
// Jax @JackVardan
Gua ke Bali, gua gak minum alkohol, gua pilih jus jeruk atau es Kuwut, udah auto wisata halal. Atau mungkin ada muslim yang "dianggap" taat, wisata mau nonton tari Kecak penarinya pria, dan pasangannya mau lihat tari Pendet yang umumnya penarinya wanita. Auto halal.
// Jax @JackVardan
Jadi bicara segmen dan sajian. Budaya Bali justeru dieksplore makin keren. Kan kita kasih service / layanan ke wisatawan halal oriented . Kagak juga yang muslim makan babi panggang di Bali. Masih ada ayam betutu. Iniloh sample kecil.
// Jax @JackVardan
Wisata halal itu; pilihan service atau platform dengan target wisatawan halal oriented. Bukan ngubah budaya Bali yang udah keren. Ini konsep bisnis, larinya malah toleransi intoleransi. Emang bikini kearifan lokal? Kan punya pilihan juga dia mau bikinian atau kagak.
// Jax @JackVardan
Misal nih, ada pilihan paket liburan halal oriented di Bali (bicara potensi). Khusus kalo emang mau lihat tarian Bali; yang mungkin "muslim" bisa aja ada tarian pendet yang emang disajikan buat kaum wisatawan wanita. Pilihan aja sih, buat dibuka umum ya paket liburan umum.
// Jax @JackVardan
Bukan ngubah Bali jadi syariah, tapi semacam platform / pilihan service untuk market. Di Bali ada Babi panggang, dan ayam betutu. Di Rusia ada Kvass dan Vodka. Yang halal oriented bakal pilih ayam betutu dan kvass. Bukan diganti kebab atau makanan Arab.
// Jax @JackVardan
Misal gua ke Papua gua wisata liat budaya bakar batu. Di sana disediakan paket bakar batu. Halal oriented; mungkin bakar batu selama ini ada potongan daging babi, diganti umbi-umbian, apa budaya bakar batunya hilang?
// Jax @JackVardan
Tapi coba yang ngomong wisata halal Kyai Ma'aruf atau Jokowi, bukan Sandi. Tepuk tangan, kan?
Load Remaining (11)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.