1
Effendi @eae18
Buzzer Jokowi 2019, sengaja membiarkan medsos. Mereka turun langsung ke pelosok-pelosok. Lucunya, kawan-kawan 02, banyak yang euforia menang polling di medsos. Padahal, itu sengaja dibiarkan tim medsos JKW agar pasukan 02 merasa selalu menang bisa kalahkan tim medsos 01.
Effendi @eae18
Statemen @jokowi bahwa medsos sudah tak bisa dipercaya, itu sinyal, kubu JKW membiarkan medsos. Membiarkan kubu 02 leluasa menggerus polling di medsos. Hanya beberapa pentolan tim medsos JKW yang bertahan, sengaja tuk jaga-jaga saja.
Effendi @eae18
Kenapa @Jokowi bilang medsos sudah tak bisa dipercaya dan dia bisa kuasai media mainstream. Ini jelas sinyal bahwa medsos dilepas. Fokus ke media mainstream, khususnya TV. Jangkauan TV cukup luas. Jokowi ngawur pun, rakyat di pedesaan, gak ngeh.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Ya gak gitu juga kaliii.... emang kalah. Kekalahan telak di media sosial itu TAMPARAN KERAS untuk kubu petahana yang punya segalanya. Era politik digital yg menguasai media sosial ya yg menang pemilu. Gak ada urusannya dengan membiarkan.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @jokowi ya begitu juga kaliiiiii. Makanya jangan euforia di medsos. Mereka sangat mudah memenangkan pertarungan di medsos. Mereka punya perangkat. Cek deh ke kubu 01. Ngintip. Nguping.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Media sosial tempat ruang terbuka yang merdeka untuk menyampaian fakta2. Siapa pun yang bisa menyajikan fakta dengan data2 yg bisa dipercaya oleh publik ya dia yang mendapatkan kepercayaan masyarakat. Gak ada yang sengaja meninggalkan medan perang lah...
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Halaaah... gue berani bantah argumen abang bukan tanpa sebab dan tanpa data.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @jokowi Ayooo bantah. Mau pakai data atau mau pakai teori. Ayoo kita adu. Keluarkan kemampuan terbaikmu dalam membangun logika soal medsos. Ayoooo.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Google trend itu top of mind masyarakat. Siapa yg bisa larang rakyat Indonesia menulis kata Jokowi, Maruf, Prabowo & Sandiaga ? Gak ada yang bisa. Emgine search yg tercatat nama Prabowo Sandiaga lebih banyak tercatat di tahun 2018-2019. Berbanding terbalik disaar 2012-2014
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi 2012-2014 engine search google trend nama jokowi ahok menguasai dunia media sosial hingga 2016 akhir bahkan. Namun awal 2017 hingga 2018 kedua nama itu mulai ditinggalkan dari top of mind masyarakat. Berganti dgn Anies, Sandi dan AHY.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @jokowi Kata siapa? Dalam post media literacy, perspektif baru itu yang menghantarkan dialektika kekuasaan dan pengetahuan dalam media massa. Jokowi sebagai pemangku kekuasaan sangat mudah mendikte publik lewat media, khusunya televisi. Medsos hanya menjadi segmen penghibur.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Pilpres AS Donald Trumph unggul dari Hillary Clinton, menang Pilpres. Ridwan Kamil top of mind engine searh google tremd menang Pilkada Jabar. Anies Baswedan top of mind emgine search Pilkada DKI.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @jokowi Bagaimana konteks pilpres ditarik dalam garis durasi 2017? Jika mau ambil variabel waktu, memasuki paruh akhir 2018 baru bisa dipakai variabel tahun. 2017 adala rentang waktu yang masih kosong dalam area pertarungan pilpres.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Ini era politik digital abang, kita berada pada zona demokrasi populisme. Politik konvensional tidak lagi cukup untuk bisa merebut kekuasaan atau memenangkan pemilihan umum. Demikian
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Ngawur... televisi itu sudah ada sejak gue main keleremg dan takadal. Anak millenial gak nonton media elektronik atau baca media cetak seperti dulu. Mereka surfing with engine searching untuk mencari kebenaran
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Pembantu rumah tangga jaman now baca berita di Facebook, Whats Up dan nonton di Youtube
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Mau bukti betapa dahsyatnya media sosial di kelas strata kasta kaum bawah ? Tahun Baru sekarang ini semua Pembantu Rumah Tangga KOMPAK PULANG KAMPUNG.
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Dulu cuma lebaran pulang kampung sekarang Tahuj Baru juga pulang. Dimana mereka menysun kekuatan untuk bisa mendapatkan izin dari tuan dan nyonyanya untuk bisa pulang kampung saat Tahun Baru ? Media Sosial : WA Grup.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @jokowi Pengetahuan dan kekuasaan bekerja melalui bahasa. Ini saya kasih survei We Are Social tuk pemetaan awal. YouTube 43%, Facebook 41%, WhatsApp 40%, Instagram 38%, Line 33%, BBM 28%, Twitter 27%, Google+ 25%, FB Messenger 24%, LinkedIn 16%, Skype 15%, dan WeChat 14%. pic.twitter.com/eaSygghhNz
Expand pic
Expand pic
Taufik Tope Hidayat @TopeRendusara
@eae18 @jokowi Abang data itu betul... tapi just info ; Whats App adalah media sosial tercepat dalam menyebarkan informasi dan termasif.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @rie_bundaAzka @jokowi Cara berdialog itu bukan begitu dong. Jangan mendistorsi. Dia beri fakta hasil amatan dia.
Effendi @eae18
@TopeRendusara @rie_bundaAzka @jokowi Dalam survei We Are Social yang bekerjasama dengan Hootsuite, mempertegas para pengguna internet memang cukup tinggi tapi para pengguna di daerah perkotaan. Di pedesaan, sebagian besar, tak aktif mengakses. Timses JKW sadar ini. Mereka main di pedesaan.
Load Remaining (97)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.