Yuk Hidup Sehat

Mulailah bergaya hidup sehat untuk menghindari diri dari Penyakit Tidak Menular
yuk hidup sehat
0
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Sore, Gaes! Masih inget dengan GERMAS nggak? Bukan gemas yaa 😅 Itu lho Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yg dicanangkan oleh Kemenkes #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Dalam GERMAS tsb berfokus pd 3 gerakan hidup sehat, yaitu melakukan aktivitas fisik, mengkonsumsi buah dan sayur, serta memeriksakan kesehatan secara rutin #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Lalu mengapa pemerintah dlm hal ini Kemenkes sgt getol mengajak masyarakat utk menerapkan GERMAS dlm kesehariannya? #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Krn menurut data Kemenkes, angka kematian akibat Penyakit Tidak Menular (PTM) terus meningkat. Duh, serem kan. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
PTM yg dimaksudkan diantaranya adalah diabetes, stroke, penyakit jantung, kanker, hipertensi, dll. Ini PTM yg menduduki peringkat tertinggi. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Mengapa penderita PTM terus meningkat? Krn gaya hidup yg mulai bergeser saat ini, mengarah ke gaya hidup yg kurang sehat. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Bukannya nyalahin teknologi yg bikin hidup makin mudah dan mager, atau beragam makanan siap saji dan makanan tdk sehat lainnya yg terpampang indah di depan mata 😅 #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Boleh boleh aja sih menikmati makanan dan segala kemudahan yg diberikan saat ini, tp semua mestu diseimbangkan dg perilaku hidup sehat, dg mengkonsumsi buah dan sayur, serta rutin berolah raga. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Menyoal gaya hidup sehat yang mulai males dikerjain saat ini nih, mesti dipecut lagi ya, Gaes! Jangan sampe deh salah satu PTM ini hinggap di kita. Ih, serem 😰 #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Gak mesti olahraga yg susah dan mihil. Pilih olahraga yg gampang dan murah aja. Misalnya jogging, senam dan yoga di rumah. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Jangan KOTAK aja yg pelan-pelan yes 😆. Bagi kamu yg gak biasa makan sayur dan buah, mulai saat ini biasakan ya, pelan pelan ajaa, nanti juga terbiasa 😀 #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Bagi yg pengen berat badannya ideal, dgn berolahraga hal ini bisa dicapai lho! Asalkan rutin dikerjakan ya. Baidewei olahraga bareng temen biasanya lebih semangat nih 😄 #YukHidupSehat pic.twitter.com/OTUmNCWQNo
Expand pic
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Kalo kata pakar sih, kalo bisa total waktu berolahraganya sekitar 150 menit gitu dalam seminggu. Jadi kalo rutin dilakukan tiap hari, bs sisihkan waktu sekitar 5 - 10 menit lah buat gerakin anggota tubuh ya, Gaes! #YukHidupSehat pic.twitter.com/YosGA4M6AI
Expand pic
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Selain olahraga serta makan buah dan sayur, sebaiknya hindari konsumsi alkohol dan rokok ya, Gaes! Istirahat yang cukup, karena gimana jg tubuh butuh rehat utk mengembalikan fungsinya spt sedia kala. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Hayo coba dihitung berapa lama waktu tidurmu. Pasti kebanyakan kurang dari 8 jam sehari kan. Hmm, padahal tubuh butuh istirahat setidaknya 8 jam/ hari lho! #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Pekerjaan yg menumpuk, insomnia, dan segudang alasan lainnya yg bikin waktu istirahat akhirnya berkurang. Fyi, tubuh butuh waktu 8 jam utk detoksasi yg sempurna. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Nah, satu lagi nih yg sekarang mulai berkurang dilakukan, yaitu sarapan. Saking gak ada waktunya, sampai-sampai sarapan pun lupa atau gak sempet. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Padahal sarapan dpt mengembalikan energi yg dibutuhkan utk kamu memulai aktivitas. Jika gak ada energi, yg ada gak bisa mikir, gagal fokus, dan konsentrasi hilang. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Pasti sering jg denger, orang yg gak fokus krn kurang minum air putih ya. Nah, minum air putih emang bagus buat tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas sehari. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Stres! Nah, kondisi yg satu ini nih, yg mungkin ada yg bingung gimana cara mengatasinya ya. Di balik kesibukan, sisihkan waktu utk me time ya, biar bs rilis stresnya. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Me time tiap orang beda-beda. Ada yg jalan-jalan, nonton, membaca buku kesukaan, memanjakan diri dgn pijat atau ke salon dan spa, atau melakukan hobi lainnya. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Oya, utk menghindari PTM, bisa kurangi juga konsumsi makanan yg banyak mengandung minyak, garam, dan gula ya. Sebisa mungkin atur batas penggunaan ketiganya. Ingat aja rumus G4G1L5 (Gula 4 sdm, Garam 1 sdt, dan Lemak 5 sdm) #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Asupan gula, garam, dan lemak yang berlebihan dapat menyebabkan kenaikan berat badan, yang dapat mengarah ke PTM, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, kanker. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Selain itu, hal sepele spt mencuci tangan, menyikat gigi, serta kebersihan lingkungan juga perlu diperhatikan. #YukHidupSehat
Dewi Sulistiawaty @DewiSulistiawty
Jangan sampe udah capek2 olahraga serta makan buah dan sayur, eh tempat tinggalnya gak bersih. Tempat makan dan minumnya kotor. Itu sama aja boong, Gaes! 😁 #YukHidupSehat
Load Remaining (9)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.