Kasus bjb ditepis, Lahirkan semangat baru berupa bjb digi

Kasus bjb ditepis, Lahirkan semangat baru berupa bjb digi, kasus bjb, isu bank bjb, gratifikasi bank bjb, pejabat bank bjb, bank jabar banten, bjb asuransi, bank bpd bjb, bpd bjb
bjb asurnasi gratifikasibankbjb Isu BJB bjbkorupsi pejabatbankbjb bankbjb economy finance kasusbjb Pejabat BJB
0

Tidak berlarut-larut atas kasu bjb, bank bjb terus semangat untuk berinovasi dan melahirkan produk barunya adalah bj digi. Bukan semerta-merta meluncurkan aplikasi ini, tak lain agar bjb (korupsi) mampu membantu nasabah untuk mempermudah transaksi dan meminimalisir tingkat kejahatan cybercrime.

Bagi nasabah yang hendak mengakses bjb NET via website, tak perlu khawatir lantaran web resmi bank bjb, yakni www.bankbjb.co.id tetap bisa diakses dan telah dilengkapi sistem keamanan Secure Socket Layer (SSL). Tanda dari sistem SSL ini berupa simbol gembok atau kunci pada bagian awal kolom laman.

Selain itu, bank bjb juga menerapkan sistem keamanan canggih dalam fitur internet banking yang dimilikinya untuk menghindari skimming dengan modus penyebaran malware. Kemungkinan para nasabah untuk menjadi korban skimming sangat kecil lantaran bank bjb tak cuma mensyaratkan user ID dan password untuk mengakses internet banking.

Para nasabah akan mendapatkan kode Soft Token atau One Time Password (OTP) yang dikirim oleh sistem bjb NET kepada satu nomor ponsel nasabah. bjb NET akan mengirimkan Soft Token kepada nomor ponsel yang terdaftar atas setiap transaksi finansial yang dilakukan nasabah untuk dapat melakukan otentikasi dan persetujuan transaksi yang dilakukan seperti transfer, pembelian dan pembayaran.

Untuk menghindari praktik kriminal siber di dunia perbankan, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara yang dianjurkan ialah dengan sebisa mungkin tidak melakukan transaksi di lokasi mesin ATM yang sepi pengunjung lantaran ATM sepi lebih rentan jadi sasaran aksi kriminal tersebut.

Selain itu, nasabah juga dianjurkan mengubah nomor PIN ATM, user ID dan password internet banking secara periodik untuk mempersempit kemungkinan terjadinya pencurian akibat skimming maupun phishing. Dengan cara ini, jika password dan user ID serta PIN diketahui para kriminal, kemungkinan untuk diakses bisa dihilangkan sama sekali lewat penggantian user ID, password dan PIN baru.

Fitur notifikasi SMS juga harus dimanfaatkan. Fitur ini akan mengirim pesan real-time saat ada penarikan uang dalam jumlah tertentu. Jika terjadi penarikan uang yang tak dikehendaki, maka hal tersebut dapat segera diketahui.

Selanjutnya, nasabah juga dianjurkan untuk tidak menggunakan jaringan WiFi publik saat mengakses fitur internet banking untuk mengurangi risiko penyalinan data oleh pelaku skimming yang menyelinap ke dalam sistem jaringan. Jika terjadi transaksi yang mencurigakan hubungi segera call center bank bjb di nomor 14049.

Pemimpin Unit Electronic Banking & Product Development bank bjb, Arfianto Ramadhian mengatakan pelayanan internet banking yang dimiliki bank bjb akan terus diperbaharui selama tahun 2019. Selain berfokus pada perbaikan tampilan yang akan didesain menjadi seramah mungkin, perlindungan sistem keamanan aplikasi untuk transaksi juga menjadi prioritas.

“Inovasi pelayanan perbankan berbasis digital ini akan menjadi prioritas kami di tahun 2019. Termasuk sistem keamanan transaksi internet banking yang akan menjadi andalan di masa depan memasuki era digital ini,” kata Arfianto.

Sebagai upaya lebih jauh, pengawasan terus-menerus terhadap kemungkinan kejahatan pencurian dana nasabah ini terus menjadi fokus. Group Head Perdata Divisi Hukum Direktorat Keuangan bank bjb, Dwiyanto mengatakan bank bjb selalu mengkaji dan memetakan modus-modus kriminal baru di dunia perbankan agar risiko kerugian bisa ditekan bahkan dihilangkan sama sekali.

Pemetaaan terhadap modus-modus baru ini penting guna merespons kemungkinan-kemungkinan terjadinya hal yang merugikan nasabah di masa depan. Hasil analisis potensi tindakan kejahatan ini akan dijadikan bahan untuk rekomendasi program, penambahan fitur layanan tertentu atau disampaikan kepada nasabah.

“Yang harus dipahami adalah sekarang ini banyak pelaku kejahatan dengan modus tertentu. Modusnya terus berubah. Kami selalu memetakan kemungkinan modus itu dan menyampaikannya kepada nasabah sebagai bagian dari mitigasi risiko,” kata dia.

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.