0
Mas M Adiq @metuomahCom
Hae gaes, sore ini masmin mau ngasih info tentang kesehatan,, simak ya jangan pergi kemana2 LoL.. Kali ini tentang STUNTING, kata yang akhir-akhir ini ngider di medsos dan media. #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
#Stunting adalah kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama. Dampaknya: 1. anak lebih pendek dari anak normal seusianya 2. telat mikir (telmi) #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Kurang gizi sebenere udah terjadi dari pembentukan janin sampai 1 ribu hari pertama kelahiran, atau kira-kira sampai bayi usia 2 tahun 7 bulan. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/s26SioN3Sl
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Telmi karena stunting, tentu saja mempengaruhi (nantinya) prestasi di sekolah, produktivitas, dan kreativitas anak. Kalau bayi yang baru merangkak atau belajar berjalan, bisa dilihat sepintar apa dia bisa mencapai tujuan. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/wEOI50xRTv
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Miris kan ya, andaikan generasi penerus bangsa ini banyak terkena stunting. Daya saing Indonesia tentu di bawah negara lain. Lalu-lalu gampang dikibuli, diplekotho.. sekarang aja sudah terasa... #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/9WtzbuA26r
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Lalu apa sih penyebab stunting? 1. Akses terhadap makanan bergizi rendah, 2. Asupan vitamin dan mineral rendah 3. Buruknya keragaman pangan dan sumber protein hewani. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/r80eRvECIr
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Bisa juga saat si ibu remaja sudah kurang gizi #ups. Waktu hamil juga kurang gizi. Setelah bayi lahir, si ibu masih juga makan tidak bergizi, sehingga laktasi kurang berkualitas. Diperparah dengan ngasih makan bayi juga tidak bergizi.. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/0WtY3daBA7
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Paling tidak dari masa pembuahan hingga usia bayi 2 tahun, si ibu selalu mendapat nutrisi dan gizi yang baik. Soale, 80% pembentukan otak tuh terjadi pada 2 tahun pertama kehidupan. Yg sdhpasutri perhatiin bener2 agar menghasilkan bibit unggul #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/e8YKP6vJYS
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Ada lagi nih faktor X yang mempengaruhi pertumbuhan anak seperti 1. akses terhadap pelayanan kesehatan rendah 2. akses sanitasi dan air bersih. Bisa lho faktor2 tersebut jadi penyebab stunting #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Kasian anak kan, kalo udah besar nanti kesehatannya kurang bagus dan produktivitas kerja rendah. Kalo masalah rezeki mah,,, sudah diatur Allah Setuju? #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/sYP0Ka3Cdk
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Selain ibu yg kurang gizi, ada lagi faktor lain penyebab anak stunting seperti 1. infeksi pada ibu 2. kehamilan remaja 3. gangguan mental pada ibu 4. jarak kelahiran anak yang pendek, 5. hipertensi. #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Menurut Menteri Kesehatan RI, yang bisa menjadi tindakan pencegahan stunting yaitu 1. perbaikan pola makan 2. perbaikan pola asuh, dan 3. perbaikan sanitasi dan akses air bersih. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/NTimfpjWcY
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah berusaha menurunkan angka stunting agar generasi mendatang berdaya saing. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Litbangkes) mencatat angka stunting turun dari 37,2% (2013) menjadi 30,8% (2018) #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/1WwJCdU2M8
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah menargetkan di tahun 2019 ini, angka Bayi di bawah 2 tahun (baduta) yang pendek dan sangat pendek menjadi 27%. Tahun 2018 baduta pendek 19,3% dan sangat pendek 11,5% (dijumlahkan jadi 30,8%) #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Masalah gizi buruk dan gizi kurang juga berhasil di tekan. Dimana tahun 2013 mencapai 19,6% di tahun 2018 hanya 17,7%. Target pemerintah di tahun 2019 adalah turun 0,7% sehingga masalah gizi buruk dan gizi kurang hanya 17% #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/61kFBNawzG
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah berkomitmen menciptakan generasi muda Indonesia yang sehat, terbukti di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara kasus stunting turun dari 55,48% di tahun 2013 menjadi hanya 23,3% di tahun 2018. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/XJ0JodF64i
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Tahun kemarin nih, pemerintah memfokuskan pencegahan stunting di seribu desa pada 100 kabupaten dan kota yang fokus pada program pencegahan stunting. Dah disebut tadi kan, pencegahan stunting ada 3 yaitu pola makan, pola asuh, dan sanitasi. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/mBLiXUTHPA
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Inovasi pemerintah dalam pencegahan stunting adalah dengan program padat karya tunas desa bidang kesehatan, yang diprakarsai oleh Presiden Jokowi. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/LNUMqMJF95
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah juga membuat program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) di daerah yang memiliki angka stunting tinggi. Demi masa depan yang lebih baik gitu loh.. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/2z3XREkK3j
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Beberapa daerah melaporkan kalo kasus stunting dan gizi buruk di daerahnya mulai menurun, seperti di Jawa Timur dengan program PMT, Kabupaten Malinau Provinsi Kaltara yang kasusnya turun hingga 27%. #fightingstunting #cegahstunting pic.twitter.com/xux8epBVXq
Expand pic
Expand pic
Mas M Adiq @metuomahCom
Nah, wilayah Indonesia Timur kasus stunting dan gizi buruk masih banyak di temui, seperti di NTT dan Papua Barat. Namun dari tahun ke tahun kasusnya terus berkurang. Di NTT kasus stunting menurun 2% per tahun. #fightingstunting #cegahstunting
Mas M Adiq @metuomahCom
Kalo dibantu minum obat peninggi badan seperti di iklan2, bisa nggak mencegah #fightingstunting #cegahstunting? twitter.com/fevtrisjahrir/…
Mas M Adiq @metuomahCom
Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah mendistribusikan makanan tambahan berupa Biskuit dengan kandungan kaya zat gizi ke seluruh Puskesmas di Indonesia termasuk wilayah Timur. #fightingstunting #cegahstunting
Load Remaining (8)

Comment

No comments yet. Write yours!

Login and hide ads.