1
Story Mengenal Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran, Kalau Mau Gabung ke WA Grup Harus Bayar 180 ri.. Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran digagas La Ode Munafar pada September 2015. 2509 pv 1
BABAH @ustadchen
gue abis bahas sama temen gue, Indonesia Tanpa Pacaran ini emang bisnis yang oke banget. Liat dong mereka seniat apa, graphic designernya aja bukan abal-abal. Followers hampir 1M. Yang di highlight bukan quotes-quotesnya, tapi jualannya dia kan? Duit ngalir lah gila.
BABAH @ustadchen
Bisa dibilang Indonesia Tanpa Pacaran ini adalah sebuah Startup. Gue yakin pasti udah berdiri beberapa team di balik akun tsb, marketing team, creative team. Beneran bisnis. Ini beberapa barang yang dijual (cr: @TirtoID), plus sering ada pre-order barang-barang baru lagi kan pic.twitter.com/6CN8zVWjbG
 Expand pic
BABAH @ustadchen
Tirto bikin artikel tahun lalu (tirto.id/bisnis-dan-kon…), di akhirnya ada kutipan "Bila klaim anggota Indonesia Tanpa Pacaran ada 20 ribu orang, gerakan ini telah meraup Rp2 miliar - Rp3,6 miliar" gokil kan. dan dalem waktu setahun, pasti udah nambah makin banyak lagi.

Sebagaimana sebuah gerakan butuh narasi gagasan, Penggagas Indonesia Tanpa Pacaran, Munafar menawarkannya lewat buku-buku yang ditulisnya, dan diterbitkan oleh penerbit miliknya bernama Gaul Fresh. Ia mengklaim telah menulis 62 judul buku, 50 persen di antaranya berisi perkara cinta; sebagian lain adalah motivasi.

Salah satu buku laris yang dirilis awal April 2016 berjudul Indonesia Tanpa Pacaran. Buku ke-55 Munafar ini ditulis khusus sebagai panduan anggota ITP, yang tersebar di seluruh Indonesia, agar terhindar dari "budaya rusak pacaran." Semula buku ini diberikan gratis bagi anggota ITP.

Buku itu memuat 6 pokok gagasan: 1) Daya rusak pacaran yang dahsyat bagi generasi muda; 2) Sistem pergaulan dalam Islam; 3) Langkah ekspresi cinta yang mulia; 4) Berjuang dengan dakwah menuju Indonesia Tanpa Pacaran; 5) Pacaran sebagai musuh bersama; dan 6) Konsep masyarakat Indonesia Tanpa Pacaran.

Sejalan gerakan ini menjaring banyak pengikut, buku Munafar itu lantas dipakai sebagai "fasilitas" yang didapatkan anggota baru ITP, sebulan setelah buku itu dirilis. Pendaftar dikenakan biaya Rp100 ribu untuk mendapatkan buku panduan tersebut. Alasannya, banyak orang yang "tidak serius berjuang dan berubah" lewat gerakan tersebut.

Di samping buku, anggota ITP mendapatkan tujuh fasilitas lain, termasuk "member card IndonesiaTanpaPacaran", mendapatkan tausyiah (kajian) lewat grup chat WhatsApp, berhak mengikuti "kopi darat atau kumpul bareng", serta mendapatkan diskon 20 persen setiap pembelian produk, seperti buku terbitan Gaul Fresh, kaos, topi, suvenir, yang bekerjasama dengan gerakan tersebut atau sebagian besarnya adalah bisnis yang dijalankan La Ode Munafar.

Pada Januari 2018, biaya pendaftaran anggota ITP naik menjadi Rp180 ribu per orang, dengan berbagai fasilitas dan diskon yang sama. Munafar mengklaim bahwa gerakan Indonesia Tanpa Pacaran kini memiliki 20 ribu anggota di 80 daerah di Indonesia.

Melalui Indonesia Tanpa Pacaran, anggotanya bisa membayar Rp185 ribu untuk mendapat akses berjualan aksesoris seperti stiker, pin, gantungan kunci, topi, kaos, dan kerudung ITP. Mereka juga berhak masuk ke jejaring semua media sosial resmi ITP seperti grup Facebook, Telegram, Line, dan Fanpage. Munafar juga menyediakan sewa dan jual gaun pengantin syar'i serta jual suvenir dan undangan. Anggota ITP juga bisa menjadi reseller buku-buku terbitan Gaul Fresh.

URL tirto.id 3305 Bisnis dan Kontroversi Gerakan Indonesia Tanpa Pacaran - Tirto.ID Bila klaim anggota Indonesia Tanpa Pacaran ada 20 ribu orang, gerakan ini telah meraup Rp2 miliar - Rp3,6 miliar.
BABAH @ustadchen
Kalo ternyata admin, staff-staff di balik Indonesia Tanpa Pacaran ini adalah orang yang masih pacaran-pacaran aja, dan tujuan membuat Indonesia Tanpa Pacaran ini 100% untuk bisnis aja, fix mereka pinter banget. Pinter dan licik.
BABAH @ustadchen
Menggunakan kesempatan karena tau betapa gampangnya orang-orang dihasut apalagi kalo membawa-bawa agama.
hanyur @menghanyurkan
@ustadchen emang kok, mereka ini cuma bisnis berkedok agama. Sasarannya? Anak muda yang sakit hati, yang lagi cari jati diri, yang menemukan “pembenaran” di akun tersebut.
BABAH @ustadchen
@menghanyurkan betul banget. karena confirmation bias 😢 terus ntar orang-orang kayak gitu denialnya mati-matian, di otaknya udah tertanam 'semua yang Indonesia Tanpa Pacaran katakan itu benar' 😢 sedih
nina🌙[hiatus for ramadhan] @pacarseokjinn_
@ustadchen Rasul ngajarinnya bisnis sambil berdakwah. Bukan dakwah malah di jadiin bisnis :(( miris :((
sekeneider @JemariPrasangka
@ustadchen Apa sih yang gak dijadiin bisnis sama rakyat+62?
aku @selaluoptimiss
@ustadchen Aq jg mo bikin ginian ah namanya indonesia tanpa indonesia tanpa pacaran:(
es @agps_
@ustadchen Quotes2nya sering kontroversial, ada malah yg lebih ke body shamming, well kalau niat beneran ngajak untuk lebih baik kok kata2nya lebih ke kasar sih, tanpa pacaran sih tapi cekrek upload ya samaaja boong bambang kalau mau hijrah jangan tanggung2
febry @sweetdesirree
@ustadchen Dan isi cuman nyuruh nikah muda, nikah muda, nikah muda, ngerendahin orang entah itu cewek atau cowok, body shaming. Mantep sekali akunnya. Komplit.
🐣 @auliaackckck
@ustadchen They're selling an idea. And that's just it
es krim @campinaaa
@ustadchen Akun ini cm nyuruh nikah muda nikah muda. Emg dipikir masalah bakal kelar kalo nikah pdhl blm mampu buat nikah
FIS @FIS37504022
@ustadchen Ku mikirnya gini dari dulu. Imo sebenernya yg buat pun juga bisa jadi tidak seide dengan pola pikir si ITP ini, tapi mereka ya cuman mikir "oh, kalau kita buat gini pasti ada kok marketnya, dan jarang ada juga nih di Indonesia, jadi saingannya ntar jg sedikit"
A y u @ayuyayuyayuya
@ustadchen Jaman gue kuliah tuh ngehitz buku "Udah Putusin Aja" beramai-ramai temen gue putusin pacarnya abis baca tuh buku. Seminggu kemudian pada galau gegara mutusin pacarnya tanpa kesalahan yang jelas ☺️☺️☺️
MAHASISWHY | 📌GA PINNED @farahoneyfa
@tubirfess Anjir gue langsung stalk akun itu dan ya Allah geli bgt. Kok mau sih orng dibodohi sm akun gituan loh
ty @Fechaaa
@farahoneyfa @tubirfess akun itu membuktikan masih banyak orang yang gampang di bodohi:(
Load Remaining (6)
Login and hide ads.