0

[09:52, 2/12/2019]

Ir Jusuf Mahdi, MM: 🇮🇩🌹❤ NASIONALIS YANG RELIGIOUS, RELIGIOUS YANG NASIONALIS, SEBUAH KENISCAYAAN BAGI NKRI. ❤🌹🇮🇩

Oleh : Ir. Jusuf Mahdi, MM.

Para founding fathers and mothers, sejak jaman kerajaan sampai kemerdekaan bangsa di tahun 1945, selalu berjuang dengan jiwa dan semangat yang tidak pernah memisahkan antara rasa dan jiwa Religious-Nasionalis dan Nasionalis-Religious. Tuanku Imam Bonjol, Cut Nya' Dien, Teuku Umar, Pattimura, Malahayati, Nala, Diponegoro, dll sampai Sukarno, Hatta, Haji Agus Salim dll, selalu mendasari tanpa memisahkan inti dan essensi perjuangannya dengan hal tersebut diatas.

Karena keyakinan untuk menjadi makhluk Allah yang mulia, berderajad dan berharkat sebagai bangsa yang setara dan semartabat dengan bangsa-bangsa lain di dunia, maka mereka teguh dan kokoh berjuang untuk kehormatan diri dan bangsanya. Inilah sisi religious dari perjuangan mereka.

Para founding fathers and mothers juga ingin melindungi dan mempertahankan negerinya, tanah airnya dari penguasaan bangsa lain yang mau menjajah dan mengeksploitasi bumi Ibu Pertiwi bagi kepentingan mereka. Para pejuang bangsa yang menginginkan kedaulatan tanah airnya, berwibawa, berkemampuan, berkualitas dan mandiri yang bisa berkiprah ke tataran dunia.

Hal diatas sudah dibuktikan sejak jaman kerajaan oleh Tarumanegara, Sriwijaya, Kutai Kertanegara, Majapahit, Tidore, Singasari dlsb. Itulah sisi nasionalisme dari perjuangan bangsa.

Kita harus menggunakan apa yang Kita miliki diatas sebagai bahan untuk ke masa depan, Kita sudah memiliki Visionary Strategical Thinking yang just untuk menata kehidupan agar menjadi bangsa yang sederajad dengan bangsa-bangsa lain di dunia, punya kemampuan, kemandirian dalam menghadapi AGHT, dan berperan aktif dalam menjaga perdamaian dunia, sesuai sasanti yang ternukil pada Pembukaan UUD 1945.

Maka generasi penerus anak bangsa ini ke depan harus teguh dan kokoh pada keyakinan tentang wawasan dan nilai luhur yang bersendikan kepada Nasionalis yang Religious, dan Religious yang Nasionalis. Inilah sebuah keniscayaan bagi setiap manusia Indonesia agar dapat mewujudkan cita-cita dan tujuan kemerdekaan menuju kesejahteraan lahir-bathin dalam ridho dan barokah Allah Swt, negeri yang aman tenteram kerta raharja, gemah ripah loh jinawi, baldatun toyyibatun war robbuun ghafuur.

Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum bila kaum itu tidak merubahnya sendiri dengan perjuangan, usaha dan kerja keras yang penuh kesungguh-sungguhan.

Mari satukan hati dan jemari, kita isi tamansari rumah kebangsaan dengan karya, dharma bhakti dan sumbangsih tulus diri kita. Semoga Allah Subhanahu wa ta'ala meridhoi dan memberkahi perjuangan kita. Aamiin ya robbal alamiin.

🌹🌹🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩🇮🇩❤❤
Visionary Strategical Spiritual Nation Character Building Center, Sby, 1222019.

[09:54, 2/12/2019]
Ir Jusuf Mahdi, MM: 🇮🇩🌹❤ Semoga sedikit tulisan ini bisa memberikan pandangan kepada generasi penerus bangsa. ❤🌹🇮🇩

Story #JumatBerkah Jusuf Mahdi: MUTIARA JUM'AT Sikap seorang Muslim dalam berkehidupan dan bernegara. 202 pv 7
Login and hide ads.